Cara Ampuh Cegah Iritasi dan Ruam Popok pada Bayi dengan Pilihan Skincare yang Alami

 Satu hari itu, aku merasakan bayiku lebih rewel dari biasanya. Sudah kenyang di-susu-i pun masih terlihat gelisah. Diaper juga sudah diganti baru, tapi masih saja belum terlihat nyaman. Sebentar-sebentar masih me-rengek. Rupanya, ada bagian yang terlewat tidak aku cek, dan itu sedang tidak baik-baik saja. Ada ruam popok di area nappy bayiku. huhu.. pasti rasanya sangat tidak nyaman.


Dari pengalaman itulah, aku selalu rajin memeriksa area-area tersembunyi di bagian tubuh si bayi. Apalagi, kulit bayi kan masih sangat sensitif, jadi perlu perhatian khusus. Satu hal yang akhirnya aku mulai belajar lagi untuk anak kedua-ku ini, adalah mulai membiasakan menggunakan skincare sejak bayi.


pilihan skincare baby yang alami


Dulu waktu si kakak, karena tidak banyak masalah pada kulitnya saat bayi, aku tidak membiasakan merawat kulitnya dengan produk skincare baby. Apalagi, saat itu aku punya pengalaman tidak baik dengan produk baby, yang justru membuat kulit di kakak dulu jadi merah-merah.


Namun sayangnya, pengalaman tidak menyenangkan-ku akan produk skincare untuk baby membuatku justru jadi malas menggunakan skincare baby untuk si kakak. Hasilnya, semakin bertumbuh besar, kulit si kakak jadi kering dan sering gatal. Membiasakannya untuk menggunakan produk skincare anak juga jadi sulit, karena tidak terbiasa, huhu..


Baca juga:

Isi Tas Melahirkan

Sirop Obat Aman Untuk Anak


Kenapa Bayi Harus Menggunakan Skincare?

Kulit bayi, tentu berbeda dengan kulit dewasa. Semua kulit bayi sensitif, sehingga mudah mengalami iritasi. Hal ini disebabkan karena kulit bayi masih tipis, masih rapuh, dan lapisan pelindung kulitnya belum terbentuk secara sempurna sehingga belum kuat menghadapi faktor dari luar.


Selain itu, kulit bayi juga cenderung lebih kering. Meski banyak mengandung air, namun tingkat penguapan air (Trans Epidermal Waterloss) pada kulitnya cenderung tinggi. Jadi lebih mudah kehilangan air.


Baca juga:

Kulit di Pangkal Kuku Mengelupas

Perawatan Kulit Tumit Kaki


Kulit bayi juga lebih mudah mengalami reaksi jika terkena bahan dari luar. Meski kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca). Sayangnya, sel punca ini mudah hilang karena belum terlindungi secara sempurna. Padahal, stem cell ini bermanfaat lho untuk regenerasi kulitnya di masa mendatang.





Nah, karena itulah, penting sekali melindungi kulit si bayi agar terawat hingga nanti sampai dewasa. Menggunakan skincare menjadi salah satu cara untuk merawat kulit si kecil sejak dini. Penggunaan skincar yang tepat dan aman, akan memberikan kenyaman pada kulit si kecil, juga membuat kulit jadi semakin sehat.


Pentingnya Memilih Skincare yang Tepat untuk Si Kecil

Pada kesempatan minggu lalu, 22 Juni 2023, aku menghadiri sebuah talk show mengenai pentingnya merawat kesehatan kulit si kecil. Mengangkat tema "Pentingnya Memilih Skincare yang Tepat untuk Si Kecil", acara ini berlangsung sangat padat ilmu.


Sungguh, aku sangat berterimakasih pada semua tim yang mengadakan acara ini, karena pulang dari tempat acara, aku jadi lebih aware dengan kondisi kulit si kakak dan adik bayi. Ternyata, sepenting itu lho merawat kulit sejak dini. Dan yang lebih penting lagi, memilih skincare yang tepat untuk mereka.


memilih skincare tepat untuk si kecil


Turut hadir sebagai pembicara adalah dr Kardiana Dewi, Sp.KK, seorang ahli dermatologist. Beliau menjelaskan dengan detail mengenai kondisi kulit bayi secara umum, juga masalah yang mungkin terjadi, dan juga tips praktis untuk merawat kulit si kecil agar selalu sehat.


