Tips Memilih Lembaga Jasa Les Privat yang Tepat Untuk Anak

 Memberikan edukasi terbaik untuk anak tentu saja menjadi hal terpenting setiap orang tua. Biasanya, selain memberikan sekolah pilihan terbaik, orang tua juga memberikan upaya lain untuk meningkatkan kecerdasan anak. Salah satunya melalui les privat.

memilih lembaga privat untuk anak


Les privat akan menjadi pilihan para orang tua untuk membantu meningkatkan pemahaman anak tentang materi akademik. Seberapa efektifkah memberikan les privat pada anak? dan apa keuntungan yang bisa diperoleh bagi anak?


Manfaat Mengikuti Les Privat

Les privat adalah bimbingan belajar selain dari yang diberikan oleh guru di sekolah. Ada banyak manfaat bagi anak yang mengikuti les privat. Apa manfaat mengikuti les privat? Berikut beberapa manfaat bagi anak yang mengikuti les privat.


1. Meningkatkan Kemampuan Akademis Anak

Dengan les privat, anak akan terbantu dalam masalah akademis di sekolah. Selain mendapatkan pelajaran di sekolah, anak juga mendapatkan pelajaran tambahan, yang akan memperkuat pemahaman anak tentang pelajaran sekolah.


2. Waktu Belajar Dapat disesuaikan

Dengan les privat, anak mempunyai waktu belajar yang lebih fleksibel sesuai dengan kesiapannya. 


3. Lebih Fokus

Adanya pengajar secara privat, dapat memberikan pelajaran sesuai dengan kebutuhan anak. Guru les juga dapat memfokuskan pengajaran pada mata pelajaran yang sedang di ajarkan di sekolah atau topik tertentu yang sulit dipahami oleh anak.

manfaat anak ikut les privat


Namun, memilih jasa les privat ternyata bukanlah perkara yang mudah. Orang tua harus mempertimbangkan banyak hal agar hasil yang diperoleh untuk anak juga maksimal.


Baca juga: Rahasia Anak Cepat Pandai Menulis


Tips Memilih Lembaga/ Jasa Les Privat untuk Anak

Beberapa hal seperti kualitas jasa pengajar hingga biaya yang harus dikeluarkan, menjadi bahan pertimbangan bagi orangtua untuk memilih lembaga/ les privat untuk anak.


Meski sekarang sudah banyak penyedia jasa les privat untuk dipilih, namun perlu diingat, tidak semua jasa les privat mahal adalah yang terbaik. Apalagi jika sampai salah memilih, bukan tidak mungkin kita hanya akan kehilangan biaya les. Sedangkan  kebutuhan anak untuk belajar maksimal tidak akan ada progres. Oleh karena itu, simak tips memilih lembaga/ jasa les privat yang tepat untuk anak, berikut ini.


1. Cari Rekomendasi dari Orang Terdekat

Sebelum mencari jasa les privat ke lembaga bimbingan belajar, lebih baik jika mencari rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Testimoni mereka sangat membantu untuk memberikan penilaian berdasarkan pengalaman pengguna langsung.


Kita bisa mencari beberapa sumber yang dapat dijadikan opsi dan perbandingan dalam memilih jasa les atau lembaga bimbingan belajar.


2. Sesuaikan Budget dengan Tarif

Harga atau tarif menjadi hal yang penting dalam memilih jasa les, apalagi jika dibandingkan dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu, lebih baik pilih penyedia jasa yang mematok harga sesuai dengan budget yang kita punya.


3. Cek Kualifikasi Calon Jasa Les Privat

Hal penting selanjutnya adalah memperhatikan kualifikasi calon jasa les privat. Tidak hanya memiliki latar belakang pendidikan yang memadai dan relevan, kita juga perlu mempertimbangkan kepribadian, metode mengajarnya, juga pengalamannya.


Akan lebih baik, jika kita mencari jasa les privat dengan gaya mengajar yang sesuai dengan gaya belajar sang anak. Serta memahami bagaimaa menghadapi perilaku anak dan membuatnya nyaman serta semangat belajar.


Baca juga: Pilihan Tempat Belajar Mengaji Anak


Hal ini demi mencapai tujuan yang diinginkan sejak awal, jadi anak harus harus bisa menyerap pembelajaran dengan baik dan cepat. Tentu saja dibutuhkan kenyamanan anak dalam belajar. Jadi boleh saja kita memilih les privat yang menawarkan kelas uji coba.


tips memilih lembaga les privat untuk anak


Kesimpulan, Memilih Lembaga atau Jasa Les Privat

Cara memilih jasa les privat, ternyata memang susah-susah gampang. Kita perlu mencari tenaga pengajar yang tidak hanya kompeten, namun memiliki profesionalitas tinggi. Hal ini untuk mendukung memberikan pengajaran yang nyaman dan menyenangkan.


