Ruang Belajar, Perkembangan Teknologi Belajar dari Ruangguru

 Ketika Indonesia memasuki masa pandemi Covid-19, semua elemen termasuk pendidikan di Indonesia, menghadapi tantangan baru. Proses pembelajaran tidak lagi dapat dilakukan di sekolah secara tatap muka. Melainkan, diharuskan untuk dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Tentu saja pada awalnya tidak mudah. Banyak kendala yang akhirnya harus dihadapi, karena kondisi yang serba mendadak. Tentu saja, karena belum siapnya sistem pembelajaran itu sendiri. Apalagi, infrastruktur pendukung teknologi secara digital belum merata se-Indonesia. 


Hal ini yang menjadi salah satu tantangan besar kita bersama untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.


Pendidikan dan Perkembangan Teknologi Belajar

Bagaimana kemajuan pendidikan di Indonesia saat ini? Apalagi ditambah dengan kondisi pandemi, hmm.. rupanya, tidak hanya siswa dan guru saja yang menjadi ikut pening tentang urusan sekolah ini, banyak juga orang tua murid di rumah, yang ikut mengeluh kerepotan dengan sistem pendidikan PJJ saat ini.


Lalu, cara apa yang tepat untuk mendukung pembelajaran jarak jauh ini?


Salah satunya adalah melalui teknologi. Generasi muda saat ini sudah sangat melek dengan teknologi. Ini dapat menjadi peluang untuk mempermudah proses pembelajaran.


Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Bahkan hingga kini, masih banyak sekolah yang ditutup untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Menjadikan kebutuhan terhadap teknologi pendidikan yang efektif semakin mendesak.


Perkembangan-teknologi-belajar

Awalnya, lembaga pendidikan, guru dan orang tua, enggan untuk mengadopsi teknologi untuk mendukung pendidikan anak. Namun, kini semakin berubah sebagai akibat dari pandemi. Hampir semua orang sudah bergantung dengan metode pendidikan daring dan jarak jauh. 


Bahkan, pandemi semakin mempercepat pengadopsian metode pembelajaran secara daring. Akhirnya, mau tidak mau, mendorong lembaga pendidikan dan semua pihak untuk menggunakan teknologi pembelajaran jarak jauh, demi mengurangi dampak krisis di masa depan.


5 Alasan Ruangguru Menjadi Pilihan Terbaik Bagi Orang tua

Menjadi pintar tentu tidak muncul begitu saja, tapi perlu dibentuk dan dilatih. Nah, belajar, jadi salah satu cara untuk bisa mencapai level tersebut. Dan, di Indonesia ternyata sudah ada banyak sekali lembaga pendidikan, baik formal maupun informal yang dapat dijadikan sebagai jalan untuk meningkatkan kemampuan diri.


Sebagai orang tua yang tumbuh dengan anak di era digital seperti saat ini, meski dilanda pandemi yang belum juga terlihat titik terang kapan selesainya, kemudahan untuk memperoleh pendidikan semakin didukung oleh perkembangan teknologi belajar. Dimana tren orang-orang yang menuntut akses yang lebih mudah dari smartphone dan internet untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup mereka.


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah terus berupaya menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satunya ya dengan pemanfaatan teknologi informasi. Tidak hanya bagi siswanya saja, namun juga untuk para tenga pengajar. Agar hasilnya lebih maksimal jika didukung dari dua pihak.


Saat ini, Ruangguru, salah satu startup pendidikan dengan berbagai inovasi menarik sudah hadir dan dapat menjadi pilihan terbaik bagi orang tua. Mengapa?


1. Memanfaatkan Teknologi sebagai Hal Baik

Ruangguru menjadi sebuah cara dalam memanfaatkan teknologi sebagai hal yang baik. Memang jika dipikirkan lebih jauh lagi, tanpa teknologi yang dimanfaatkan dengan baik, maka tidak akan ada revolusi pendidikan untuk anak Indonesia.


Perkembangan teknologi dalam belajar akan mampu memberikan anak-anak menikmati pendidikan yang setara di manapun mereka tinggal.


