Kelas Gratis BRT, Tempat Ajaib Belajar Rahasia Ngeblog!

Kesempatan kali ini, aku sedang mulai belajar nge-blog lagi di kelas gratis BRT. Belajar memang tidak ada habisnya. Apa lagi untuk mempelajari hal baru. Tidak juga memandang usia. Kuncinya, mau atau tidak untuk terus belajar.


Pada dasarnya, aku memang suka menulis, menulis apa saja. Sampai akhirnya menemukan platform blog ini. Hingga ikut bergabung dengan berbagai komunitas blog. Banyak ilmu dan kesempatan yang aku peroleh dari teman-teman baru di komunitas.


Meski terlihat menyenangkan, namun ternyata, menulis di platform blog ini tidak hanya sekedar menulis seperti dalam buku diary. Semua ada aturannya. Siapa yang sesuai dengan aturan-aturan tersebut, ya dialah yang akan mendapatkan banyak pembaca.


Belajar Ngeblog Lagi

Blog catatanatiqoh ini sudah ada sejak awal aku duduk di bangku kuliah, sekitar akhir tahun 2009. Pada awalnya hanya berisi tulisan tugas kuliah, kemudian berisi catatan pengalaman hidup merantau sebagai anak kuliahan, kisah cinta yang penuh kegalauan, hehe.. 


Sempat tumbuh rasa malas untuk kembali nulis di blog saat awal-awal kerja di kantoran. Hampir satu tahun tidak ada lagi tulisan. Sampai mulai sering pergi kesana-kemari, jajan ini itu, itu membuatku kembali membagikan cerita tersebut ke dalam blog.


belajar blog di kelas BRT

Tapi, baru di awal 2020 lah aku memberanikan diri membeli domain untuk catatanatiqoh. Semenjak itu, aku rajin menulis di blog. Materi dan ilmu yang aku dapat dari berbagai komunitas blog yang kuikuti, terus aku terapkan. Namun, rasanya masih saja kurang puas.


Kini, saatnya aku belajar lagi. Mendapatkan kesempatan belajar di kelas gratis BRT ini tidak akan aku sia-siakan. Tempat ajaib untuk belajar rahasia nge-blog! Beruntung sekali bisa ikut tergabung di kelas ini dan mendapatkan ilmu serta bimbingan dari para master secara cuma-cuma.


Belajar SEO, Demi Blog yang Berkualitas

Pertama kali mengenal SEO saat ikut sebuah challenge dari salah satu komunitas blogger. Mereka memberikan tantangan untuk membuat suatu artikel dalam blog yang mengutamakan kaidah SEO. Agar tulisan bisa masuk ke halaman muda Google.


Saat itu juga aku terpaksa mulai berkenalan dengan angka DA, PA, Alexa Rank, dan teman-temannya yang lain. Yang ternyata, angka tersebut juga yang membuat blog kita punya 'nilai jual'. Karena sebagian job untuk blog, menggunakan persyaratan tersebut.


Sejak saat itu, aku menjadi semakin tertarik dengan dunia blog. Ternyata, menulis tidak hanya tinggal menulis, inilah aturan-aturan yang harus aku pelajari. Paling tidak agar performa blog-ku lebih baik dan bermanfaat untuk banyak orang.


Dunia blog ini, tidak hanya membuatku belajar menulis, namun juga belajar bertanggung jawab, tepat waktu, dan tentunya menghargai semua tulisan yang dihasilkan. Tidak hanya sekedar tulisan-tulisan yang berisi keluh kesah, seperti jaman dulu, hihi..


Apalagi kini, dunia digital semakin maju dan sudah menjangkau luas semua kalangan. Kehadiran blogger semakin dipandang oleh banyak kepentingan. Mulai dari campaign brand, edukasi, influence, dan banyak lagi manfaat yang bisa dilakukan dari ngeblog ini.


