Keuntungan Menerapkan Homeschooling SD Pada Anak

Sudah memasuki waktu galau dalam mencari sekolah SD untuk anak pertamaku. Banyak hal yang menjadi pertimbangan, salah satunya tentu saja keamanan dalam lingkungan sekolah. Pilihan homeschooling rupanya sedang menarik perhatianku. Apa keuntungannya menerapkan homeschooling pada anak SD?


Kali ini, aku sudah melalui tahapan survei ke beberapa sekolah dasar. Salah satu hal yang sangat aku perhatikan adalah, lingkungan sekolah yang mendukung. Termasuk teman dan juga tenaga pengajarnya. Sampai akhirnya, aku pun melirik metode homeschooling.


homeschooling SD


Apa itu Homeschooling?

Homeschooling merupakan metode belajar-mengajar yang dilakukan di rumah.


Katanya dari banyak review yang aku dapat, metode ini lebih banyak manfaatnya untuk anak. Namun, tetap ya, kita juga harus melihat kemampuan kita dan anak-anak. Tentunya, pasti ada kekurangan dan kelebihan yang bisa dipertimbangkan.


Manfaat yang paling dirasakan dari metode homeschooling ini, memungkinkan orang tua untuk menentukan sendiri sistem pengajaran yang tepat. Jadi bisa disesuaikan dengan kemampuan, minat, dan gaya belajar anak.


Namun, ketika memutuskan untuk menggunakan metode homeschooling, orang tua jadi bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan anak. Akan tetapi, orang tua juga bisa mendatangkan guru ke rumah.


Sistem Pendidikan Homeschooling di Indonesia

Di Indonesia, homeschooling sudah menjadi salah satu sistem pendidikan yang legal. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2014.


Peraturan tersebut menyebutkan bahwa sekolah rumah atau homeschooling adalah proses layanan pendidikan secara sadar dan terencana yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat dengan suasana kondusif.


Orang tua yang ingin mendidik anaknya dengan cara homeschooling, diwajibkan untuk melapor ke dinas pendidikan di tingkat kabupaten atau kota.


Homeschooling dapat menjadi pilihan karena beragam alasan. Bisa karena kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan anak mengikuti sekolah formal, ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang tersedia, atau keyakinan bahwa anak tidak dapat mengembangkan minat, bakat, dan kreativitasnya di sekolah umum.


Baca juga:

Jenis Kursus Untuk Anak

Tips Memilih Jasa Les Privat


Manfaat Homeschooling SD untuk Anak

Meskipun homeschooling adalah metode yang bagus diterapkan, sebagai orang tua tentu kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan. Berikut ini merupakan keuntungan dan kekurangan homeschooling.


keuntungan homeschooling


Keuntungan Homeschooling SD Pada Anak

Jadi, keuntungan belajar dengan metode homeschooling akan dirasakan jika memang keadaan dan kemampuannya memungkinkan. 


Waktu belajar yang fleksibel

Salah satu keunggulan homeschooling adalah fleksibilitas waktu belajar. Orang tua, anak, dan pengajar dapat saling merundingkan kapan waktu yang tepat untuk memulai belajar dan menentukan lama waktu belajar.


Mengembangkan bakat anak

Setiap anak memiliki bakat dan minat serta kemampuan mengolah informasi yang berbeda. Dengan homeschooling, metode belajar bisa lebih dioptimalkan untuk mengembangkan bakat anak sesuai keinginan dan kemampuannya.


Waktu istirahat anak yang cukup

Jika pada sekolah formal, jadwal belajar bisa saja padat dari pagi hingga sore hari. Dengan metode homeschooling, anak bisa mendapatkan waktu istirahat lebih lama. Sehingga dapat mengikuti pelajaran yang diberikan dengan optimal.


Pergaulan anak mudah dimonitoring

Homeschooling juga membuat orang tua dapat terus mengawasi lingkungan pergaulan anak. Dengan demikian, anak dapat terhindar dari pergaulan bebas dan risiko mengalami perundungan.


Biaya pendidikan dapat disesuaikan

Pada homeschooling, biaya pendidikan yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan kemampuan orang tua


Kekurangan Homeschooling

Sedangkan dari banyaknya kelebihan homeschooling, sayangnya masih ada kekurangan yang bisa saja menjadi hambatan. Seperti:

  • Terbatasnya ruang lingkup anak
  • Fasilitas Pembelajaran yang kurang lengkap
  • Diperlukan usaha ekstra bagi orangtua untuk mendampingi anak selama proses belajar


Namun, jika kekurangan tersebut dapat diatasi seiring berjalannya waktu, menurutku, penerapan metode homeschooling menjadi pilihan terbaik untuk pendidikan anak SD.


Cari Homeschooling SD? Alta School Solusinya!

Jika keinginan untuk menerapkan metode homeschooling sudah ada, namun terbatas dengan kesibukan orang tua, kita bisa bergabung dengan Alta School.


Merupakan sekolah online blended learning dengan live teaching interaktif dan aktivitas mandiri yang setara dengan sekolah konvensional.


