Jenis Kursus yang Menyenangkan untuk Anak di Tahap Golden Age

Masa golden age menjadi kesempatan anak untuk bisa belajar semaksimal mungkin. Apalagi kini semakin banyak pilihan jenis kursus yang bisa diikuti anak, bahkan sejak bayi. Aku yang jadi ibunya saja, rasanya ingin mengikutkan semua jenis kursus untuk anak. Tapi, apakah baik untuk anak?


jenis kursus untuk anak


Ternyata, setelah aku banyak mencari informasi, mengikutkan anak di banyak kursus juga tidak selalu baik, bahkan malah hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, bagaimana memilihkan jenis kursus yang menyenangkan untuk anak?


Tips Memilih Jenis Kursus untuk Anak

Sebagai ibu, tentu saja ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Bahkan demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, kita rela melakukan berbagai cara agar Si Kecil sehat, kreatif, dan tentu saja cerdas.


Nah, salah satu cara tepat untuk meningkatkan kecerdasan atau kemampuan anak adalah dengan mengikuti kursus atau les tambahan. Sayangnya hal ini masih menuai pro dan kontra. Alasannya, takut menambah beban anak, jadi mereka kurang waktu bermain dan istirahat. Namun, disatu sisi, baik juga untuk menambah ketrampilan dan kecerdasan Si Kecil.

memilih jenis kursus anak


Oleh karena itu, kita sebagai orang tua juga perlu selektif untuk memilihkan jenis kursus untuk anak. Berikut ini tips memilihnya, berdasarkan dari informasi di banyak laman yang aku rangkum.


1. Memilih Kursus Sesuai Minat Anak

Memilih jenis kursus sesuai minat anak menjadi satu hal wajib yang harus orang tua ingat. Dikarenakan yang akan mengikuti kursus adalah Si Kecil, jadi orang tua perlu menyesuaikan dengan minat dan kesukaan mereka.


Tentu saja, agar mereka merasa tidak mendapatkan beban tambahan, justru akan menyenangkan. Kita bisa mulai dengan melakukan pengamatan yang baik pada keseharian Si Kecil, agar bisa memahami minatnya.


2. Memilih Waktu Kursus yang Tepat

Meski bisa menstimulasi kecerdasan otak dan juga motorik anak, namun jika memberikan kursus di jam yang tidak tepat, bukan tidak mungkin anak malah jadi rewel ya?


Kita bisa memilihkan jenis kursus yang menyenangkan untuk anak, dengan waktu yang tepat. Pastinya, yang sesuai dengan jadwal anak, mulai dari jadwal tidur, makan, kegiatan belajar lain, bahkan jadwal bermainnya.


Sebisa mungkin, tidak memilih waktu kursus di malam hari. Si Kecil juga perlu merasa rileks dan merasakan kebersamaan dengan seluruh anggota keluarga di malam hari sebelum mereka tidur.


Selain itu, pertimbangkan juga untuk mengikutkan Si Kecil kursus di weekend. Memang, waktu weekend lebih leluasa, baik untuk orang tua dan si kecil. Namun, waktu weekend juga bisa jadi kesempatan yang baik untuk keluarga berkumpul dan anak bebas bermain.


3. Sesuaikan dengan Usia Anak

Di masa golden age anak, kursus bisa menjadi bagian dari stimulasi anak yang sangat baik. Oleh karena itu, kita wajib tahu kebutuhan belajar anak yang sesuai juga dengan usianya. Jika memang belum cocok untuk usianya, sebaiknya orang tua juga bisa menerima.


Tidak perlu mengikutsertakan anak untuk kursus jika Si Kecil belum terlihat tertarik dengan hal tersebut. Namun, beruntungnya kini sudah banyak pilihan jenis kursus yang menyenangkan untuk anak di tahapan golden age.


Jadi, dengan mengikuti kursus yang disukainya, Si Kecil dapat bertumbuh kembang secara lebih optimal. Mereka memiliki kesempatan untuk belajar hal-hal yang diminatinya serta bertemu dengan teman-teman baru.


Ruangguru for Kids, Salah Satu Jenis Kursus yang Menyenangkan untuk Anak

Kini sudah banyak tersedia kursus untuk anak. Mudahnya lagi, semua bisa dilakukan secara online. Tentu saja hal ini lebih menghemat waktu Si Kecil, dan lebih fleksibel ya.