Blogger-blogger baru juga terus bermunculan dari berbagai latar belakang ilmu, profesi dan juga keahlian. Oleh karenanya, aku harus terus belajar, meng-upgrade ilmu agar terus berkembang dan bermanfaat.


Apa itu SEO?

SEO merupakan sebuah teknik, menempatkan postingan blog kita di halaman muda Google. Gambarannya, saat sebuah keyword dituliskan di mesin pencari, tentunya website yang paling banyak mendapat pengunjung, yang berada di halaman 1-3 Google bukan?


Dengan semakin banyak postingan yang masuk ke halaman muda Google, tentunya viewers blog juga semakin meningkat. Siapa yang tidak mau kalau blog dan tulisannya banyak yang yang mengunjungi dan membaca? :).


Nah, tinggal bagaimana caranya? Itu yang seharusnya terus dipelajari oleh para blogger. Aku salah satunya yang masih semangat belajar untuk mendapatkan halaman muda di laman Google. Dengan ikut kelas dan komunitas kesana kemari.


Seberapa Pentingnya SEO?

Ilmu SEO menjadi seharusnya menjadi hal yang penting untuk dikuasai para blogger. Tidak hanya supaya mendapatkan banyak views blog, tetapi agar tulisan yang sudah kita buat, sampai dengan tepat kepada para pembaca yang membutuhkan informasi.


Meski ternyata bagiku, belajar SEO tidak cukup jika hanya satu hari saja, namun manfaatnya luar biasa. Jadi, mengingat manfaatnya yang baik untuk performa blog, aku harus rajin untuk terus belajar mengenai SEO ini.


Belajar SEO ini terus membuatku penasaran, tidak ada puasnya, karena terus ada ilmu-ilmu baru saat bertemu dengan para blogger yang sudah malang melintang di dunia blogger bertahun-tahun.


Hingga akhirnya bulan Desember ini, aku mendapatkan kesempatan untuk belajar SEO lagi lebih serius. Anggap saja ini menjadi liburan akhir tahun, hihi..


Tempat Ajaib Belajar Rahasia Ngeblog, di Kelas Gratis BRT

Kalau aku kutip dari laman websitenya BRT Network, Komunitas ini adalah arena bermain dan belajar para blogger yang berdiri pada tahun 2019.


Berawal dari grup Blogger Ruang Tunggu, mereka sepakat untuk membentuk wadah agar bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama.


Nah, dalam laman website BRT Network, juga menyediakan wadah posting dan publish untuk semua membernya dan memberikan benefit mendapatkan backlink cuma-cuma dari BRT Network. Ada yang sudah bergabung disana? 


Kemudian, tentang kelas ngeblog di BRT, aku sudah lama mendengar kelas ini dari beberapa kawan blogger. Mereka selalu menceritakan hal-hal ajaib yang bisa dipelajari, hingga hasilnya, mendapatkan performa blog yang ajaib pula.


Hal itu cukup membuatku penasaran. Meski awalnya takut juga, karena kelas ini menggunakan sistem 'gugur', hmm..


Sampai di pertengahan bulan lalu, aku mendapatkan link pendaftaran kelas ini dari salah satu komunitas blog, dan sempat ragu untuk mengikuti, apalagi di bulan Desember rasanya ingin sekali bersantai di akhir tahun, namun aku masih haus ilmu ngeblog.


Akhirnya, aku berhasil diberi kesempatan bergabung mengikuti kelas gratis BRT ini, semoga bisa bertahan sampai akhir, amin.


Ada Apa di Kelas Gratis BRT?

Kelas ini, kelas online yang berlangsung di group WA. Sudah seminggu bergabung, aku mendapatkan banyak ilmu secara cuma-cuma di sini. Mengapa aku katakan ajaib? Karena peraturan disini berbeda dari di tempat lain aku pernah belajar ngeblog.


BRT merupakan salah satu komunitas para blogger, "Blog Ruang Tunggu". BRT Network sudah sering membuka kelas untuk belajar ngeblog. Termasuk kelas gratis ini, yang sudah kesekian kalinya dibuka.