2. Pendidikan Digital Menjadi Peluang Besar

Kini, anak siapa yang tidak diberikan smartphone oleh orangtuanya? Bahkan sudah dari bayi, mereka sudah mengenal smartphone dengan lebih baik.


Bukan menyalahkan orangtuanya, namun perkembangan jaman yang sudah pesat. Mereka lahir di dunia digital. Jadi tidak mungkin lagi jika kita sebagai orang tua, tidak mengenalkan kecanggihan teknologi kepada anak-anak.


Namun, masalahnya adalah, bagaimana orang tua mampu mengenalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dengan baik. Dari sinilah, CEO dari Ruanguru, Belva Devara, mencoba untuk mengolah lebih dalam lagi pasar pendidikan secara digital.


3. Ruang Belajar yang Terbuka Untuk Umum

Kemudahan untuk mendapatkan akses ruang belajar di Ruangguru dapat menjadi pertimbangan bagi orang tua yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Dibuka untuk umum mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan hingga Perguruan Tinggi. Semakin memudahkan orang tua untuk mendampingi anak belajar.


4. Proses Berlajar yang Menyenangkan

Ketika belajar daring dan setiap hari anak berhadapan dengan internet, tentu sebagai orang tua menjadi khawatir. Kekhawatiran dengan penyalahgunaan internet untuk keperluan yang lain, seperti main game! Nah, ini bisa terjadi karena si anak sudah merasa bosan dan lelah.


Ruangguru menghadirkan sistem pembelajaran yang menarik. Anak akan lebih mudah memahami karena diberikan dengan konsep kekinian yang digandrungi anak.


Seperti video animasi yang menarik, games yang meningkatkan semangat belajar kembali, ketersediaan rangkuman pembahasan dan infografis serta masih banyak lagi fitur menariknya.


5. Orang Tua Dapat Melakukan Pemantauan

Satu lagi nih yang pasti orang tua juga butuhkan, pemantauan perkembangan belajar anak. Ruangguru memberikan kemudahan fitur untuk orang tua, bisa melakukan pengecekan secara mudah bagaimana hasil belajar anak mereka. Hal ini untuk mendukung agar proses belajar anak semakin optimal.


ruangguru-pilihan-terbaik-orangtua

Orang tua hanya dengan ketik "Rapor Anak" ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.


RuangBelajar, Perkembangan Teknologi Belajar dari Ruangguru

Setelah setahun lebih pandemi belum juga usai, dan masih banyak sekolah yang ditutup, menjadi para siswa sudah mulai terbiasa dengan sistem PJJ. Namun sayangnya, banyak anak yang kemudian merasa lelah dengan pembelajaran daring ini. Bosan dan monoton menjadi salah dua faktor yang mempengaruhi.


Tentu saja, ini tidak terlepas dari guru atau pengajar yang masih minim inovasi dan interaktif saat memberikan materi. Hingga mempengaruhi pada prestasi siswa karena tidak tertarik lagi dengan kegiatan belajar daring.


Hal tersebut yang akhirnya membuat pening kepala para orang tua. Mereka kemudian berupaya untuk mencarikan solusinya dengan memberikan ruang belajar daring yang nyaman.


Salah satu produk unggulan Ruangguru adalah Ruang Belajar. Merupakan bimbingan belajar versi digital yang mana siswa dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja.


Ruang belajar merangkum semua materi sekolah, institut pendidikan, hingga lembaga bimbingan belajar seluruh Indonesia ke dalam satu platform.


Ruang Belajar menjadi sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. Mengapa? Sudah pasti karena proses belajarnya menghadirkan kecanggihan teknologi yang dapat diakses dengan mudah.


Anak-anak dapat belajar dengan mandiri melalui puluhan ribu video belajar beranimasi. Selain itu, juga sudah disediakan latihan soal.


Ruang-belajar-video-menyenangkan

Mudahnya lagi, semuanya dapat di-download, sehingga lebih hemat kuota dan tidak perlu khawatir dengan jaringan internet yang tidak stabil. Dengan kemudahan akses tersebut, anak dapat belajar lebih efektif.


