Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Bikin Skincare Sendiri Yuk!

 Seiring berkembangnya kebutuhan, kini untuk tampil lebih indah dan sehat juga menjadi prioritas. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga penampilan dan kesehatan kulit, industri kecantikan nasional juga menjadi semakin berkembang dengan bikin skincare sendiri dan melahirkan banyak brand kosmetik lokal.


Tren Industri Kecantikan

Pertumbuhan fenomenal industri kosmetik di Indonesia ditandai dengan pertumbuhan jumlah industri kosmetik di Indonesia yang mencapai 21,9%. Pada tahun 2022, ada 913 perusahaan yang bertumbuh menjadi 1.010 perusahaan di pertengahan 2023.


Industri kosmetik nasional juga mampu menembus pasar ekspor dimana secara kumulatif untuk periode Januari-November 2023 nilai ekspor untuk produk kosmetik, skincare, wewangian, dan essential oils tercatat mencapai USD770,8 juta.


Menurut informasi dari Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Industri kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah, industri ini tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022.


Dari berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan kosmetik di Indonesia, segmen pasar terbesar didominasi segmen perawatan diri (personal care) dengan volume pasar sebesar USD 3,18 miliar pada tahun 2022, disusul skincare sebesar USD 2,05 miliar, kosmetik USD 1,61 miliar, dan wewangian USD 39 juta.


bikin skincare sendiri


Semakin berkembangnya pasar kosmetik dan skincare, juga digerakkan oleh tren dan kesadaran penggunaan kosmetik yang berbahan alami. Sehingga mendorong munculnya perusahaan maklon skincare untuk memproduksi produk dan merek baru yang memadukan bahan-bahan alami sebagai inovasi produk kecantikan.


Industri kecantikan nasional mempunyai potensi yang sangat luas untuk dikembangkan, mengingat melimpahnya sumber daya alam sebagai bahan baku skincare. Selain itu, Indonesia juga memiliki warisan budaya leluhur tentang tanaman berkhasiat sebagai obat dan perawatan tubuh.


Potensi pasar dalam negeri juga cukup besar dengan meningkatnya jumlah populasi usia produktif sebagai pengguna produk kecantikan.


Produk Skincare Paling Laris di Indonesia

Jika dibandingkan dengan kosmetik, produk perawatan tubuh atau skincare, meraup atensi yang besar di kalangan masyarakat Indonesia. Produk perawatan tubuh umumnya digunakan atau dikonsumsi secara berkala setiap hari atau dalam periode waktu tertentu.


Apalagi setelah pandemi Covid-19, mengubah tren pasar produk beauty and personal care. Kini, masyarakat Indonesia lebih menyukai produk skincare dibandingkan kosmetik atau produk dekoratif lainnya seperti lipstik, bedak, dan sebagainya.


Membahas tentang perawatan tubuh atau skincare terlaris di Indonesia, Survei yang dilakukan oleh salah satu marketplace di Indonesia, menunjukkan bahwa, lima produk skincare paling laris di Indonesia antara lain:

  • produk tabir surya,
  • serum wajah,
  • masker wajah,
  • pembersih dan
  • krim wajah (moisturizer).


Apalagi semakin ke sini produk lokal menyuguhkan berbagai macam produk yang kualitasnya tidak kalah dengan produk internasional. Terutama di industri kecantikan, seperti maklon skincare yang sudah bisa bikin skincare sendiri, ini membuat produk lokal terus hadir.


Dengan kualitas produk kecantikan yang makin baik meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk memilih produk lokal.


Kandungan Potensial dalam Skincare yang akan Populer

Semakin berkembangnya informasi mengenai skincare, membuat banyak para penggunanya juga sudah semakin bijak. Tidak sembarang kandungan mereka gunakan. Apalagi, makin banyak produk skincare yang tampil dengan bahan gentle.


Selain itu, kita juga harus memastikan bahan-bahan tersebut memiliki manfaat untuk kulit dan sesuai dengan kondisi kulit. Jadi, agar tidak salah pilih, kita bisa belajar mengenai kandungan skincare terbaik.


Misalnya, yang mampu mencerahkan, melembapkan, meratakan warna kulit, mengurangi kerutan, hingga manfaat lainnya. Ini dia, kandungan potensial dalam skincare yang akan populer. Yuk, simak artikel ini sampai habis, ya!


maklon skincare


1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid menjadi salah satu kandungan skincare populer sebagai bahan utama pelembap kulit. Nah, ini para pemilik kulit kering, penting memilih produk skincare yang mengandung Hyaluronic Acid. Terbukti ampuh mengembalikan kepadatan dan kekenyalan kulit.