Alta School ini bisa menjadi pilihan sekolah utama dan/atau sekolah pendamping dengan waktu belajar yang fleksibel. Nah, ada apa di Alta School?


Baca juga:

Home Based Project di Alta School

Sekolah Blended Learning di Alta School


Alta School, Homeschooling Online Interaktif untuk SD Kelas 1-6

Setiap orang tua pasti akan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Jadi, dengan Alta School, kita bisa memberikan pengalaman terbaik bagi anak yang duduk di jenjang sekolah dasar (SD), untuk bisa merasakan belajar secara online dengan metode blended learning. Konsep pelajaran yang diajarkan secara adaptof yang fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter anak.


alta school homeschooling


Fasilitas Belajar di Alta School

Ada tujuh fasilitas belajar yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar sehari-hari. Sehingga mereka dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya.


1. Live Teaching Interaktif

Pembelajaran tatap muka secara interaktif sebanyak 5-6 kali pertemuan di tiap minggunya. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.


2. Home-based Project

Metode belajar blended learning mengombinasikan antara live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen online.


3. Pendidikan Karakter

Program konseling untuk jenjang sekolah dasar (SD) secara online untuk membangun kecerdasan sosial-emosional anak.


4. Modul

Modul digital untuk menunjang kegiatan belajar homeschooling untuk siswa SD (sekolah dasar)


5. Learning Kit

Fasilitas penunjang kegiatan belajar anak yang dikirim langsung ke rumah siswa setiap 2 bulan sekali.


6. Aktivitas Mandiri (Self Assesment)

Kelas online berisi materi yang sudah dipersonalisasi menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak di jenjang sekolah dasar.


7. Laporan Pembelajaran

Laporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.


Proses Belajar di Alta School

Nah, yang paling menarik dari Alta School ini adalah proses belajarnya yang menyenangkan. Sehingga membuat anak lebih nyaman, tentu saja akan lebih mudah menerima pelajaran jika anak dalam kondisi nyaman dan senang. Seperti apa metode belajarnya?


Dengan metode belajar blended learning, kegiatan homeschooling secara virtual di Alta School untuk jenjang sekolah dasar (SD) tetap mengacu pada kurikulum nasional, menyenangkan dan efektif.

  1. Virtual live teaching interaktif
  2. Mengerjakan tugas metode home-based project
  3. Sesi belajar dengan aktivitas mandiri (self-assesment)


Pilihan Biaya Homeschooling SD di Alta School

Tentunya, ada harga yang harus dibayar untuk kemudahan belajar yang nyaman dan tenang sesuai dengan kondisi anak. Namun, jika dibandingkan dengan sekolah formal yang memakan waktu belajar lama di ruang kelas, biaya homeschooling di Alta School tentu lebih terjangkau.


biaya alta school


Kesimpulan, Keuntungan Menerapkan Homeschooling untuk Anak SD

Jadi, meski terlihat santai dalam waktu belajar, metode homeschooling tetap harus berjalan dengan kulaitas yang sama dengan sekolah formal. Hal ini, agar hasilnya, ank-anak juga mampu bersaing di dunia luar nantinya.


Alta School menjadi salah satu sekolah pilihan yang dapat membantu penerapan metode homeschooling SD menjadi lebih berkualitas. Tentu saja, karena ad abimbingan langsung dari ahlinya. Juga, penerapan belajar yang berjalan tetap fleksible, sehingga membuat anak-nak lebih nyaman dan menyenangkan.


Sebagai orang tua, pilihan pendidikan untuk anak tentu tidak sembarangan. Yang terbaik, sudah pasti yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi orang tua dan anak.

24 komentar:

  1. Wah ada pilihan biayanya ya, orang tua bisa memilih sesuai dengan kemampuan. Btw, dulu aku kira kalau homescholling itu full yang ngajarin ortu, ternyata engga ya. Ada sekolahnya juga cuma cara ngajarnya yang beda. TFS mbak...

    BalasHapus
  2. Homeschooling bisa jadi pilihan bagi para orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya di pendidikan formal dengan alasan tertentu. Alta school bakalan jadi salah satu yang recommended nih.

    BalasHapus
  3. Wah, ada learning kit-nya di Alta School. Keren nih, membantu banget buat ortu yang memutuskan homeschooling untuk buah hatinya.
    Sekarang sama aja sih, homeschooling atau sekolah formal, disesuaikan dengan kebutuhan anak aja. Lagian kedepannya bisa ikut ujian penyetaraan juga kok, kalau mau lanjut sampai Universitas.

    BalasHapus
  4. Homeschooling memungkinkan orang tua untuk fokus pada pengembangan karakter anak, selain hanya pada aspek akademis.
    Hal ini dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi individu yang bermoral, bertanggung jawab, dan memiliki budi pekerti luhur.
    Boleh banget dicoba untuk orang tua yang punya pertimbangan tersendiri dalam pendidikan anak

    BalasHapus
  5. Saat memutuskan untuk menyekolahkan anak di homeschooling memang keuntungannya adalah pergaulan anak jadi terpantau. Sayangnya, ruang geraknya jadi terbatas hanya rumah doang. Hehehe...