Tips Memilih Skincare Tepat untuk Si Kecil

Nah, produk skincare seperti apa sih yang bisa dikatakan tepat dipilih untuk si kecil? Apakah semua produk yang di klaim dari bahan-bahan organik, benar-benar aman untuk si kecil? Apakah produk skincare baby yang sudah banyak digunakan itu juga cocok untuk si kecil?


Wah, pertanyaan-pertanyaan semacam itu lah yang muncul di benakku saat datang pada acara talk show tersebut. Tidak mengira, dengan waktu yang sangat terbatas, kurang lebih hanya 2 jam, aku dan para ibu lain, bisa mendapatkan penjelasan yang sangat jelas dari ahlinya.


Jika kita sudah mengetahui seperti apa kulit si kecil dan masalah yang mungkin terjadi, kita bisa memilih produk skincare yang tepat untuk si kecil. Kondisinya yang sensitif, tentu saja kita tidak bisa sembarang mencoba produk. Ingat kan tagline, "buat si kecil kok coba-coba" hihi.. betul memang, bahaya lho, bukannya kulit jadi sehat, malah justru menambah masalah.


Apakah cukup produk yang meng-klaim dari bahan-bahan organik, sudah pasti aman untuk si kecil? Ternyata, produk organik yang baik, tetap harus diikuti dengan hasil study. Nah, study atau uji klinisnya juga harus sesuai prosedur, yang juga sudah dilakukan pada puluhan ribu kulit, dengan hasil yang memang terbukti aman.


Jadi, ada dermatology tested-nya. Tidak sembarangan dan jangan asal percaya ya! Selain itu, pilih skincare baby yang memang memberikan efikasi atau manfaat yang dapat dirasakan oleh si kecil.


Jangan hanya karena aroma saja yang wangi atau kemasannya yang lucu, tapi tidak memberikan manfaat nyata untuk si kecil. Justru akan percuma, sudah hilang uang, malah nanti timbul masalah :(


tips memilih skincare bayi


Alangkah baiknya bagi kita orang tua, terus meng-upgrade ilmu dalam dunia parenting. Termasuk mengenai permasalahan kulit yang sering muncul pada si kecil sehari-hari.


Cara Ampuh Cegah Ruam Popok pada Bayi

Kondisi kulit bayi yang masih sensitif itulah, membuat kita para orang tua juga harus mengetahui perihal masalah yang mungkin di alami si kecil. Juga, bagaimana cara penanganannya agar tidak semakin memperparah kondisi kulit si kecil.


Nah, berikut ini, area kulit bayi yang harus mendapatkan perhatian ekstra:

  • bagian yang paling sering terpapar dunia luar atau area pada wajah
  • area yang sangat tertutup, dan kondisinya lembab, yaitu area nappy, juga
  • area-area lipatan yang selalu tertutup.


Pada area tersebut tentunya akan lebih sering bermasalah. Bisa timbul iritasi di bagian wajah karena debu, udara atau bahan asing lainya. Pada area yang tertutup, seperti area nappy yang setiap harinya si kecil harus menggunakan diaper, tentu akan lebih lembab. Jadi, kemungkinan terjadinya ruam akan lebih sering.


cara ampuh cegah ruam popok bayi


Jadi, bagaimana mengurangi iritasi kulit termasuk ruam popok yang mungkin sering terjadi pada si kecil? Dengan 5 langkah ABCDE berikut, kita sebagai orang tua bisa upayakan agar kulit si kecil tetap terawat.


A : Air (udara) - untuk area yang sering tertutup, usahakan untuk terkena angin. Misalnya dengan mengurangi penggunaan diaper pada pagi hari, agar kulit si kecil bisa bernapas sejenak.


B : Barier - perhatikan barier kulit. Pastikan sudah kita berikan proteksi untuk kulit si baby. Dengan adanya proteksi sejak dini, akan memastikan barrier fungsinya baik dan maksimal, hingga nanti dewasa.


C : Cleansing - rutin membersihkan. Kebersihan kulit tentunya harus dijaga dengan baik. Namun, tidak perlu berlebihan untuk area wajah. Akan tetapi, untuk area nappy, wajib dibersihkan secara rutin. Bila perlu, menggunakan air bersih yang mengalir.


D : Diaper - rutin mengganti diaper si kecil. Idealnya adalah 2 sampai 3 jam. Pemilihan diaper juga menentukan kesehatan kulit si kecil. Penggunaan diaper dengan karet, mungkin bisa diminimalisir saat siang hari. Atau pilihan penggunaan diaper model tape saat malam hari.


