Tips Menyambut Lebaran dalam Keadaan Sehat dan Bugar!

 Tidak terasa, sebentar lagi, bulan Ramadan akan usai. Semoga ibadah kita satu bulan ini mendapatkan pahala yang maksimal. Sekarang, sudah mulai saatnya juga mempersiapkan lebaran, menyambut hari yang Fitri.


Pengalamanku lebaran tahun lalu memang kurang menyenangkan. Mendadak suami sakit dengan tenggorokan yang tidak nyaman. Tentu saja, aktivitas di saat lebaran jadi terhambat. Silahturahmi juga kurang nyaman, bahkan untuk menikmati hidangan lebaran saja, jadi kurang nikmat.


Baca juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh


Keseruan di Hari Lebaran

Setelah melewati sebulan penuh berpuasa, lebaran memang menjadi momen perayaan tersendiri bagi umat Muslim. Di Indonesia, merayakan Hari Lebaran erat kaitannya dengan berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan saling mengunjungi rumah sanak saudara dan kerabat.


lebaran sehat


Hari Lebaran juga identik dengan berbagai menu yang lezat. Berbagai sajian makanan mengandung santan dan berlemak seperti opor, gulai, dan rendang kerap mewarnai meja makan sebagai sajian utama saat lebaran. Belum lagi berbagai kue kering dan kue basah yang juga sering kali menjadi kudapan wajib saat bersilaturahmi.


Meski demikian, deretan menu lebaran yang menggoda tersebut tak jarang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika asupannya tidak dikontrol.


Selain itu, momen saling bermaafan dan bersalam-salaman merupakan salah satu kegiatan yang menjadi simbol kembali suci di Hari Raya Idul Fitri. Biasanya sanak saudara berbaris dan mengantre untuk saling bersalaman sekaligus mengucapkan selamat atas kembalinya hari raya penuh ramat.


Dari berbagai kegiatan di Hari Lebaran tersebut, tentu kita wajib menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat, sehingga bisa merayakan hari raya tanpa kendala. Apalagi, aku punya pengalaman yang tidak menyenangkan tadi saat lebaran, jadi harus lebih matang lagi dipersiapkan.


Tips Menyambut Lebaran, Tetap Sehat dan Bugar!

Dengan banyaknya agenda saat lebaran, tentu kita harus menyiapkan termasuk kondisi fisik yang mendukung. Keadaan ubuh yang fit, tentu akan membuat kita lebih semangat dalam menjalani rangkaian kegiatan selama lebaran. Jadi, apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut lebaran agar tetap sehat dan bugar?


Baca juga: Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan


Atur Strategi Makan

Hidangan di Hari Lebaran sudah pasti menggoda kita untuk menyantap berbagai santapan lezat khas hari raya. Hal ini tentu boleh-boleh saja, namun ada baiknya kita memiliki strategi agar bisa menikmati santapan hari raya namun tetap sehat.


Biasanya saat berkeliling untuk bersilaturahmi ke kediaman sanak saudara, kita akan mendapat ajakan untuk makan di setiap tempat yang dikunjungi. Mulai dari camilan seperti kue kering atau bahkan makan besar seperti ketupat opor dan gulai.


Nah, makanan Hari Lebaran yang identik dengan santan, bahkan pedas, sudah pasti membuat tenggorokan kadang kurang nyaman jika terlalu banyak. Seperti pengalamnku yang kadang kalap dan lapar mata, semua santpan inginnya dilahap. Sampai akhirnya, tenggorokan jadi terasa panas dan sudah pasti jadi batuk kering yang bikin kurang nyaman.


Salah satu cara yang aku lakukan kini adalah dengan mengambil porsi yang sedikit di setiap tempat. Jadi kita tetap dapat menghormati tuan rumah tanpa makan berlebihan. Ini juga mengurangi risiko tenggorokan jadi tidak nyaman.


Tetap Jaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Tradisi bersalam-salaman sebagai simbol saling memaafkan ternyata juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang merupakan tempat berkumpul kuman. Apalagi, memang sedang musim merebaknya banyak virus yang mudah menular, terutama lewat berjabat tangan.


Sebagai upaya pencegahan agar tidak menyebarkan atau mendapatkan kuman saat bersalam-salaman, jangan lupa untuk cuci tangan sebelum dan setelah bersalaman dengan air mengalir dan sabun.


Pilih Minuman Sehat

Salah satu yang menjadi fokusku ketika lebaran adalah udara yang panas terik. Sudah pasti, untuk menghindari kemungkinan dehidrasi, cairan tubuh harus dipenuhi masimal. Namun sayangnya, saat lebaran, biasanya lebih banyak pilihan minuman manis seperti sirup atau es buah.


Masih ingat, jika moment lebaran justru jadi kurang enak badan karena konsumsi minuman manis yang terlalu banyak. Jadi, usahakan memilih air putih jika memungkinkan saat bersilaturahmi. Jika ingin mencicipi minuman manis tentu boleh saja, namun batasi konsumsinya dalam sehari.


tips sambut lebaran sehat


Aku sendiri, selalu membawa Adem Sari Segarnya bikin Sehat. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi kini juga ingin menghidangkanya untuk sanak saudara dan para tamu. Agar mereka juga terjaga dari panas dalam karena cuaca yang terik, pilihan makanan lebaran yang pedas dan juga minuman yang mani-manis.


Kalau aku, kini sudah rajin selalu membawa Adem Sari Madu Lemon Tea. Bisa jadi pilihan minumn sehat selain air putih. Adem Sari Madu Lemon Tea adalah minuman yang menyegarkan dan mengademkan tubuh terbuat dari kombinasi madu dan ekstrak teh berkualitas.


Siapkan Lebaran Mudik ke Kampung Halaman

Nah, belum lagi, yang ingin melakukan mudik lebaran. Sudah pasti kondisi tubuhnya harus tetap fit, untuk menjaganya, kita wajib ketat memilih apa yang dikonsumsi. Manfaat Adem Sari ini bisa aku rasakan saat tubuh mulai lelah, dan asupan makanan yang tersedia banyak yang pedas, digoreng, juga berkuah santan.


Mudik dengan Adem Sari, tentu akan lebih nyaman karena manfaat adem sari mampu menjaga kondisi tubuh. Apalagi tahun ini, ada Posko Adem dari Enesis Group yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para pemudik.


Jadi, tidak ada lagi halangan untuk tetap mudik dan bersilahturahmi ke sanak keluarga, karena ada Adem Sari Teman Saat Mudik yang terbukti sudah menjaga tenggorokan tetap nyaman.


Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran


Kesimpulan, Sambut Lebaran Sehat dan Bugar dengan Konsumsi Adem Sari Segarnya Bikin Sehat!

Pada akhirnya, kita sendiri yang bertanggung jawab dengan tubuh kita. Jadi harus kita jaga semaksimal mungkin apapun kondisinya agar tetap sehat. Jika dalam keadaan sehat, sudah pasti akan lebih nyaman melakukan aktivitas, apalagi di moment Lebaran.


Adem Sari Segarnya bikin Sehat, selalu jadi andalanku saat tenggorokan mulai tidak nyaman. Jadi sebelum akhirnya panas dalam, lebih baik kita cegah dengan konsumsi Adem Sari. Minuman yang terbukti sehat untuk tubuh, bisa dikonsumsi dalam segala kondisi.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.