Patah Hati Jadi Alasan Kenapa Ngeblog, Simak Fakta Lainnya!

Bahagianya kalau mempunyai wadah untuk menuangkan semua isi hati dan pikiran. Kini, yang jadi alasanku semakin rajin ngeblog adalah, kegiatan ini menjadi salah satu obat patah hatiku karena tidak bisa kembali lagi bekerja kantoran.


Menulis menjadi hal yang paling aku gemari sejak kecil. Menuangkan segala hal yang tidak bisa aku ceritakan pada orang lain. Ternyata, menulis juga menjadi obat ampuh buatku saat patah hati.


Kini, aku tidak menyangka, jika menulis yang aku gemari, dapat mendatangkan banyak manfaat dalam hidupku. Apalagi dengan menulis di media blog ini, aku bisa belajar banyak hal.


alasan kenapa ngeblog


Awal Mula Ngeblog

Kenapa harus Ngeblog? Pada awalnya, ngeblog menjadi kegiatanku untuk sekedar menceritakan apa yang aku rasakan dan aku alami saat itu. Kegiatan semacam ini cukup menjadi terapi positif bagiku si introvert.


Sejak awal 2010, aku mengenal platform blog untuk menulis. Saat itu, aku masih duduk di bangku kuliah. Pengalaman pertama kali merantau jauh dari orang tua. Semua masalah yang hadir, harus aku coba lewati sendiri.


Semuanya jadi hal baru buatku. Pada saat itu juga, aku belum punya teman curhat untuk berbagi cerita setiap saat. Akhirnya, menemukan platform blog ini, dan rasanya aku bahagia sekali seperti mendapatkan teman baru.


Sejak saat itulah, aku semakin rajin menulis di blog. Menulis apa saja dengan bebas. Sampai akhirnya di awal tahun 2020, aku mulai bergabung ke komunitas blogger. Menyenangkan sekali menemukan banyak teman yang mempunyai kegemaran sama.


Kesenangan ini semakin berlanjut, beberapa komunitas blogger sudah aku ikuti. Belajar banyak hal secara cuma-cuma dari para ahlinya di semua komunitas. Tentu saja tidak hanya ilmu yang aku dapatkan dari bergabung dengan komunitas blogger.


Jalinan pertemanan yang semakin lama terasa semakin keluarga. Padahal kami belum pernah bertemu raga. Saling sharing semua masalah ngeblog dan belajar bersama, membuat kami bisa bersaing secara sehat.


Pada awal Pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, aku harus merasakan patah hati karena kehilangan kesempatan untuk balik lagi bekerja kantoran. Kemudian, ngeblog lah yang menjadi obatnya. Kini, ngeblog sudah menjadi pekerjaan untukku, yang mulanya hanya sebagai media curhat.


Alasan Kenapa Ngeblog dan Fakta Menariknya

Kini yang aku rasakan, blogging ternyata bisa sangat berharga. Merasakan sendiri manfaat dari blog untuk pribadi, sampai menghasilkan uang sendiri atau berbisnis dari blogging.


Bahkan, ngeblog terus menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Bukan lagi hanya buku harian online sederhana. Namun bisa menjadi tiket untuk menuju karir yang memuaskan, peluang luar biasa dan pengembangan diri.


Awal tahun lalu, aku juga sudah menuliskan alasan kenapa ngeblog ala ibu rumah tangga. Kini aku ingin kembali membahas, alasan kenapa aku ngeblog agar mengingat kembali tujuanku ngeblog.

fakta menarik ngeblog


Dengan tahu alasan kita melakukan sesuatu, itu membuat kita tidak cepat menyerah jika menemukan masalah. Karena memang suka, jadi sesulit apapun yang dihadapi akan tetap diusahakan. Berikut 5 fakta menarik yang aku dapatkan dari alasanku kenapa ngeblog.


Skill Meningkat

Hal yang pertama yang akan kita dapatkan dengan ngeblog tentu saja akan menambah skill. Ternyata tidak hanya skill tentang menulis saja. Namun juga organisasi, skill coding, statistik, analitik, dan lainnya.


Pengalaman dan banyak berlatih adalah kunci dari sebuah hasil yang bagus, termasuk dalam ngeblog. Jika dulu masih sering kesulitan menentukan tema atau bahan apa yang akan ditulis, dengan membuat blog plan, kini sudah tidak sulit lagi.


