Langkah Mewujudkan Harapan Jadi Kenyataan, Penting Untuk Dipelajari!

Harapan yang sudah di-impi-kan, tentunya ingin dicapai agar menjadi kenyataan. Terkadang, bukan  hal mudah ya untuk mewujudkan harapan jadi kenyataan, apalagi kalau kita nih sukanya mengharap yang tinggi-tinggi, hihi.. Sebetulnya sah-sah saja, asalkan memang di-imbangi dengan usaha yang dilakukan. Supaya apa? Ya biar jatuhnya tidak terlalu sakit, hehe..


Btw, Happy New Year. Welcome to 2021! Semoga tahun ini mendatangkan banyak kebaikan lagi untuk semua umat. Nah, moment bergantinya tahun seperti ini, biasanya pas untuk membuat harapan-harapan baru. Baik untuk waktu dekat atau jangka panjang sekalipun. Jadi, sudah buat harapan belum?


Atau, kalian adalah tim ikuti saja air yang mengalir? hehe.. Sah-sah saja semuanya. Namun bagiku, sebuah harapan - harapan baru dalam hidup akan membuat hidup lebih terasa perjuangannya. Sebab sudah pasti ada tujuan yang ingin dijadikan kenyataan.


Lalu, bagaimana untuk mewujudkan harapan agar jadi kenyataan? Langkah - langkah tersebut, ternyata penting untuk dipelajari lho. Supaya lebih semangat dalam mewujudkan harapan.

Harapan jadi kenyataan

Yuk simak berikut ini, beberapa langkah yang saya mulai pelajari juga untuk mewujudkan banyak harapan.


Membuat Harapan

Setiap orang sudah pasti berhak memiliki harapan, namun jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana cara mewujudkannya. Tentunya semua butuh proses untuk mewujudkannya jadi kenyataan. Nah, bahkan dalam proses tersebut, kita sudah pasti akan menemui kendala, menurunnya semangat atau kesulitan yang akhirnya membuat kegagalan.


Namun yang penting, coba dulu langkah berikut ini untuk menentukan harapan - harapan kita:


1. Tulis Harapan dan Tujuannya

Jika menentukan sebuah harapan, tentu saja langkah paling baik adalah di terjemahkan atau di-visualisasi-kan. Dengan cara apa? Tulis! salah satunya adalah ditulis. Tulis dalam bentuk apapun untuk memudahkan kita mengingat.


Bahkan berdasarkan penelitian, 75 dari 100 orang yang menuliskan harapan dan impian mereka di atas kertas, berhasil mewujudkan impiannya.


Jika impian hanya dibiarkan singgah dalam pikiran saja, sudah pasti akan mudah terlupakan. Namun jika ditulis, kita dapat menentukan tujuan dari impian kita. Kemudian tentu saja menentukan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkan.


Tempel list dari harapan tersebut di tempat yang mudah dilihat, misalnya di cermin atau di lemari es, hehe.. Kalau malu dilihat banyak orang, bisa juga dengan menulisnya di buku harian, kemudian dipotret untuk dijadikan wallpaper HP. Atau, cara mudah jaman now adalah memanfaatkan smartphone untuk mencatat list harapan tersebut.


Yuk, semangat menulis harapan!


2. Prioritaskan Harapan yang Akan Dicapai

Jika sudah berhasil dituliskan dan menentukan setiap tujuan dari impian tersebut, selanjutnya adalah menentukan harapan mana yang ingin dicapai dalam waktu dekat. Kita harus fokus juga untuk mempunyai tolak ukur dalam mencapainya.


Nah, tugas menentukan impian mana yang jadi prioritas tentu tidak mudah juga. Apalagi kalau kita terlalu ambisius, semuanya ingin diwujudkan segera secara bersama bila perlu, hehe..


Namun, menentukan prioritas ini ternyata jadi salah satu langkah penting lho, agar harapan lebih mudah diwujudkan. Langkah yang dapat dimulai untuk menentukan prioritas adalah dengan mengenali potensi diri.


Dengan menentukan prioritas, kita dapat tahu, mana yang akan lebih mudah diwujudkan sesuai dengan kemampuan potensi yang dimiliki.


3. Tentukan Target Waktu yang Jelas

Menentukan target waktu juga menjadi hal penting untuk dapat menentukan tindakan selanjutnya. Jika impian tersebut harus membutuhkan waktu bertahun-tahun diwujudkan, tentu saja akan sangat menguras tenaga. Belum lagi, banyak kesempatan yang mungkin akan terbuang atau terlewatkan.


Meski mungkin pasti akan terwujud di tahun-tahun yang akan datang. Oleh karena itu, target waktu adalah upaya kita untuk memastikan jika kita mampu berusaha mewujudkannya sampai batas mana.


Mengapa target waktu menjadi perhatian yang penting? Karena di dalamnya ada sebuah kesempatan.


Kesempatan sudah pasti tidak akan datang dua kali, begitu kata pepatah 😉 Jikalau datang lagi, sudah pasti dengan wujud dan hal yang berbeda. Oleh karena itu pikirkan baik-baik akan kesempatan yang datang.


