Cuci Tangan Pakai Sabun Mampu Bunuh Virus Corona

Menerapkan cuci tangan pakai sabun, menjadi upaya ampuh untuk membunuh virus corona. Penularan virus corona dikarenakan memegang benda sekitar yang tercemar tentu tidak bisa dihindarkan. Hanya melalui pencegahan yang tepat seperti mencuci tangan pakai sabun, terbukti efektif membunuh virus.


Cuci Tangan Pakai Sabun

Sejak awal merebaknya virus corona di Indonesia, semua masyarakat berlomba-lomba membeli hand sanitizer, termasuk saya, hehe.. Wajar saja, perasaan panik pasti menghantui. Semua barang yang sekiranya mampu menghindarkan kita dari virus tersebut, menjadi bahan buruan paling laris. Bahkan masker pun sampai ditimbun bergunung-gunung. Sungguh Indonesia-ku unik sekali.


Seiring berjalannya waktu, saat angka kasus COVID-19 (Corona Virus Disease-19) terus meningkat, justru kini orang seperti semakin acuh. Kenapa? Mungkin saja mereka sudah merasa kebal dengan virus, hehe.. atau sudah paham betul bagaimana cara mencegah penularannya. Salah satu yang paling ampuh memang cuci tangan pakai sabun.

Apa Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun?

Sebetulnya, manfaat cuci tangan pakai sabun sudah dirasakan sejak dulu. Terbukti mampu membunuh berbagai bakteri dan virus di tangan. Tangan, menjadi organ tubuh pertama yang akan bersentuhan langsung dengan dunia luar. Sehingga, bisa dibayangkan berapa banyak bibit penyakit yang dibawa oleh tangan. Oleh karena itu, cuci tangan setelah memegang barang di tempat umum sangatlah penting.

Ingat sekali salah satu mata pelajaran saat di bangku kuliah dulu adalah promosi kesehatan. Dimana, mempromosikan budaya cuci tangan masih sangatlah sulit di masyarakat kita. Mereka masih terlalu acuh dengan kesehatan dirinya sendiri. Padahal, kebiasaan baik itu dapat membunuh jutaan bakteri dan virus yang ada di tangan.

Jadi, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir adalah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah tertular dan menularkan penyakit. Berikut 3 manfaat cuci tangan pakai sabun:


a. Mencegah resiko tertular penyakit karena virus, (ringan dan berat)
b. Menurunkan resiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya
c. Menurunkan angka kematian, terutama ibu dan bayi


Mengapa Sabun Ampuh Membunuh Virus Corona?

Pertama, kita perlu memahami struktur virusnya sendiri. Virus itu terdiri dari material genetik (DNA atau RNA), protein, dan lipid atau lemak. Nah, bahan dasar lemak itu kan minyak. Minyak tidak akan mudah hilang kalau hanya terkena air. Betul tidak? :) Jika diibaratkan, virus corona ini adalah makanan berlemak, maka untuk mencuci piring bekas makanan tersebut hanya dengan air saja tentu tidak akan bersih sempurna kan? Ya bagaimana akan hilang kalau minyak dan air saja tidak pernah menyatu, iya kaya aku dan kamu 😋

Jadi, untuk menghilangkan lemak tersebut, tentunya dibutuhkan bahan khusus yang ternyata ada dalam larutan sabun. Sabun memiliki komposisi yang terdiri dari banyak kandungan. Salah satunya adalah surfaktan. Surfaktan ini yang membuat sabun ampuh membersihkan.


"Karakter virus memiliki tubuh yang terbungkus oleh dinding dari struktur kimia lemah yang sangat mudah hancur apabila terkena sabun. Itulah kenapa harus cuci tangan pakai sabun."

Bagaimana Cara Kerja Sabun Membunuh Virus Corona?