E : Edukasi - belajar dan terus belajar. Tentunya, banyak hal yang belum diketahui dari si kecil. Oleh karena itum penting untuk para orang tua, rajin mengedukasi diri sendiri. Juga lingkungan yang ikut mengurus baby.


Mustela®, Pilihan Skincare Baby Alami yang Teruji Klinis

Kondisi kulit si kecil yang masih sensitif dan rentang itulah, Mustela®, melalui pengalaman sejak 1950, menghadirkan produk-produk dengan kandungan yang tidak hanya organik dan natural, tetapi juga sudah melalui uji klinis sehingga aman dan memberikan efikasi/manfaat yang dapat dirasakan oleh Si Kecil.


Produk Mustela® Baby & Child memiliki kandungan Avocado Perseose. Merupakan bahan alami yang berasal dari Organic Avocado dan sudah dipatenkan oleh Mustela®. Jadi, tidak ada di kandungan baby skincare manapun kecuali Mustela® karena sudah dipatenkan oleh Mustela®.


Kandungan Organik dalam Produk Mustela®

Mustela® hadir dengan kandungan yang istimewa. Proses pengolahannya natural dengan bahan aktif Avocado Perseose, yaitu buah alpukat organic dari Peru.


Avocado Perseose memiliki tiga manfaat, yaitu:

  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  • Melembapkan kulit bayi yang cenderung kering
  • Menjaga kekayaan stem cell (sel punca) agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa


Produk Skincare Baby dari Mustela®

Kehadiran produk skincare untuk bayi tentu membuat orang tua jadi lebih tertolong dalam merawat kulit si kecil. Namun, pilihan produk tentunya tetap mengikuti keamanan produk tersebut, dengan dusah melewati uji klinis. Mustela® memberikan dua produk andalannya untuk merawat daerah kulit yang lebih sensitif pada bayi, yaitu di area wajah dan nappy.


Mustela® Hydra Bebe Facial Cream 40 ml

Solusi Dalam Merawat Wajah Si Kecil

BPOM : NC14180105285


Mustela® Hydra Bebe Facial Cream merupakan krim wajah yang diformulasi dengan Avocado Perseose. Secara instan mampu memberikan kelembaban yang tahan lama.


Kandungan Utama Mustela® Hydra Bebe Facial Cream

Kandungan utama pada facial cream ini adalah Avocado Perseose, yaitu buah alpukat organic dari Peru. Dikombinasikan dengan Gliserin, yaitu tanaman yang membantu untuk melembapkan kulit dan mencegah penguapan air.


Tambahan Jojoba oil untuk melembapkan, Vitamin E untuk melindungi kulit terhadap faktor dari luar dan menjaganya tetap lembut dan kenyal. Serta, Shea butter untuk melembutkan dan melindungi kulit dari kondisi lingkungan.


Mengandung 97% bahan alami dan 3% sisanya adalah bahan yang aman. Digunakan untuk memastikan menghasilkan tekstur yang nyaman saat dipakai dan melindungi formula secara jangka panjang.


Kemasan Mustela® Hydra Bebe Facial Cream

Produk ini hadir dengan kemasan tube yang simple sehingga mudah saat akan digunakan. Dengan tutup yang kuat, keamanan produk lebih terjaga. Juga, tidak mudah tumpah jika dibawa bepergian. Dengan isi kemasan 40 ml, cukup digunakan sehari-hari dalam waktu kurang lebih satu bulan.


Mustela® juga meng-klaim jika mereka menggunakan 30% plastik daur ulang untuk kemasan tube dan kemasan kartonnya diambil dari hutan yang dikelola secara berkesinambungan.


Tekstur dan Aroma Mustela® Hydra Bebe Facial Cream

Teksturnya lembut di kulit. Ringan, tidak cair juga tidak terlalu kental. Mudah menyerap tentunya, sehingga tidak meninggalkan bekas lengket di kulit. Aromanya, wangi khas Mustela®. Tidak wangi yang berlebihan, karena tidak menggunakan pewangi. Tercium wangi yang lembut, sehingga tidak mengganggu, bahkan untuk si kecil.


