Sudah Siap untuk Mudik? 5 Langkah Siap Mudik Lebaran Bareng Posko Adem!

 Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku selalu melakukan rutinitas tahunan di masa lebaran, yaitu mudik. Mudik atau pulang kampung ini selalu menjadi perjalanan yang menyenangkan untukku selama ini. Meski terkadang ada saja halangan, salah satunya kondisi tubuh yang tiba-tiba tidak fit. Beruntungnya, mudik kali ini, sudah ada Posko Adem dari Adem Sari, teman saat mudik.


Makna Mudik Lebaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, mudik berarti (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman) atau pulang ke kampung halaman. Bagi para kaum perantauan, mudik menjadi moment yang istimewa. Bahkan, menjadi hal wajib dan sakral yang apapun kondisinya harus dilakukan.


Aku, sudah menjadi kaum perantau sejak kecil. Karena kedua orang tuaku merantau jauh dari keluarga besarnya, jadi kami selalu menunggu moment mudik untuk bisa berkumpul lagi dengan keluarga besar. Sampai kini aku sudah berkeluarga, aku juga menjadi perantau. Dimana harus selalu melakukan mudik untuk tetap bisa berkumpul dengan kedua orang tua dan keluarga lainnya.


Pengalaman mudik setiap tahunnya memang mempunyai cerita sendiri. Termasuk pengalaman mudik tahun lalu. Dimana aku dan keluarga kecilku harus sambung menyambung terkena demam dan sakit tenggorokan.


Baca juga: Tetap Aktif di Saat Pancaroba


Mudik lebaran, sudah pasti dilakukan masih dalam bulan puasa. Perjalanan jauh di saat berpuasa tentu tidak mudah. Meski sebetulnya bisa saja tidak dulu berpuasa, namun rasanya sayang jika harus ditinggalkan. Jadilah, di cuaca yang terik dan kondisi puasa, kita dalam perjalanan jauh yang ternyata harus juga terjebak macet panjang.


Siap Mudik Lebaran Tahun 2023

Memang tidak dipungkiri, meski menyenangkan, namun perjalanan mudik lebaran menjadi hal yang melelahkan. Hal ini karena dipengaruhi banyak kondisi, termasuk cuaca, kondisi fisik yang sedang berpuasa, dan juga kondisi jalan yang pasti padat.


Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting agar perjalanan dapat ditempuh dengan nyaman dan lancar. Aku pun, berkaca dari pengalaman tahun lalu yang tiba-tiba kondisi badan nge-drop di saat perjalanan mudik, tahun ini harus lebih matang lagi persiapannya.


posko adem mudik lebaran


Yuk, yang mau mudik, sudah mulai menyediakan persiapan untuk mudik? Jika belum, sebaiknya mulai dilakukan jauh hari sebelumnya, agar persiapan benar-benar matang untuk siap menghadapi berbagai kondisi. 5 langkah ini bisa dilakukan untuk persiapan mudik lebaran 2023.


1. Tentukan Rute Perjalanan

Bagi yang ingin melakukan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya untuk menentukan rute perjalanan. Hal ini bisa dilakukan seminggu sebelum mudik dengan memahami peluang rute jalan yang paling aman dilalui. Termasuk yang banyak melewati rest area atau posko lebaran untuk tempat beristirahat yang aman dan nyaman.


Nah, ini juga untuk menghindari agar tidak tersesat saat berkendara, atau melewati daerah-daerah yang kurang aman. Untuk yang akan mudik menggunakan transportasi umum, bisa mulai memesan tiket dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket mudik.


2. Siapkan Banyak Informasi

Sebelum mudik lebaran 2023, ada baiknya mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang mudik. Mulai dari informasi yang datang dari pemerintah, sampai membaca media-media online terkait arus mudik.


Termasuk informasi terkait jalur yang bisa dilewati kendaraan besar atau kecil, mencari informasi terkait rute singkat atau jalan tikus yang bisa dilalui untuk mempersingkat waktu perjalanan, hingga rest area yang tersedia di wilayah mana saja. Termasuk informasi posko-posko lebaran, seperti Posko Adem yang bisa dijadikan alternatif temoat istirahat jika rest area (terutama di dalam tol) sudah tidak memenuhi.


3. Cari Waktu Mudik yang Tepat

Persiapan mudik selanjutnya adalah mencari waktu perjalanan yang tepat. Dengan memilih waktu keberangkatan yang pas akan berpengaruh pada pertimbangan tingkat kemacetan, harga tiket transportasi, hingga biaya keperluan akomodasi.


Jika memang tidak terikat dengan pekerjaan, sebaiknya melakukan mudik lebih awal untuk menghindari macet. Selain itu, mudik lebih awal juga akan memberikan waktu yang lebih panjang saat berkumpul dengan keluarga di rumah.