Apalagi, untuk yang sering mengalami kulit terbakar, kandungan ini mampu membantu memperbaiki kondisi kulit rusak.


2. Salicylic Acid

Jika tipe wajah kalian cenderung berjerawat, maka skincare yang mengandung Salicylic Acid adalah pilihan terbaik. Mampu mengurangi peradangan pada kulit karena sifat anti-inflamasinya, sehingga kulit pun jadi lebih bersih dan bebas breakout.


Selain itu, Salicylic acid mampu mengeksfoliasi kulit wajah. Namun perlu diingat bahwa tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap hari. Cukup gunakan 2-3 kali seminggu bersama dengan kandungan AHA dan BHA.


3. Tea Tree Oil

Masih dengan fokus mengatasi jerawat, bahan aktif Tea Tree Oil merupakan kandungan skincare terbaik untuk atasi jerawat. Dengan efektivitas yang cepat, bahkan bisa mengatasi jerawat hanya dalam tiga hari. Selain berfungsi untuk kulit wajah, Tea Tree Oil juga sering menjadi kandungan bahan aktif produk perawatan kulit kepala agar bebas ketombe.


4. Probiotics

Setelah diperkenalkan di 2021 lalu, sampai tahun 2024 ini Probiotics terus menjadi kandungan skincare yang semakin dilirik. Seperti halnya Prebiotics dan Postbiotics, Probiotics juga dinilai mampu meningkatkan mikrobioma kulit.


Skincare yang mengandung Probiotics juga memiliki potensi besar untuk pencegahan dan pengobatan gangguan kulit, seperti jerawat, hipersensitivitas kulit, eksim, dermatitis atopik, radang kulit alergi, kerusakan kulit akibat sinar UV, hingga penyembuhan luka.


5. Bakuchiol

Bakuchiol berasal dari tanaman Psoralea corylifoli (babchi) yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional sejak dahulu kala di Tiongkok. Bakuchiol yang muncul dalam bentuk perawatan kulit pada pertengahan 2020 ini sering disebut sebagai pengganti retinol. Meski demikian, tetap memiliki perbedaan pada tingkat kimiawi.


Bakuchiol sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi kolagen kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, hiperpigmentasi, dan bintik hitam, juga memberikan kilau pada kulit.


Bila retinol dipercaya dapat meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari (akibat pergantian sel sehingga hanya dapat digunakan pada malam hari), tidak demikian halnya dengan bakuchiol. Oleh sebab itu, tidak perlu takut saat berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan sistem imun.


Itu lah kandungan skincare terbaik yang masih menjadi primadona. Pastikan salah satu dari5 kandungan skincare di atas terdapat di produk skincare favorit kamu, ya. Khasiatnya yang bagus tentunya membuat kulit jadi lebih sehat.


Kesimpulan, Bikin Skincare Sendiri? Bisa Yuk!

Kini, sudah tidak perlu ragu lagi jika ingin memulai bisnis di bidang kecantikan. Meningkatnya pasar akan kebutuhan skincare, bisa membuat kita ikut terjun bikin skincare sendiri. Apalagi, jika sudah paham betul banyak kandungan skincare yang alami dan manfaatnya untuk kulit.


Indocare B2B sebagai maklon skincare yang dapat mengembangkan produk skincare dengan merek sendiri. Kita dapat dibantu untuk memiliki produk skincare sendiri.

22 komentar:

  1. Emang ya, sekarang bisnis skincare di Indonesia itu berkembang banget. Aapalagi sekarang ada perusahaan maklon kosmetik seperti Indocare B2B. Jadi, siapapun bisa bikin produk skincarenya sendiri.

    BalasHapus
  2. Seiring semakin banyaknya pengguna skincare di Indonesia, maka semakin banyak juga produk-produk skincare lokal yang hadir. Ini jadi angin segar juga. Selain itu skincare lokal lebih aman karena sudah disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia. Mudah didapat dan harganya terjangkau.

    BalasHapus
  3. Bisnis skincare memang cukup menjanjikan mengingat sekarang banyak lahir pengusaha-pengusaha kaya berkat bisnis skincare.

    BalasHapus
  4. Kalau skincare nya bikin sendiri, adiknya bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan kulit kitanya ya kak

    BalasHapus
  5. Wow jadi bisa sesuai kebutuhan dan budget yahh kalau gini, jadi penaran kalau misalnya bikin skincare kemudian banyak yang cocok, pasti pada minat kan yaahh, hehe.