Review Pemakaian Mustela® Hydra Bebe Facial Cream

Langsung jatuh cinta dengan cream ini. Apalagi sudah aman dan bisa digunakan dari sejak baru lahir. Teksturnya memang cepat meresap, tidak ada sisa lengket di kulit si bayi setelah digunakan. Jadi nyaman dipakai sehari-hari, bahkan saat dioleskan berulang.


mustela hydra bebe facial cream


Sudah kurang lebih satu minggu pemakaian, tidak muncul tanda iritasi atau keluhan apapun pada kulit bayiku. Kulit si kecil juga jadi lebih lembab dan tampak sehat. Nyaman saja saat dipakai-kan. Aromanya membuat lebih tenang. Tentunya, bikin ibunya makin hobi cium-cium hihi..


Dengan pemakaian rutin dan konsisten, dioleskn tipis merata di kulit wajah, terutama area pipi, akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan lembut.


Mustela® Barrier Cream 50 ml & 100 ml

Pilihan Tepat untuk Mencegah & Mengatasi Ruam Popok

BPOM : NC14150100693


Mustela® Barrier Cream adalah diaper cream atau krim ruam popok dengan kandungan alami. Sudah teruji klinis efektif dan aman untuk mencegah dan mengatasi iritasi serta kemerahan akibat ruam popok.


Kandungan Utama Mustela® Barrier Cream

Mustela® Barrier Cream diformulasi dengan tiga bahan alami:

  • Avocado Perseose yang berfungsi untuk menguatkan kulit Si Kecil
  • Oxeoline of Alcacea membantu menenangkan kulit Si Kecil yang ruam
  • Sunflower Oil Distillate dipercaya ampuh memperbaiki lapisan kulit yang rusak karena ruam
  • Tiga bahan alami tersebut dikombinasi dengan Zinc Oxide, yang mampu melapisi kulit agar tahan terhadap bakteri, urin, feses dan iritan lainnya


Mengandung 98% bahan alami, 2% bahan lainnya yang juga aman digunakan. Sebagai tambahan bahan untuk memastikan tekstur yang menyenangkan dan melindungi formula secara jangka panjang.


Kemasan Mustela® Barrier Cream

Cream ini dikemas dengan kemasan model tube, sama dengan facial cream-nya. Ada 2 pilihan size produk barrier cream ini, yaitu 50 ml dan 100 ml. Jika ingin yang praktis dan travel friendly, tentunya size 50 ml jadi pilihan tepat.


Dengan model tutup flip, memudahkan saat penggunaan. Juga lebih aman melindungi produk tetap higienis. Selain itu juga meminimalisir produk tumpah, jadi sangat aman untuk dibawa bepergian.


Tekstur dan Aroma Mustela® Barrier Cream

Tekstur cream ini lebih kental jika dibanding facial creamnya. Berwarna putih pekat, teksturnya lebih padat seperti pasta. Teksturnya yang lebih kental ini membuat lapisan tebal pada kulit saat diaplikasikan. Sehingga melindungi kulit, karena tidak mudah hilang oleh urine dan feses. Aromanya, wangi khas Mustela®, harum yang lembut, tanpa pewangi.


mustela barrier cream


Review Pemakaian Mustela® Barrier Cream

Pada kondisi belum pernah dipakai-kan Mustela® Barrier Cream ini, kulit di area nappy baby-ku seperti kemerahan. Ini akibat penggunaan diaper yang non-stop seharian. Ternyata, sebegitu sensitif kulit baby jika tidak dirawat dengan baik.


Akhirnya, dengan pemakaian rutin selama kurang lebih satu minggu, kulit kemerahan jadi memudar. Terlihat lebih sehat, terutama di area lipatan-lipatan. Hanya dengan rajin mengoleskan setiap kali mengganti popok, tentunya dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering.


Dioleskan sampai membentuk lapisan putih. Senangnya, Mustela® Barrier Cream ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan sudah dapat digunakan sejak bayi baru lahir. Jika sudah mengalami ruam popok, cream ini tetap bisa digunakan, dengan menutup kemerahan menggunakan barrier cream. Namun, jika kondisi tidak membaik setelah berhari-hari, lebih baik langsung merujuk ke dokter.


Kesimpulan - Pilihan Skincare yang Tepat, Cegah Masalah Kulit Bayi

Ternyata, kebutuhan untuk perawatan kulit si kecil memang tidak bisa sembarang. Meski begitu, tidak perlu khawatir dan panik dalam merawat si kecil. Hanya lakukan sesuatu dari yang sederhana dengan perawatan sehari-hari yang rutin dan konsisten. Lakukan dengan penuh cinta. Juga, tidak lupa menggunakan produk yang bermanfaat, tidak perlu berlebihan.