4. Bawa Dokumen Pendukung

Hal yang penting juga perlu dipastikan adalah, membawa surat-surat kendaraan yang akan dipakai untuk mudik sudah lengkap seperti SIM, STNK. Untuk yang bepergian dengan transportasi umum seperti bus hingga kapal laut, pastikan tiket sudah di tangan kita.


Jangan lupa untuk selalu membawa identitas diri atau KTP. Ini akan memudahkan jika terjadi hal yang di luar kendali atau tidak diinginkan.


5. Jaga Kesehatan Tubuh

Nah, ini yang bakal aku highlight jadi persiapan mudik yang tidak kalah pentingnya, yaitu dengan menjaga kondisi tubuh. Melakukan mudik dengan jarak tempuh yang jauh membutuhkan kondisi badan yang prima agar tetap kuat di perjalanan.


Terlebih, bagi yang mudik saat keadaan sedang berpuasa, perlu memperhatikan kondisi tubuh supaya tidak sakit dan nyaman di perjalanan. Ini bisa dipersiapkan dengan mulai menjaga pola hidup sehat.


Baca juga: Liburan Nyaman di Musim Hujan


Pengalaman Mudik Lebaran, Mudik dengan Adem Sari

Bagi yang mudik sambil menjalankan ibadah puasa, wajar jika badan akan terasa kurang bertenaga karena asupan kalori yang terbatas. Meski demikian, tetap kita tidak bisa menjadikan puasa sebagai alasan untuk malas beraktivitas ya!


Berdasarkan pengalamanku mudik tahun lalu, di tengah perjalanan siang hari yang cuacanya kurang bersahabat, panas terik membuat kondisi tubuh langsung drop! Berat sekali rasanya, ingin membatalkan puasa namun sudah setengah jalan, jadi hanya dibawa tidur sepanjang perjalanan. Akhirnya, masih bisa bertahan sampai berbuka puasa.


Baca juga: Tips Makan Pedas Tetap Nikmat


Cuaca yang terik, meski di dalam mobil dengan AC yang dingin, tetap saja membuat kondisi lebih lemas. Hingga mulai terasa tidak nyaman di hidung dan tenggorokan. Beruntungnya, aku punya Adem Sari Segarnya bikin Sehat yang selalu menemani setiap perjalanan. 


Waktu buka puasa tiba, langsung saja, satu kaleng Adem Sari Herbal Lemon mampu menenangkan tenggorokanku yang mulai tidak nyaman. Manfaat Adem Sari yang memberikan kesegaran, ditambah khasiat lemon yang membantu menurunkan suhu tubuh yang mulai naik.


mudik dengan adem sari


Pengalamanku Mudik dengan Adem Sari ini membuatku juga mempersiapkan mudik lebaran 2023 dengan lebih matang. Selain kondisi tubuh yang harus dijaga, perlengkapan dan perbekalan selama perjalanan juga harus siap. Termasuk menyiapkan bekal Adem Sari.


Posko Adem, Adem Sari Teman saat Mudik

Apalagi tahun ini, Adem Sari juga membuka Posko Adem yang dipersiapkan oleh Enesis Group. Posko Adem Mudik Aman & Sehat #diindonesiaaja menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Mereka memberikan pelayanan untuk membuat para pemudik merasa aman dan nyaman, serta sehat saat tiba di tempat tujuan.


Baca juga: Obat Panas Dalam Paling Ampuh


Posko Adem ini dibuka di 12 titik jalur mudik dan arus balik. Selain itu, juga di 11 titik lokasi wisata yang sudah dibuka sejak H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran. Semoga adanya posko khusus lebaran dari Adem Sari Teman Saat Mudik ini bisa membantu memberikan tempat istirahat yang nyaman bagi pemudik ya!


Kesimpulan, Siap Mudik Lebaran, Siapkan Adem Sari!

Jadi, perjalanan mudik, baik jauh maupun dekat dengan transportasi pribadi maupun umum, tetap harus dipersiapkan dengan matang. Kondisi yang terkadang kurang mendukung, seperti cuaca dan juga kepadatan arus lalu lintas, membutuhkan kondisi badan yang benar-benar fit. Jika butuh asupan tambahan selain makanan yang bergizi, minum Adem Sari bisa menjadi pilihan terbaik menjaga daya tahan tubuh.


Oleh karenanya, alangkah baik jika kita bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebelum mulai mudik lebaran. Hal ini sangatlah diperlukan. Sebab, melakukan perjalanan jarak jauh dengan badan yang sehat akan membuat perjalanan lebih nyaman untuk diri sendiri dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.