Meski gratis, ilmu yang diberikan benar-benar ajaib! Semua mentor disini turun tangan membereskan satu persatu permasalahan yang diderita para peserta. Ajaibnya lagi, semua permasalahan dijamin tuntas!


Dalam kelas kali ini, ada 6 mentor yang luar biasa dan semuanya membimbing kami dengan sabar dan semangat. Kelas yang meski dibuka secara online ini, berjalan sangat efektif.


Untuk pemberian materi, ada yang dilakukan via online meeting, dan diskusi yang hampir non-stop via chat WA. Para mentor yang luar biasa ini, mereka adalah Kak Pe-we, Mas Priyo, Bang Zen, Kak Monika, Mbak Marita, dan Mbak Gemaulani.


Hormat untuk mereka semua, jujur aku berkesan dengan keenamnya. Semuanya profesional, meski gratis, persiapannya benar-benar matang. Mereka yang mau meluangkan waktu membagikan ilmunya untuk semua peserta.


Mendampingi kami sampai tuntas semua masalah. Dengan catatan, kami juga wajib semangat berusaha. Semuanya berkontribusi maksimal, sesuai dengan concern-nya.


Semangat mereka membuatku juga makin semangat untuk terus belajar. Salut, mereka yang ilmunya sudah tinggi saja masih terus belajar, aku pun harus terus semangat!


Belum ada seminggu, sudah ada 3 materi yang diberikan. Mengenai SEO Inspector, Parameter SEO Onpage, Google Search Console dan Google Analytics. Semuanya meski sudah mengenalnya secara umum, namun di kelas gratis BRT ini dikupas secara lebih rinci.


Peserta pun bisa bertanya sepuasnya sampai benar-benar paham. Ditambah lagi, kami diwajibkan untuk praktik langsung dengan permasalahan yang muncul di blog kami. Jujur saja, ini membuatku lebih paham lagi.


Suka Duka Mengikuti Kelas Gratis BRT

Kelas ini akan berlangsung selama 2 minggu dengan jadwal yang sangat padat. Hanya saja, ada sistem eliminasi peserta jika peserta tidak menyelesaikan tugas dan tidak aktif selama kelas berlangsung. Dan masuk tugas ke-3 ini, kami dibagi menjadi berkelompok.


Tanggung jawab kami sekarang adalah satu kelompok. Jika salah satu dari kami ada yang gagal, maka kami semua menanggung untuk dieliminasi bersama. Baiklah, mari kita berjuang bersama sampai penghabisan. Yuk bisa yuk! 


cerita di kelas gratis BRT


Belum genap seminggu mengikuti kelas ini, aku suka dengan kedisiplinannya. Konsep bertanggung jawab dan kemandirian juga ditanamkan secara tidak langsung. Melalui tugas-tugas yang diberikan, mau tidak mau, kami harus kenal blog kami sendiri.


Baru kali ini, aku akhirnya 'terpaksa' untuk mau mengenali semua bagian dari blog-ku. Apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah ini dan itu. Diskusi dengan semua peserta selama kelas, benar-benar menambah ilmu, rasanya semua chat mau di'bintangi'.


Semua chat diskusi di group rasanya tidak ingin terlewat dibaca satu pun. Meski tidak bisa mengikuti secara terus menerus, sesekali memantau, chat sudah sampai ratusan. Dan ajaibnya, semua itu ilmu yang 'daging'. Ajaibkan? Penasaran ya kalian?


Lalu, apa ada dukanya? Tentu saja. Dukanya adalah aku tidak bisa mengikuti setiap percakapan setiap saat. So, membuat chat numpuk, dan harus meluangkan waktu khusus untuk membacanya satu persatu, dan memahaminya, karena semua chat adalah ilmu.


Memanglah, belajar juga perlu perjuangan. Justru yang begini, yang akan lebih lama melekat, karena benar-benar dipahami. Semoga terus bisa dipraktikkan semua ilmunya selama terjun di dunia blog ini.