Produk skincare baby yang bisa digunakan si kecil sehari-hari, mulai dari cleansing, dengan sabun dan shampoo baby. Kemudian, pakaikan lotion untuk menjaga kelembaban kulit si kecil. Bisa juga dengan tambahan cream khusus yang sesuai dengan kebutuhan anak. Serta, suncare sebagai upaya proteksi si kecil dari uvA dan uvB.


mustela skincare baby


Tentunya, kita sebagai orang tua tetap harus bijak dalam memilih perawatan untuk kulit si kecil. Ingat ya, jangan termakan yang organik-organik, tapi belum ada dermatologist tested nya. Terakhir yang paling penting, pakai produk yang memberikan manfaat untuk si kecil. Seperti produk dari Mustela®💙.

14 komentar:

  1. Hihihi, lucunya yah Mbak, bahkan si kecil juga udah punya skincarenya sendiri, biar bebas ruam. Mustela bisa jadi rekomendasi skincare oke buat dede bayik nih.

    BalasHapus
  2. Skincare baby, saya benar-benar baru tahu nih tentang Mustella. Kalau begini jadi tahu rekomendasi skincare buat baby. By the way, apakah produk ini sudah tersedia di supermarket atau hanya via official store?

    BalasHapus
  3. Lengkap banget ya produk skincare bayinya. Sangat penting untuk memeriksa area-area tersembunyi di bagian tubuh si bayi, soalnya rawan terkena iritasi

    BalasHapus
  4. Ruam Popok ini memang jadi masalah tersendiri ya, Mbak. Apalagi kulit bayi sangat sensitif. Soalnya kalau yang tidak ngeh, bingung juga. Kok si kecil rewel terus, padahal sudah nyusu dan ganti popok. Syukurlah sekarang ada skincare khusus untuk mencegah ruam popok bayi.

    BalasHapus
  5. Memilih skincare untuk bayi memang ga boleh sembarangan, ya, harus paham banget kondisi kulitnya yang sesuai dengan bahan-bahan dalam produk skincare yang digunakan yang aman dan cocok untuk kulit bayi.
    So happy ada Mustela yang sudah lulus tes dermatologi, indikator dasar keamanan buat kulit bayi sudah ada berarti

    BalasHapus
  6. Nah iya. Soalnya, kalau udah ruam, bakalan repot nantinya; bayi nangis terus.

    BalasHapus
  7. Kita yang dewasa aja memilih skincare harus yang tepat dan cocok ya. Apalagi buat si kecil ya kak, harus yang tepat seperti mustela ini ya?

    BalasHapus
  8. Pernah coba Mustella ini emang asli enak banget di kulit bayi bisa bikin nyaman. Emang sih harganya agak mahal cuman emang worth it sama kandungan bahan dan juga manfaatnya

    BalasHapus
  9. Huwaaaa, baby juga punya skincare, duwww emesh bangettt. Tapi emang kulit bayi tuh lebih sensitif ketimbang adult yhaaa. Jadi moms juga wajib aware merawat kesehatan kulit di kecil. Mending yang pasti2 aja deh pilih Mustela yang pake bahan alami dan teruji klinis.

    BalasHapus
  10. Bener banget ini, kalo sembarangan emang bisa bikin iritasi, huhu.. pernah kayak gini juga soalnya. Alhamdulillaah bisa nemu yang tepat itu jadi rezeki tersendiri

    BalasHapus
  11. Iya nih kak. Si kecilku pernah bruntusan dan warna kulit kemerah2an di sekitar selangkangan. Emg benar sih ga bs sembarangan pake popok dan bedak bayi. Hrs ada perlindungan khusus agar bayi aman dan nyaman.

    BalasHapus
  12. biasanya aku kasih babycream aja waktu anak-anakku masih baby, atau gak cream ruam popok umumnya. kadang cocok kadang gak, emang harus hati-hati ya pilih skincare buat bayi. btw produk Mustela ini bisa digunakan juga untuk anak-anak gak sih mba?

    BalasHapus
  13. Waahhh udah ada aja nih skincare khusus untuk debay, sekarang debay gaperlu takut lagi kena ruam popok, karena udah ada mustela skincare khusus untuk dede bayi.

    BalasHapus
  14. Memang untuk kulit bayi ini ibu kudu cermat ya, karena kasihan kalau ada yang enggak nyaman mereka belum bisa mengutarakan. Kalau aku dulu untuk pertama beli kemasan kecil terlebih dahulu, baru kalau aman buat baby beli yang kemasan besar ..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.