    BalasHapus
  6. Menarik banget tentang homeschooling buat anak ini. Jadi nambah pilihan untuk milih sekolah anak nanti

    BalasHapus
  7. homeschooling jadi pilihan yang tepat, sebab anak bisa jadi lebih fokus belajar dan orang tua pun bisa dengan mudah memantau perkembangan belajar anaknya.

    BalasHapus
  8. Aku sendiri belum ngeh sama konsep home schooling, awalnya, tapi setelah baca-baca ini jadi cukup paham juga. Lha gimana ya, belum pernah lihat langsung soalnya. Tapi apapun itu, home schooling emang bagus diperkenalkan sejak SD.

    BalasHapus
  9. Menarik sekali.dan banyak sekali materi yang diberikan. Belajar fleksibel dan didampingi oleh ahli profesional

    BalasHapus
  10. Saat ini homeschooling Sudah biasa di masyarakat. Apalagi homeschooling juga banyak keuntungan. Salah satunya, orang tua bisa mengawasi dan mendampingi anak, plus bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

    BalasHapus
  11. Dulu sering ngebayangin tentang homeschooling untuk anak, tapi kala itu adanya hanya di kota besar. Sekarang makin mudah nih bagi orang tua yang ingin anaknya home schooling, karena sudah ada homeschooling online seperti Alta School

    BalasHapus
  12. Homecshooling ini susah susah gampang deh yaa. Dan menurutku harus kesiapan dua belah pihak ortunya, dengan melihat kemampuan anak-anak juga. Waktu belajarnya emang lebih fleksibel, juga mudah memonitoring pergaulan anak. Namun harus konsisten juga memberi fasilitas Pelajaran yang lengkap dan memadai sesuai milestone.

    BalasHapus
  13. Apakah mendapat ijazah setara SD? Mengingat homeschooling pada intinya ortu sebagai penyusun kurikulum, apakah di Alta School juga memungkinkan siswa memilih pelajaran yang dibutuhkan saja?

    BalasHapus
  14. Kualitas sekolah homeschooling nggak kalah dengan sekolah umum ya kak. Apalagi di sini ada ahli yang menjadi gurunya. Tentu guru ini yang akan menentukan karakter anak kita ke depan. Sekolah berkualitas tentu harus dipikirkan sejak sekarang ya kak. Alta School ini emang punya kualitas keren sih.

    BalasHapus
  15. Kapan lalu sempat intip juga program homeschooling PAUD di Alta School karena rencana homeschooling aja PAUDnya si kecil. Kurikulum serta metodenya oke kok

    BalasHapus
  16. Fleksibelnya waktu jadi memudahkan anak-anak memanfaatkan waktu luangnya ke hal lainnya yg bermanfaat dan gak gampang capek ya

    BalasHapus
  17. Bahagia rasanya ketika HS sudah legal di negara kita. Sehingga buat anak yg lebih fleksibel dalam belajar, mereka bisa memilih HS. Apalagi saat ini ada Alta school yg bisa diakses daring untuk anak SD kelas 1 sampai 6.

    BalasHapus
  18. homeschooling anak dirumah sekarang bisa di dukung oleh Alta School ya, mom bisa sedikit bernafas dalam membersamai anak belajar dirumah selama homeschooling.

    BalasHapus
  19. Ternyata home schooling itu menyenangkan ya buat anak, jadi si anak bakalan betah belajar di rumah nih. Biayanya juga mirip-mirip dengan sekolah swasta di sini.

    BalasHapus
  20. Homescholing = santai. Gitu ya anggapan sebagian masyarakat. Belum tahu aja mereka kalau anak homeschooling punya banyak kegiatan. Plussss, ortunya juga mesti bener-bener siap. Bukan cuma siap duit, tapi juga siap belajar.

    BalasHapus
  21. Homescholing = santai. Begitu pandangan kebanyakan orang. Nggak tau aja mereka kalau anak homescholing punya banyak kegiat. Plussss orangtuanya pun mesti bener-bener siap. Bukan cuma siap duit tapi juga siap belajar.

    BalasHapus
  22. Sekarang home schooling sudah mulai banyak diterapkan ya bahkan sudha mulai dari tingkat SD juga ya, setelah tahu plus minusnya bisa jadi pertimbangan juga untuk menyekolahkan anak apakah masuk sekolah atau hone schooling

    BalasHapus
  23. Homeschooling memang menjadi primadona bagi sebagian orang tua, bukan hanya fleksibel tapi kita bisa memantau anak setiap saat.

    BalasHapus
  24. sekarang home schooling makin banyak ya bahkan sudah masuk ke anak-anak SD, dulu kayaknya waktu saya SMA itu masih nak-anak SMA yang melakukannya dan sekarang sudah banyak dan pastinya juga banyak manfaatnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.