Kata Kawan Tentang Kelas Gratis BRT

Nah, meski kami baru bergabung dalam satu kelompok ini, beberapa sudah aku kenal dari komunitas blogger lain. Kami belajar bersama lagi dan saling membantu semua tugas kawan kelompok, demi agar kami tidak terdampak eliminasi.


Kalau diatas tadi adalah cerita suka duka ku mengikuti kelas gratis BRT ini, kini dua kawan blogger ku yang akan memberikan ceritanya.


testimoni kelas brt network


Dari Kak Maftuha, perempuan asal Kota Cirebon ini adalah pemilik blog ruangkisah. Perempuan pecinta warna biru ini, memberikan nuansa biru di tampilan blognya. Melalui ruangkisah, menjadi ruang isnpirasi untuk berbagi segala hal yang terjadi.


Kak Maftuha juga untuk pertama kalinya mengikuti kelas ini. Aku sudah mengenal namanya di salah satu komunitas blogger lainnya. Meski belum pernah bertemu secara langsung, semoga nantinya ada waktu yang mempertemukan kami.


Dia membagikan kesannya berikut untuk kelas gratis BRT ini.


Kelas yang benar-benar membuat saya spot jantung. Saya selalu membayangkan muka-mula serius para coach-nya. Meski demikian saya suka dengan ketegasan para coach-nya. Membuat diri jadi ikut benar-benar serius. Di luaran untuk belajar SEO kayaknya harus merogoh kantong yang lumayan buat jajan cilok, hehe. Nah, ini kelasnya gratisss... para coach-nya gercep ngebantuin tapi bukan 'nyuapin' melainkan ngajak lari bareng. Pokoknya kelas BRT keceh memacu adrenalin 😂


Nah kan, bukan aku saja yang merasa kelas ini luar biasa. Kawanku pun mempunyai kesan demikian. Semua coachnya memang luar biasa. Memberikan dengan cuma-cuma, tapi tidak memanjakan kami, melainkan mengajak kami berlari bersama agar bisa!


Satu lagi ya dari kawanku, Saepullah. Dia adalah pemilik sasyazawafa.com. Baru pertama kali juga mengikuti kelas ini. Aku pun baru mengenalnya di kelas ini. Lelaki ini memberikan kesannya, yang kurang lebih sama dengan aku dan kak Maftuha.


Kelas ini memberikan effort yang berarti bagi blogger termasuk saya. Melatih kemandirian dalam mengurus blog supaya bisa bermanfaat lebih banyak ke khalayak, juga sang blogger bisa mendapatkan cuan dari banyaknya viewers di blog-nya tersebut. Overall kelas ini meski gratis namun bukan kelas layaknya gratisan, lebih dari itu!


Nah, itulah kesan dari kami, salah tiga peserta yang mengikuti kelas gratis BRT. Semoga ilmu yang kami dapatkan juga dapat kami bagikan. Luar biasa!


Kesimpulan : Kelas Gratis BRT Memang Ajaib

Bagaimana? Ceritaku diatas membuat kalian penasaran kan? Pengalaman pertamaku ikut kelas belajar yang seru. Benar saja, belajar tidak mengenal usia. Selamanya bisa kita lakukan, kalau kita mau ya. Dan, tidak ada kata terlambat.


Senang sekali bisa diberikan kesempatan tergabung disini. Mentalku ini memang harus sering-sering diuji begini. Semoga semua peserta bisa lolos sampai tahap akhir di kelas gratis BRT ini. Terima kasih semua mentor dan kawan-kawan.