    BalasHapus
  6. Kalau emang ada passion dan juga tertarik dengan skincare, bisa banget nih mencoba untuk memproduksi skincre sendiri apalagi ada Indocare B2B sebagai maklon skincare yang dapat membantu mengembangkan produk skincare dengan merek sendiri.

    BalasHapus
  7. Bener banget, sebagai negara tropis memang sih sunscreen atau sunblock yang paling dibutuhkan. Ide bagus nih bikin skincare sendiri lalu dijual. Kayak artis-artis kan pada punya brand skin care yah...

    BalasHapus
  8. Dulu buat atasin acne nakal aku pake skincare berbahan salycilic acid. Skrg kayaknya butuh retinol deh, faktor U.

    Alhamdulillah ya Kak udh ada maklon jadi mereka yg bikinin skincare dan pebisnis tinggal fokus ama pemasarannya aja.

    BalasHapus
  9. Rasanya bikin skincare sendiri tuh bukan hal yang mustahil saat ini. Apalagi ada maklon skincare kayak Indocare B2B. Kita cuma harus belajar dengan benar gimana komposisi yang bagus untuk skincare. Atau bisa kali ya langsung dikomunikasikan sama mereka.

    BalasHapus
  10. Saat ini sudah emmungkinkan ya untuk membuat skincare sendiri asal tahu komposisi dan dosisnya, agar mendapatkan hasil yang optimal

    BalasHapus
  11. Merek skincare sendiri meskipun banyak saingannya secara logika masih bisa sih. Asal konsisten di pengenalan produk dan review pemngguna.. ternyata bikin skincare sendiri ada cara yang lebih mudah ya

    BalasHapus
  12. Sekarang ini bisnis skincare memang menjanjikan ya
    Memiliki skincare merk sendiri jadi bisa dilakukan dengan bergabung dengan maklon skincare terpercaya seperti Indocare B2B ini

    BalasHapus
  13. Maklon Skincare emang bener-bener solusi terbaik sih buat yg pengen punya bisnis di bidang kecantikan. Karena gak perlu pusing mikirin proses produksinya. Aku setuju kak, kalau sekarang skincare produk lokal kualitasnya gak kalah sama skincare internasional

    BalasHapus
  14. pengen banget sihh, tapi ini modalnya besar ngga ya kak? heheh terus ramuannya juga bisa dibantu maklonnya juga yah? Soon pgn banget punya brand skincare sendiri hihii

    BalasHapus
  15. Lagi tren banget nih kak bikin produk skincare sendiri dgn label sendiri. Ternyata bisnis ini namanya maklon. Tinggal kita pake strategi promosi yg unik, tentu dgn pemilihan kandungan skincare yg bagus serta harga yang bersaing pasti produknya bakal diserbu pembeli sih.

    BalasHapus
  16. Wah, kaget pas tahu ternyata skincare dalam negeri kita memiliki.kualitas ekspor ya, Kak. Jadi ikut senang dapat info seperti ini, di mana produk kita dapat diterima oleh pasar global.

    Selain itu, hal ini juga menjadi pwrtanda kalau dalam bisnis skincare ada banyak peluang yang bisa didapat

    BalasHapus
  17. Saya nggak pernah kebayang bikin skin care sendiri. Masalah lainnya sebenarnya harus bisa bersaing dengan produk skincare lain yang banyak. Promosinya juga harus kuat dan yang pasti ada label halalnya. Hehe

    BalasHapus
  18. Pengen banget dari dulu untuk bisa punya usaha skincare sendiri dan ternyata sekarang lagi banyak ya yang mulai usaha sendiri dengan cara maklon

    BalasHapus
  19. menarik banget nih bikin skincare sendiri, soalnya lagi musim banget kan maklon skincare saat ini. banyak juga pengusaha skincare yang sukses dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah..

    BalasHapus
  20. Asalkan punya modal, sekarang bisa maklon skincare sendiri ya.. kandungannya pun bisa disesuaikan dengan target pasar kita

    BalasHapus
  21. Impian banget sii.. memiliki usaha yang kita sukai dan kita tekuni.
    Perempuan dan skincare memang hal yang gak terpisahkan. Dengan ide-ide segar, bekerjasama dengan Indocare B2B sebagai maklon bisa bantu mewujudkan impian.

    BalasHapus
  22. dulu sempet kepikiran bikin brand kosmetik sendiri, sapa tau bisa terwujud beneran hehehe
    ternyata untuk punya brand sendiri nggak harus punya pabrik kosmetik sendiri ya, ada maklon yang siap membantu mewujudkan impian kita.
    aku ngiranya untuk bikin kosmetik sendiri pasti modalnya juga gede,, karena kudu punya pabrik, ternyata nggak juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.