Ruangguru kini menghadirkan Ruangguru for Kids untuk mendampingi anak-anak belajar menyenangkan di tahap golden age. Kenapa di Ruangguru for Kids? Alasannya,


  • banyak pilihan jenis kursus yang tersedia
  • cara pembelajaran yang fleksibel dan interaktif
  • dengan guru dan pengajar yang berpengalaman
  • waktu belajar sesuai dengan kompetensi pembelajaran
  • harganya bersaing


Jenis Kursus Ruangguru for Kids Online

Kursus Ruangguru for Kids online ini diperuntukkan buat anak pada tahap golden age yang berusia 3-6 tahun. Kita bisa memilih jenis kursus sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu, agar tidak salah pilih, orang tua juga diberikan kelas uji coba secara gratis.


ruangguru for kids


Kita bisa mendukung anak untuk mengasah kemampuan konsentrasinya dan meningkatkan kemampuan kognitif dengan metode literasi yang seru di Kursus Ruangguru. Lalu, apa saja jenis-jenis kursus di Ruangguru for Kids? Ada 3 pilihan kelas yang dapat diikuti Si Kecil, sesuai dengan usia dan kebutuhannya. 


1. Kursus Calistung

Kursus Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) di Ruangguru for Kids menerapkan prinsip belajar yang nyaman dengan metode literasi. Dengan harga kursus Calistung mulai Rp.1.260.000 mampu memberikan kebutuhan anak yang menyenangkan.


Anak akan diajak belajar Calistung tanpa merasa terbebani, sehingga akan menjadi waktu yang menyenangkan untuk mereka. Selain itu pembelaran diterapkan melalui stimulasi (rangsangan otak) yang disertai dengan contoh-contoh nyata di sekitar anak.


Baca juga : Rahasia Anak Cepat Pandai Menulis


2. Kursus Matematika dan Bahasa Inggris

Dalam memenuhi pemahaman berhitung anak yang menyenangkan, di Ruangguru for Kids juga memberikan jenis kursus matematika dan belajar bahasa inggris anak. Tentunya dengan metode yang lebih menarik.


Pembelajaran berlangsung menggunakan bahasa Indonesia. Dengan tujuan untuk mengembangkan pemikiran kritis dan analitis. Anak-anak akan memahami konsep dasar berhitung, yang didukung dengan metode literasi dan visual yang menarik. Kursus Matematika dan Bahasa Inggris ini bisa diikuti dengan harga mulai dari Rp.1.440.000.


3. Kursus Sains, Matematika dan Bahasa Inggris

Jenis kursus ini bisa diikuti oleh anak mulai dari usia 5 sampai dengan 7 tahun. Mereka akan diberikan pengajaran langsung oleh para guru yang sudah berpengalaman. Pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris dengan program internasional.


Pelajaran diberikan dengan pemahaman konsep melalui latihan secara intensif, yang didukung dengan visual yang menarik. Mereka akan belajar konsep sains, matematika, dan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Harga kursus sains, matematika dan bahasa Inggris ini, mulai dari Rp 1.710.000.


Baca juga: Serunya Belajar Live Teaching


4. Kursus Mengaji

Satu lagi jenis kursus untuk anak yang bisa menjadi pilihan, adalah kursus mengaji. Tidak perlu lagi bingung untuk mengajarkan anak mengaji sejak dini. Kini sudah ada fasilitas terbaik yang menyediakan jenis kursus lengkap.


Biaya kursus mengaji untuk anak di Ruangguru for Kids ini bervariasi. Tergantung pada kategori yang dipilih.


  • untuk satu sesi (uji coba) dengan harga Rp.135.000
  • untuk 4 sd 12 sesi dengan harga Rp.280.000
  • untuk 10 sesi dan gratis 1 jam pembelajaran serta rencana pembelajaran dengan harga Rp.1.050.000.


Kesimpulan, Memilih Jenis Kursus yang Menyenangkan untuk Anak

Kini, para orang tua cukup tertolong dengan banyak pilihan kursus untuk anak. Meski demikian, kita tetap harus pandai memilihkan yang sesuai dengan minat, kebutuhan dan tentunya usia anak. Mereka yang akan menjalankan, jadi jangan sampai justru tahap golden age nya terbebani dengan hal yang tidak mereka suka.


promo kursus ruangguru for kids


Ruangguru sudah hadir dengan fitur terbarunya yang mendukung anak belajar sejak dini. Dengan Ruangguru for Kids, orang tua pastinya lebih terbantu untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Yuk, tunggu apalagi, coba dulu kelas gratisnya, dan dapatkan banyak promo menarik.

2 komentar:

  1. Wow sekarang ruang guru ada kursus mengajinya juga untuk anak-anak keren nih

    BalasHapus
  2. Wah saya baru tahu lho kalau Ruangguru punya kelas kursus juga. Boleh dicoba nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.