Manfaat Google Search Console, Blogger Wajib Tahu!

 Dalam dunia ngeblog, ternyata masih banyak hal yang harus dipelajari selain menulis. Yes! Termasuk apa itu Google Search Console?! Aku juga baru mengenalnya setelah terjun ke dunia blog ini, kalau kalian masih belum kenal juga, yuk aku kenalkan pelan-pelan.

Google Search Console untuk Blog


Apa itu Google Search Console, merupakan alat yang wajib dimiliki oleh semua pemilik situs termasuk blogger. Nah, apa tujuannya? Alat ini akan membantu kita memberikan informasi mengenai bagaimana website kita bekerja dalam mesin pencari.


Google Search Console, Apa itu?

Google Search Console atau GSC adalah alat bantu yang membantu pemilik situs web untuk dapat mengukur trafik situs, melihat keyword yang paling populer, memperbaiki masalah pada situs web, dan menerima pesan dari Google tentang situs web kita.


Data dari GSC ini bisa membantu website kita untuk mendapatkan peringkat terdepan di halaman pencarian. Siapa yang tidak mau kan? Juga dapat meningkatkan kinerja situs web, dengan mempelajari bagaimana orang bisa datang ke website kita.


Nah, GSC ini sudah diluncurkan oleh Google hampir 15 tahun yang lalu, yang masih dikenal dengan Google Webmaster Tools. Setelah itu namanya berubah dan fungsinya juga banyak bertambah, tapi tujuannya tetap sama.


Informasi paling penting juga nih, kalau platform ini bisa dimanfaatkan secara gratis bagi para pemilik website. Tentunya untuk tujuan memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Lalu, apa sih manfaat lebih tepatnya GSC ini?


Lalu, Apa Manfaat Google Search Console?

Setelah mempelajari apa itu Google Search Console, ternyata banyak sekali manfaatnya lho. Selain bisa memantau performa blog kita, bisa juga untuk melakukan perbaikan berdasarkan analisis dari Google Search Console.


manfaat GSC


Nah, ini dia 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dari Google Search Console:


1 Menemukan Keyword Populer

Pengunjung blog kita, bisa menemukan blog kita melalui bermacam-macam kata kunci. Nah, Google Search Console ini bisa membantu kita untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang dalam menemukan blog atau artikel dalam blog kita.


Tool ini memberi informasi mengenai total munculnya blog di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression). Tidak hanya itu, ada juga informasi berapa kali blog kita diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate).


Nah, kalau kita bisa tau data tersebut, kita bisa menemukan mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO blog kita.


2 Identifikasi Halaman Populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console dapat membantu mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung.


Nah, kita bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).


3 Mengetahui Asal Pengunjung

Ajaibnya lagi, Google Search Console juga memungkinkan kita untuk mengidentifikasi dari mana asal pengunjung web atua blog kita.


Dengan fitur ini, kita akan dapat memahami demografi prospek pelanggan, sehingga bisa menjangkau target audiens yang tepat.


4 Identifikasi Perangkat yang Digunakan Pengunjung

Nah, selanjutnya, selain mendapatkan informasi lokasi, kita juga bisa lho mengetahui perangkat apa yang digunakan para pengunjung blog kita. Google Search Console akan memberikan data pengunjung kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.


5 Mengetahui Backlink ke Blog Kita

Backlink bisa menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Kalau kalian sudah belajar dan familiar dengan dunia SEO, fitur ini cukup penting untuk diketahui, yaitu Links to Your Site.


Fitur tersebut akan membantu untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website kita. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.


6 Memeriksa Broken Link

Selanjutnya, selain bisa identifikasi backlink, kita juga bisa memeriksa broken link atau link yang rusak. Inspeksi broken link penting dilakukan untuk bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website kita.


Nah, dari situ, kita bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak. Sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.


7 Submit Sitemap


Terakhir, kita juga bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap ini berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website kita. Sehingga Google bisa mengidentifikasi website kita dengan lebih cepat.


Jadi, kalau sudah mengetahui ketujuh manfaat tersebut, masih ragu untuk pasang GSC? Atau mulai penasaran, bagaimana cara menambahkan website kita ke Google Search Console? Yuk, kita bahas bersama.


Bagaimana Cara Menambahkan Website ke Google Search Console?

Yeay, kalau sudah mengetahui apa itu Google Search Console dan juga manfaatnya, sudah pasti akan penasaran bagaimana cara menambahkan dalam website kita. Berikut ini 7 langkah menambahkan website ke Google Search Console.


Siapkan Akun Google Search Console

Langkah 1: Tambahkan Properti

Pertama, kita harus login ke akun Gmail. Kemudian masuk ke halaman situs GSC. Setelah itu, buka halaman GSC, klik 'Add Property' di sisi kiri. Properti adalah sebutan untuk situs web yang kita punya.


Langkah 2: Pilih Properti

Jika memilih opsi 'Domain', kita hanya perlu menambahkan nama domain saja, tanpa disertai awalan www atau subdomain tersebut. Opsi ini bisa melihat semua yang terhubung ke domain tersebut.


Jika memilih opsi 'URL', kita harus menambahkan URL dengan benar dan tepat, begitu juga dengan penggunaan 'https' (jika memiliki situs web https dan dengan atau tanpa www).


Langkah 3: Verifikasi Properti

Langkah selanjutnya yaitu melakukan verifikasi sebagai bukti bahwa kita memang pemilik dari situs tersebut. Jika menggunakan situs berbasis WordPress, biasanya akan ada bagian panel admin tempat dapat menyalin kode dan melanjutkan ke langkah berikutnya.


Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang kita inginkan.


Langkah 4: Submit Sitemap

Langkah terakhir dari proses ini adalah melakukan submit sitemap. Kita perlu masuk ke tab Sitemap > Add a new sitemap. Secara otomatis, Google akan melakukan proses crawl terhadap situs website kita yang sudah terdaftar di properti.


Baik, itulah tadi langkah menambahkan Google Search Console untuk website atau blog kita. Sekarang, kita sudah bisa mendapatkan ketujuh manfaatnya. Jadi, mudah bukan? Selanjutnya, tinggal kita pelajari saja semua fiturnya secara maksimal.


Kesimpulan, Manfaat Google Search Console Bagi Blog

Jadi, GSC adalah alat yang berguna untuk memantau trafik situs web kita. Alat ini terbukti membantu mengoptimalkan peringkat situs di halaman pencarian. Berbagai keputusan teknis juga bisa dibuat berdasarkan informasi yang diberikan oleh Google Search Console.


Alat bantu para blogger yang bisa diandalkan lainnya seperti Google Analytics dan Google Ads. Secara keseluruhan, Google Search Console dapat memberi insight yang luar biasa tentang performa blog kita.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.