Mewujudkan Harapan Jadi Kenyataan

Mempunyai harapan bukan berarti hanya berdiam diri. Setelah ditulis dan ditentukan tujuan serta prioritasnya, sekarang saatnya untuk melakukan usaha. Usaha yang pantas untuk mewujudkannya.


Mau berharap, artinya juga harus mau meraih dengan usaha nyata untuk mewujudkannya.


Jika sudah mempunyai kemauan yang kuat, sudah pasti segala jalan dan cara akan dilakukan. Bahkan mengorbankan waktu, tenaga dan harta, asalkan harapan tersebut dapat terwujud. Wajar saja 😊.


Nah, berikut ini langkah-langkah untuk mewujudkannya setelah membuat harapan:


1. Mencoba Melakukan

Iya! Mencoba melakukan apa yang menjadi harapan kita. Coba dari hal - hal dasar yang dapat dicapai. Misalnya kalau kita mempunyai harapan ingin beli rumah, tentu saja harus coba kita lakukan. Apa yang dilakukan? Ya, membeli rumah 😋.


Sudah pasti akan banyak kendala untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan. Namun, usaha melakukan dapat dimulai dari hambatan yang kita temui. Jika hambatan yang kita temui adalah tidak cukup uang, berarti kita harus mulai dengan mencukupi uang kita. Cari jalannya dan coba lakukan!


Ikuti terus alurnya untuk mendapatkan harapan tersebut. Satu hal yang dapat selalu diingat, tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha! Dan, tanpa mencoba melakukan, harapan hanyalah harapan selamanya.


2. Lakukan Berulang

Kegagalan adalah guru terbaik! Begitu kata pepatah. Dan, memang benar jika sebuah kegagalan akan memberikan suatu pelajaran berharga. Namun, tidak banyak orang menyadari itu. Terkadang, ketika menemukan kegagalan, rasa menyerah sudah pasti menghantui. Itu saya sih, hehe.. Semoga kalian tidak ya 😉.


Namun, jika sama-sama memiliki pemikiran demikian, mulai saat ini, yuk rubah untuk tidak mudah menyerah. Melakukan lagi setelah gagal, sudah pasti akan mengurangi risiko untuk gagal kembali. Karena kita akan semakin terus belajar dari apa yang membuat kita gagal.


Begitu juga sebaliknya, dengan mempelajari apa yang membuat kita berhasil dalam mewujudkan harapan, akan lebih banyak lagi harapan - harapan lain yang terwujud.


Jangan pernah bosan untuk melakukan usaha berulang kali, hingga waktu yang menghentikannya.


3. Tingkatkan Percaya Diri dan Tetap Fokus

Nah, dari usaha untuk melakukan berulang-kali, baik dalam proses yang gagal dan berhasil, kita akan memperoleh kepercayaan diri. Percaya diri ini penting untuk dibentuk agar menambah keberanian kita untuk lebih cepat mewujudkan harapan.


Selain itu, harus tetap menjaga fokus dengan apa tujuan kita. menjaganya tentu saja tidak mudah. Apalagi dengan banyak kondisi yang memaksa kita untuk keluar dari jalur yang sudah kita rintis demi mewujudkan harapan menjadi kenyataan.

Namun, dengan tetap menjaga fokus, perlahan kita akan selalu berada di jalan tujuan kita.


4. Komitmen dan Kerja Keras

Kita akan mampu mewujudkan harapan tersebut jika paham bagaimana jalan meraihnya. Oleh karena itu, kita juga harus keras dengan komitmen sendiri. Hal ini akan membantu pikiran dan hati untuk tetap istiqomah menjalani setiap prosesnya. 


Dengan demikian, kita juga harus mampu dan mau bekerja keras demi mewujudkannya. Tidak setiap orang memang memiliki nasib yang selalu beruntung. Itulah yang dapat menjadi alasan, setiap orang perlu untuk bekerja keras.


Apalagi jika sudah mampu keluar dari zona nyaman untuk mengusahakan segala harapan terwujud. Ini sungguh usaha yang berat untuk saya, huhu..


Tapi, Ketika semua usaha kerja keras tersebut diniatkan untuk ibadah, tentu saja akan lebih bernilai 😊.


Sabar dan Bersyukur

Ketika semua langkah di atas sudah dijalankan, kini waktunya untuk menunggu hasil. Tidak boleh lupa juga, sekeras apapun usaha dan diiringi doa, kita tetap harus menyerahkan semuanya pada Tuhan yang menentukan semua takdir hidup kita.


Pada intinya, kita wajib bekerja keras demi mewujudkannya. Sabar dalam setiap menghadapi segala halangannya. Berdoa untuk terus berharap pada Yang Maha Kuasa. Itulah prosesnya.


Dan terakhir adalah BERSYUKUR!


Ketika terus bersyukur dengan apa yang diperoleh, semua hal baik akan datang kepada kita. Kenikmatan hidup tentu akan semakin bertambah. Dengan bersyukur juga, kita justru lebih logis dalam melakukan hal-hal yang diusahakan untuk mewujudkan harapan jadi kenyataan.


Selamat Berjuang Mewujudkan Harapan!