Ruang Belajar menghadirkan fitur-fitur terbaru sebagai bentuk perkembangan teknologi belajar. Satu tujuannya tentu saja untuk membantu pelajar Indonesia tetap produktif dan semangat belajar yang tinggi hingga berprestasi.


Mulai dari fitur ruangguru PET, ruangguru Adventure, Jadwal belajar, Asah otak, Adapto dan Konsep kilat yang akan rilis di Bulan Juli, dan Bank soal, serta laporan belajar.


Kecanggihan teknologi untuk mendukung pembelajaran hadir dari materi belajar yang dikemas dalam sebuah video menarik. Video dengan animasi serta rangkuman berupa infografis yang akan membuat anak semakin paham untuk menerima materi.


Dalam fiturnya Ruangguru Adventure, belajar akan dilengkapi dengan gamification untuk membuat siswa lebih semangat lagi dalam belajar. Semakin rajin, maka akan semakin banyak hadiah yang dapat dikumpulkan, seru kan?


Jujur saja, saya iri dengan sistem pembelajaran anak sekarang yang sudah semakin canggih. Apalagi sudah didukung dengan berbagai akses kemudahan untuk mendapatkan informasi. Ini tinggal bagaimana orang tua dan anak sama-sama memanfaatkan perkembangan teknologi belajar yang semakin maju.


Apalagi, fitur dari Ruang Belajar, pemberitahuan otomatis. Ini menjadi pengingat secara mandiri untuk anak belajar. Dengan adanya fitur ini juga, memudahkan kita untuk memperoleh akses materi secara up to date.


Penting juga nih, Ruangguru juga berkomitmen untuk menyediakan video terbaru setiap harinya. Namun, tentu tidak hanya meningkatkan kuantitasnya saja, namun juga kualitasnya. Video selalu dibuat menarik untuk membantu anak memahami materi yang dipelajari.


Nah, dari pengenalan aplikasi belajar Ruangguru dan fitur andalannya Ruang Belajar diatas, sudah pasti para orang tua tidak ragu lagi memberikan pilihan belajar ternyaman untuk anak. Ruangguru akan memberikan kemudahan untuk anak dapat belajar dimana saja dengan lebih santai dan nyaman. Sehingga, adanya perkembangan teknologi belajar yang semakin canggih ini, akan mengubur stigma belajar yang kaku dan tegang.


Jadi, apa solusi perkembangan pendidikan di Indonesia menurut kalian? Yuk, berbagi di kolom komentar.


Artikel Terkait:

- Kelas Monetisasi Blog di Skill Academy

- Pelatihan Online Terbaik di Skill Academy


26 komentar:

  1. Yang aq suka belajara di ruangguru ini materinya lengkap kak, jadi anak gak bakal bosen. Ibunya juga seneng soalnya gak perlu susah2 memeras otak buat ngasih penjelasan ke anak. Hehe

    BalasHapus
  2. Keren ya mbak ada aplikasi ruang guru. Orang tua sudah tidak stres lg menghadapi anak belajar daring sehingga proses beljar jadi efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener-bener membantu sih buat semua pihak ya, anak, ortu dan guru :)

      Hapus
  3. Wah ada fitur baru dari ruang guru. Seru, ya ada ruang guru adventure. Jadi belajarnya ada tantangannya. Apalagi bisa dipantau oleh orang tua.

    BalasHapus
  4. Kemajuan teknologi mau nggak mau memang sebaiknya diikuti agar dapat terus berkembang. Bahkan jaman sekarang, mau belajar, selama punya perlengkapan belajarnya, gampang. Bisa dari Rungaguru nih salah satunya.

    BalasHapus
  5. Teknologi sekarang makin maju banget yaa, dan dimasa kayak gini juga aplikasi belajar kayak ruang guru ini menolong banget

    BalasHapus
  6. Aku ingey bangey sebelum pandemi ruang guru ini dah happening. Kaya teknologinya dah menyesuaikan zaman. Pas pandemi datang malah banyak juga produk-produk pendidikan digital sejenis. Keren sih sebagai aplikasi belajar yang sedari awal dah memikirkan masa depan. Semoga program2nya juga makin kecem bisa belajar dari mana aja

    BalasHapus
  7. Setuju kak, belajar di Ruang Guru itu menarik dan tidak membuat bosan karena dilengkapi video animasi, games yang bermanfaat, lalu rangkuman pembahasan dan infografis. Tapi saya baru tahu kalau orang tua bisa cek rapor belajar anak di Ruang Guru melalui WhatsApp, keren deh.