49 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa ikut kelas gratis dari BRT Network ini. Kesempatan emas yang tak boleh dosia-siakan. Semoga lulus sampai selesai, ya

    BalasHapus
  2. Kakaaak, saya pengen ikutan gimana caranya? Saya masih nyubi soal seo ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ada form pendaftaran yang dibagi kak, akupun kemarin dapat dari salah satu komunitas blogger, nanti kalau ada lagi aku info ke kak pipit ya :)

      Hapus
  3. wah ada kelas semacam ini ya mbak? menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. betul menarik banget nih jadi semangat ngeblog terus :)

      Hapus
  4. Luar biasa semangatnya, saya udah 3 tahunan serius ngeblog, belom pernah ikut kelas-kelasan, belum sanggup mengikuti waktunya soalnya :D
    Jadi saya biasanya belajar SEO dari bermodalkan googling ketika waktunya saya tentukan sendiri.
    Semoga nanti bisa ikutan juga :)

    BalasHapus
  5. aku kemarin terpilih tapi pas abis keguguran enggak cek email, telat deh gabung.

    BalasHapus
  6. Luar biasa sekali kelasnya ya mbak... Beruntung banget bisa ikut kelas BRT ini, aku kemarin mundur Krn belum bisa mengatur waktu, semoga lain waktu bisa ikutan kelasnya.. eheheh

    BalasHapus
  7. Wah pasti asik kalao ada kelas yang pas dengan kita ya Kak. Semoga semakin sukses yaaa

    BalasHapus
  8. Semangat belajar ya mbak. Sistem eliminasi bikin serius nih. Alhamdulillah gratis trus dapat banyak ilmu.

    BalasHapus
  9. Bener, ngeblog itu bukan hanya ttg nulis tapi juga ada ilmu2 lainnya yg harus dikombinasikan sama kemampuan nulis. Yah jadi bloger ternytaa tidak sesederhana itu kan. Hihi

    BalasHapus
  10. Penasaran banget aku. Pengen juga loh ikutan kelasnya. Semoga ntr bisa ikutan juga update ilmu di BRT

    BalasHapus
  11. Mantap memang kelasnya, sebenarnya aku sempat mau ikut kelas yang emang udah kutunggu lama karena sering tidak lolosnya waktu itu. Tapi dengan berat hati, kali ini aku lewatkan mengikuti kelas SEO dari BRT Network ini karena berbarengan dengan kelas lain dan emang sedang butuh banyak quality time dengan anak karena sekarang LDM..hiks..

    Gak rugi ikutan BRT pokoknya, semangat sampai lulus ya mbaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa.. iya mbak beruntung banget nih, amin semoga bisa sampai lulus :)

      Hapus
  12. Minat mbak, skrg mau coba fokus ngeblog setelah off berapa tahun lalu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk semangat yuk.. nanti kalau ada info lagi aku bagi ya :)

      Hapus
  13. Kemarin diceritain temen jadi pengen gabung di BRT deh

    BalasHapus
  14. Seru banget nih Tiq kelasnya, mau infonya dong kalau ada bukaan kelasnya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget Ki, gak nyesel deh, nanti aku info ya kalau ada lagi :)

      Hapus
  15. Kereeenn, semoga lulus sampai tahap akhir kelas ya mba atiq dan kelompoknyaaa... semangatttt

    BalasHapus
  16. Seneng deh kalo nemu komunitas buat membangun blog gini. Jadi makin semangat ngeblog, baremg bloger-bloger yang lain. Sukses mbak Atiq!

    BalasHapus
  17. Serem juga ya, 1 temen gagal sekelompok ikutan gagal. Tapi jadi lebih bertanggung jawab gitu ya.

    Aku juga harus belajar lagi ni masalah SEO. Udah lama banget gak nulis lagi 🤭🤭

    BalasHapus
  18. Kemarin sempat mau ikutan tapi takut nggak bisa fokus. Ternyata materinya lengkap ya, Mbak. Trus pematerinya emang keren-keren. Semoga tahun depan ada kelas lagi, nih.

    BalasHapus
  19. Keren nih belajar SEO. Blognya makin kece deh nanti.