Menjadi Hiburan

Dari dulu, aku merasa lebih leluasa untuk menuangkan segala perasaan dan pikiran dalam bentuk kata. Ini membuat hidupku jadi lebih nyaman. Termasuk saat sedang merasakan patah hati. Dengan sibuk ngeblog, rasanya bisa menjadi hiburan.


Jadi Obat Patah Hati

Terkahir kali hal yang membuatku semakin rajin dan semangat ngeblog adalah rasa patah hatiku. Kecewa karena kenyataannya aku belum bisa kembali lagi bekerja kantoran, membuatku akhirnya melampiasakan dengan 'berkarir' di blog ini.


Bersyukurnya, jika memang ditekuni dan dijalani dengan senang, mendatangkan banyak hal yang diimpikan. Meski bisa sampai pada titik ini tetap membutuhkan perjuangan pastinya. Namun paling tidak sudah merasakan manfaatnya.


Menghasilkan Uang

Ini mungkin salah satu alasan menarik mengapa banyak orang memutuskan untuk ngeblog. Termasuk jadi fakta menarik yang aku temukan setelah aku memilih kenapa ngeblog.


Dulu, sering mendengar jika hanya dengan menulis di sebuah platform blog, kita bisa mendapatkan penghasilan. Ternyata aku baru merasakannya dua tahun kurang belakangan ini. Menyenang bisa mengerjakan apa yang kita suka sekaligus menghasilkan uang karenanya.


Kita bisa monetisasi blog, yang bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan di zaman sekarang. Mulai dari iklan, berbagi tautan, posting sponsor, endorsement produk/ jasa, lomba blog dan lainnya. Tentu saja ini butuh bekerja keras dan fokus.


Menambah Relasi

Dengan menggunakan dan berkecimpung di dalam dunia blog, maka kita akan mengenal banyak orang baru. Mulai dari pengunjung setia atau dengan teman blog di komunitas.


Relasi yang dibangun juga tidak hanya datang dari dalam negeri sendiri saja lho. Kita bisa juga mendapatkan teman dan pengunjung dari luar negeri. Seru ya!


Kesimpulan - Kenapa Ngeblog?

Mencari orang lain yang memiliki satu minat dengan kita, memang bukan hal yang mudah. Dengan blog, kita bisa membuka ruang diskusi dan juga forum untuk berkumpul dengan orang di luaran sana yang memiliki hobi, minat dan pikiran yang sama dengan kita.


Jadi, alasan kenapa ngeblog memang harus kita cari tahu. Agar nantinya tetap menjadi pemacu kita untuk terus berkembang dalam dunia blog. Jika alasanku kini sebagai obat patah hati, maka aku akan membuat blog menjadi kegiatan yang positif.


Tidak ragu lagi untuk ngeblog, dan merasakan banyak manfaatnya, serta fakta menarik yang ternyata bisa diperoleh dari ngeblog. Jika sudah menemukan alasan kenapa ngeblog, kini saatnya untuk terus mengoptimasi blog agar makin berkembang.

2 komentar:

  1. bener banget mbak, semuanya juga saya rasakan. Saya mulai ngeblog sejak tahun 2010 pas zaman SMA dapat tugas TIK dari guru, hingga berlanjut sampai sekarang.

    Skill meningkat : jadi bisa nulis, edit gambar, fotografi, SEO, bahkan sampai coding.
    Menjadi hiburan dan pengobat hati : kalau saya sebagai sarana meditasi dan distraksi. Kalo lagi stress, saya memilih untuk ngeblog buat mengurangi itu semua.

    Menghasilkan uang : ini bener banget sih, sampai dapat uang hasil kerjasama dengan banyak brand dan google adsense.

    terakhir ini relasi, jadi banyak kenal sama temen blogger, kalau berkunjung ke suatu kota bisa tuh meet up atas azas sesama blogger, bahkan karena blogger saya sampai dapat kerja di start up, hihi

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak, aku juga merasakan sih wlpn jujur aja aku udah dpt semua ilmu perbloggingan waktu kuliah karna aku jurusan IT, tp jaman dulu aku ngeblog cuma sebatas buat ngerjain tugas aja, dan aku mulai rajin ngeblog 4 tahun setelahnya malah dan aku udah lupa semua ilmunya hahha.

    Dan emang bener kalau relasi jadi nambah, dan dpt pundi2 uang juga hihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.