    BalasHapus
  8. Aku juga pernah lhoo nyamar jadi murid dan ikutan belajar di ruang guru hihi penasaran ajaa gitu gimana belajarnya. Dan iya beneran nyenengin

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeeh ada-ada aja mBak Ji, hehe.. tp emang seru, aku ikutan yangg fitur guru juga sangat membantu banget buat nyari materi yang menyenangkan :)

      Hapus
  9. Semenjak pandemi anak2 jadi daring dari rumah kadang kurang mereka wah kalau ada ruangguru jadi solutif banget yaaa

    BalasHapus
  10. pandemi ini memang semua serba menyesuaikan. belajar dari rumah sekarang jadi pilihan tepat. karena diluar masih 'menyeramkan'. sangat membantu ibu2 biar gak pusing ngajarin anak dirumah

    BalasHapus
  11. Boleh dicoba nih apalagi bentar lagi anak mau masuk sekolah online lagi ya kk

    BalasHapus
  12. Setuju banget mba. Teknologi sekarang sebenarnya sangat ngebantu juga proses belajar. Apalagi dengan adanya ruangguru ini.

    BalasHapus
  13. Wah bagus sekali programnya ya mba. Memang ruang guru ini benar2 solutif dalam mencari proses pembelajaran yang menarik, ya

    BalasHapus
  14. aku guru TK tapi masih belajar manual, vidcoll anak satu-satu belum pakai ruang guru. Dulu soalnya belum masuk kurikulum untuk usia Tk, coba nanti aku cek lagi sekarang sudah ada belum ya

    BalasHapus
  15. Ruang guru beneran memberi solusi ya, apalagi di masa pandemi kayak sekarang.orang tua juga bisa memantau perkembangan anak-anak belajar

    BalasHapus
  16. Makin ke sini, aplikasi Ruangguru makin kaya fiturnya dan semakin menarik. Jadi anak-anak bisa lebih enjoy belajar menggunakan bimbel online RG ini. Hati mamak pun adem krn harga paketan di RG kerap ada diskonnya.

    BalasHapus
  17. Makin ke sini, fitur sama tampilannya aplikasi ruangguru makin oke punya sih. Aku sendiri juga pakai yang aplikasi skill academy, dan memang memudahkan banget buat belajar, nambah skill. Di rumah doang udah bisa

    BalasHapus
  18. Iya, perbedaan usia yang ada, memberikan gap teknologi yang jauh, generasi boomer dibutuhkan lebih bijak yah

    BalasHapus
  19. Anak-anak bisa belajar tambahan dengan anteng di rumah, karena ruangbelajarnya mengasikkan seperti itu. Dan orangtua dapat memantau dan melihat progresnya

    BalasHapus
  20. Kalimat bagian ini bikin jleb "Menjadi pintar tentu tidak muncul begitu saja, tapi perlu dibentuk dan dilatih". Jadi ingat selama kelas 2 anak ku sekolah daring, aku kurang banget memberikan tambahan pembelajaran. PAdahal kalau diajak pakai aplikasi atau sejenisnya (seperti ruang guru) dia itu suka banget.

    BalasHapus
  21. Meski pandemi tetap ada solusi ya Mbak buat anak-anak belajar. Alhamdulillah ruang guru pilihan terbaik belajar

    BalasHapus
  22. mengingat pandemi ini yang masih belum tau kapan berakhirnya makanya harus bisa beradapatasi dengan inovasi dan kecanggihan teknologi seperti belajar online via aplikasi RuangGuru

    BalasHapus
  23. Kepikiran juga nih buat langganan Ruang Guru buat komplementary belajarnya anak-anak. Sudah hubungi marketingnya tapi masih nyari harga yang pas, hehe

    BalasHapus
  24. Aplikasi seperti ruang guru ini juga bisa jadi solusi pendidikan anak-anak ya khususnya di masa pandemi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.