22 komentar:

  1. Tentukan target dan berusaha mewujudkannya, nah pentingnya di situ ya jangan cuma berharap tapi minim usaha.

    BalasHapus
  2. Ketika kita mewujudkan mimpi pasti bukan sekadar wacana tapi dilakukan pelaksanaan agar tercapai dengan berdoa juga bersyukur apabila Allah berkehendak lain

    BalasHapus
  3. Setuju kak atiqoh, kita punya harapan jangan cuma didiemin aja. Tapi harus diwujudkan. Karena kalo cuma didiemin doang itu namanya bukan harapan, tapi angan-angan.

    Saya lebih suka menuliskan di buku harian. jadi lebih privasi .
    Kalo zaman masih sekolahan dulu, saya memang suka tempel di dinding kamar. Karena kamar milik sendiri, jadi lebih bebas.

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak atas sarannya, jadi dapat inspirasi untuk mencobanya.. semoga semau harapan kita tercapai sesuai denagn kehendak Tuhan di tahun ini

    BalasHapus
  5. Jadii reminder buatku nih. Tetap fokuss. Emang gampang kedistrak aku nih hikss. Ngga hanya goal baca buku, tapi jg ngeblog jadi kepecah2 karena ga fokus

    BalasHapus
  6. Kuncinya kalau mau berharap harus syukur dan bersabar, betul nggak mbak? Hehe

    BalasHapus
  7. Kuncinya banyak bersyukur dan sabar setelah memperjuangkannya melalui usaha ya. Noted.

    Semangat menjalani 2021 ya.

    BalasHapus
  8. Wih. Aku orang yang suka ngikuti arus aja i. Masih susah bagiku untuk membuat harapan dan mewujudkannya. Semoga artikel ini bisa mengubah cara pandang ku

    BalasHapus
  9. Setuju dengan point tingkatkan percaya diri dan fokus mbak..karena kalau sudah meningkat rasa percaya diri jadi pede mengerjakan apapun tetap semangat ya mbak

    BalasHapus
  10. Fokus itu perlu memang mba. Punya harapan banyak gak ada yg larang, asalkan ada jelas yang ditarget. Gak perlu banyak-banyak, nanti malah bingung memprioritaskan yang mana. Apalagi kita ini seringnya mengejar target pas udah mau dekat deadlinenya. Hihihi. Makanya punya 1-2 target saja, tapi bisa diwujudkan jauh lebih bagus ketimbang punya banyak target tapi ujung-ujungnya gak ada yang terlaksana.

    BalasHapus
  11. Kalau ad niat, pasti ada jalan. Selama kita selalu berusaha pasti akan selalu ad hasil ya...
    Semoga segala target di tahun 2021 ini tercapai. Aamiin...

    BalasHapus
  12. Harapan saya selama bertahun-tahun itu-itu saja. Yaitu rutin berolahraga, mengatur pola makan, dan menurunkan berat badan.
    DAn bertahun-tahun juga tak berhasil konsiten. Hiks....

    BalasHapus
  13. Terkadang kita sering memiliki harapan namun lupa untuk berusaha maksimal agar terwujud menjadi kenyataan. Target waktu memang penting nih agar semakin terpacu untuk berusaha meraih harapan yang diinginkan.

    BalasHapus
  14. Sy udh sering nih nulis harapan n target. Tp sepertinya kelemahan sy no 3 & 4 nih utk mewujudkannya, fokus + komitmen. Bismillah deh 2021 hrs bisa ✊

    BalasHapus
  15. harapan seperti saya bisa membeli sebuah rumah untuk dijadikan home office

    BalasHapus
  16. Komitmen ini yang akdang buats aya pribadi masih dalam kondisi struggle, sering gambling dan planning yang sudah diatur sedemikian rupa untuk mencapai dan mewujudkan harapan jadinya berantakan, wah 2021 wajib makin meningkatkan komitmen

    BalasHapus
  17. Konon, menuliskan, memikirkan dan menyebutkannya dalam doa setiap saat akan membuat jalan kita semakin dekat untuk mewujudkan harapan or impian kita yaa

    BalasHapus
  18. Menerapkan tujuan di awal ini penting banget sih karena biar di tengah jalan tuh nggak goyah atau setidaknya jadi kerasa kebingungan. Lebih mudah juga dalam menentukan target2. Semoga 2021 gemilang ya kak

    BalasHapus
  19. Setuju kak, setelah semuanya yang bisa kita lakukan yang terakhir memang doa, pasrahkan pada Allah swt

    BalasHapus
  20. Dan manajemen waktu yang diikuti dengan konsisten
    Sebab jika tidak maka jadilah waktu terbuang percuma

    BalasHapus
  21. Beneran deh ini jadi reminder buatku biar tertata kembali segala program yang di prioritaskan.
    Kadang membuatnya target waktu sering kedodoran dan kurang disiplin

    BalasHapus
  22. Selama ini saya tipe yang mengalir aja tapi yaa gitu saya jadi kurang disiplin dan ga punya pencapaian..tapi karena baca ini jadi pingin punya target biar discipline dan prioritas

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.