    BalasHapus
  20. Masya Allah. Semakin semangat nih ngeblognya, Mbak ��

    BalasHapus
  21. Seru sekali ini kelasnya BRT. Daging semua isinya. Aku bisa berasap nih kalo ikutan karena punya banyak dosa (kesalahan) dlm penulisan blogku hihi.. Jadi pengen kenalan sama BRT

    BalasHapus
  22. Baca dari blog mbak aja udah kebayang seru banget ya belajarnya.. Akupun masih perlu banget belajar tentang dunia per-blog-an nih.. Aku tunggu sharing selanjutnya ya mbak..

    BalasHapus
  23. Banyak insight yang didapat pastinya yaa Mbak. Aku jadi ingat awal belajar SEO, mumet wkwk tapi Alhamdulillah as time goes by mulai paham, tinggal praktiknya dibanyakin.

    BalasHapus
  24. Keren mbak Atiq selalu haus akan ilmu nih. Semoga sukses dengan ngeblognya ya mba. Dan belajar SEO seperti tak ada habisnya ya mbak

    BalasHapus
  25. Aku juga suka mba atiq sama kedisiplinan dan ketelitiannya. Dari kelas brt juga aku bljr bnyk nggak cuma seo aja, tp juga jadi blogger pro. Masih bljr dan emang harus tetap haus ilmu ya

    BalasHapus
  26. Asli bener banget mbak, aku buka grup BRT tuh bener-bener pas lagi luang karena 'daging' banget ilmunya

    BalasHapus
  27. Oh ada mba Marita juga ya ternyata. Ajaib emang ya

    BalasHapus
  28. Sama banget aku kalau ngikut kelas itu biasanya nungguin chatnya full, trus nyediain waktu khusus buat baca sambil ngebintangin. Soalnya terkadang kalau baca sekilas malah kelewat hehe

    BalasHapus
  29. Iya yaa SEO itu emang penting buat para blogger. Bagus banget sih ada kelas gratis kayak gini, ilmunya bisa menjangkau para blogger lebih luas lagi.

    BalasHapus
  30. Kelas yang keren. Walopun heboh dan bikin repot, tapi pastinya worth it ya ke blog kita. Aku ngeriiii dengan kelas ini. Kayaknya aku gak sanggup kalo ikutan. Huhu, aku lemah orangnya. Makanya gak maju-maju deh blogku. :D

    BalasHapus
  31. Kelas yang banyak dicari para blogger nih, apalagi belajar SEO, jadi pengen deh kalo ada kelasny lagi, tulisanku harus diperbaiki seo nya nih

    BalasHapus
  32. Membayangkan coachnya kaya juri master chef nggak sih, eh tapi pastinya baik-baik orangnya ya .. Jadi ikutan spot jantung nih membacanya..

    BalasHapus
  33. kelas ajaib yang bikin nagih yaa Mbak, malam-malam aja masih berkutat dengan tugas, macam jaman kuliah dulu hihihh
    semoga setelah ini performa blog jadi lebih baik lagi ya, Aamiin :)

    BalasHapus
  34. Wah bermanfaat sekali ya ilmunya. Semoga bisa ikutan kelasnya juga di lain waktu ��

    BalasHapus
  35. Wah bermanfaat sekali ya ilmunya. Semoga bisa ikutan kelasnya juga di lain waktu

    BalasHapus
  36. Wah keren ya jadi kepo sama materi yg dipelajari di BRT sukses terus ya mbak ngeblognya

    BalasHapus
  37. Wah keren nih ikut kelas ajaib BRT pastinya tutor dan ilmunya ajaib-ajaib juga kah mbak?Jadi kepo saya semangat dan sukses ya mbak

    BalasHapus
  38. Wah keren nih ikut kelas ajaib BRT pastinya tutor dan ilmunya ajaib-ajaib juga kah mbak?Jadi kepo saya semangat dan sukses ya mbak

    BalasHapus
  39. Selamat mbak dari sekian ribu orang yang mendaftar pastinya ya. Kesempatan yang luar biasa BRT emang top. Aku belum pernah ikut kelase mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.