Nah, sabun tersebut akan bekerja efektif jika bertemu dengan air. Air akan mengaktifkan surfaktan untuk mampu membersihkan. Saat surfaktan bertemu dengan lipid yang ada di tangan kita atau bagian tubuh lain, maka lipid akan rusak dan tentu saja struktur genetik dari virus tersebut akan hancur. Tugas air yang akan membawa struktur dari virus yang hancur tersebut luruh dari tangan kita.


Sederhana ya prosesnya? Tapi.. Semua zat tentu butuh waktu kan untuk dapat bekerja efektif. Nah, sabun ini memiliki minimal 20 detik untuk merusak struktur virus secara sempurna. Jadi, kalau cuci tangan juga harus dihayati, jangan terburu-buru. Minimal 20 detik pakai sabun dan air, dengan langkah cuci tangan yang benar, sampai ke sela-sela jari dan jangan lupa kuku-kuku, lalu bilas. Dan.. keringkan dengan handuk atau tissue.


Lalu, Sabun Jenis Apa yang Mampu Membunuh Virus Corona?

Menurut sumber yang saya baca, semua jenis sabun sebenarnya ampuh untuk membunuh semua jenis virus, apalagi bakteri, bahkan kuman sekalipun. Hanya tidak bisa kalau membunuh cintaku padamu ✌ Asal ya itu tadi, dilakukan dengan waktu yang tepat dan cara yang benar agar hasilnya efektif. Jenis sabun batang atau cair, semuanya mengandung surfaktan dan dapat digunakan untuk cuci tangan.


Adakah Dampak Buruk Cuci Tangan Pakai Sabun?

Saat ini, dunia hanya mengandalkan kita untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona. Setiap mencuci tangan, itu berarti membunuh berbagai macam virus dan bakteri jahat lainnya.

Namun, efek dari mencuci tanga pakai sabun terlalu sering akan menghilangkan protein dalam epidermis. Sehingga akan membuat kulit lebih kering, bersisik, bahkan sampai gatal. Sering terjadi di sela-sela jari. Apalagi jika memiliki kulit sensitif cenderung kering atau riwayat eksim seperti saya. Tidak cuci tangan dengan sabun saja rasanya tangan sudah kaku kering, huhu.. Akhirnya, 2 alternatif berikut saya lakukan untuk mengurangi kerusakan kulit karena seringnya mencuci tangan.


1. Menggunakan Pelembab Setelah Cuci Tangan

Akhir-akhir ini saya lebih banyak menghabiskan pelembab tangan. Tangan yang sering cuci tangan atau terkena hand sanitizer yang mengandung alkohol, bikin kulit saya semakin kering dan pecah-pecah, kadang sampai perih. Oleh karena itu, penggunaan pelembab tangan berikut sangat membantu.

Pelembab tersebut sangat penting untuk mengobati dermatitis tangan. Membantu memperbaiki kulit luar yang rusak dan mengunci kelembaban. Harus digunakan berulang kali sepanjang hari, dan kapanpun kulit terasa kering.

Memakai pelembab setelah mencuci tangan dapat membantu mengurangi perusakan kulit. Saya gunakan lebih banyak setiap malam sambil mengenakan sarung tangan.


2. Keringkan Tangan dengan Sempurna

Nah, selain melembabkan tadi, mengeringkan dengan benar juga penting ternyata. Karena apa? Jika dibiarkan kering sendiri, air ternyata memiliki efek pengeringan pada kulit dengan cara mengurangi minyak alami kulit ketika menguap, sehingga justru akan merusak penghalang kulit.



Jadi, tolong jangan pernah bosan untuk mencuci tangan. Meski tangan mulai kasar bersisik, ada alternatif lain yang bisa juga kita usahakan. Tapi, tolong jangan berhenti untuk melakukan kebiasaan baik tersebut. Cuci tangan pakai sabun, saat ini menjadi cara paling ampuh untuk memutus rantai penularan virus corona. Mari tetap produktif namun aman dari Covid-19 dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.