Sekarang semakin banyak pilihan lembaga belajar yang sudah profesional. Termasuk untuk kebutuhan les privat untuk anak usia dini. Seperti adanya Ruangguru for kids, yang memberikan fasilitas kursus untuk anak secara online. Tujuannya untuk mengasah konsentrasi anak, dan meningkatkan kemampuan kognitif dengan metode literasi yang seru.


Jika kebutuhan belajar anak terpenuhi sesuai dengan tujuan belajar dan usianya, kita sebagai orang tua tentu lebih tenang membersamai mereka. Selain itu, tujuan diikutkan les privat jugga berjalan dengan baik dan prestasi anak pun akan terus meningkat.

16 komentar:

  1. Kalau les privat di ruang guru itu bisa offline juga atau online aja mbak?

    BalasHapus
  2. Kalau memang ada budgetnya lebih enak milih les privat sih buat anak ya, jadi lebih fokus juga dalam pembelajaran buat anak.

    Apalagi ada tipe2 karakter anak tertentu yang lebih nyaman gak terlalu ramai dibandingkan dengan tempat les yang sistemnya belajar bareng dalam satu kelas yang sama

    BalasHapus
  3. Nyari les privat untuk anak emang susah suah gampang sih. bener, mending cari rekomendasi orang yang berpengalaman aja, biar gak kayak beli kucing dalam karung.

    BalasHapus
  4. Les privat masa kini memang salah satu alternatif cara belajar yang efektif untuk anak yaa mba, selain dapat belajar di sekolah juga perlu ditunjang kesempatan belajar di luar sekolah bersama ahlinya, seperti ruang guru misalnya.

    BalasHapus
  5. Terimakasih tipsnya mbak...saya juga lagi bingung nyari tempat les privat untuk anak saya. Bolak balik nemu tempat les tapi tidak membuat anak saya nyaman, malah gurunya kurang bisa memberikan materi secara baik, akhirnya anak tidak bisa memahami materi yang diterimanya.

    BalasHapus
  6. Aku rasa yang membuat orang tua memilih untuk menjatuhkan pilihan led privat karena lebih fokus. Bener banget deh.

    Dan hal itu biasanya untuk anak anak yangtak bisa konsentrasi lama

    BalasHapus
  7. Duh ini PR banget kayaknya yah kalau ntr anak udah SD atau SMP SMA gitu huhu, aku sendiri dulu nggapernah sih les privat, lebih suka belajar bareng2 aku tuhh. tp anak beda2 yah kak

    BalasHapus
  8. Enaknya les privat ini emang jam belajarnya bisa menyesuaikan waktu anak yah. Aku juga cari rekomendasi dari temen atau keluarga. Enak sih ruangguru sekaranga da les privat onlinenya.

    BalasHapus
  9. Benar nih, sekarang ada banyak lembaga jasa les yang bisa jadi pilihan. Tapi semakin banyak pilihan juga justru bisa membuat bingung jadi sebelum memutuskan memang perlu dipertimbangkan baik2 dulu bebeapa hal seperti tips yang disebutkan di atas

    BalasHapus
  10. Via les privat konsentrasi belajar lebih full karena tidak terdistraksi oleh yang lain.
    Sehingga kalau ada hal² yang belum dimengerti bisa langsung ditanyakan. Ini memang keunggulan asiknya

    BalasHapus
  11. Bisa aku save dulu nih tipsnya kalau anakku udh mulai besar.. Btw, les privat ruang guru itu untuk anak mulai umur brp ya.. Jadi penasaran juga nih..

    BalasHapus
  12. saya termasuk ortu yang picky dan banyak pertimbangan nih dalam memilih les privat anak, pastinya cari rekomendasi teman/sodara itu penting plus kalo ada fasilitas trial biasanya aku coba biar tau cara ngajar dan liat respon anakku dulu

    BalasHapus
  13. Bagus juga nih tipsnya, pas banget saya memang lagi menimbang-nimbang untuk cari les privat untuk anak, persiapan masuk SMP nanti apalagi

    BalasHapus
  14. Senengnya kalau les privat selain lebih banyak dapat latihan soal dan lebih fokus ke kemampuan sang anak. Jadi gak bersaing dengan orang lain, cukup dengan dirinya sendiri dulu.

    Gak nyangka, ruangguru juga menyediakan layanan les privat yah..
    Bisa menjadi pilihan ketika anakku sudah mulai naik kelas 6 SD nih..

    BalasHapus
  15. Wah Ruangguru udah ada for kids nya ya kak. Kepakai banget nih kalau untuk anak memang enak yang privat les nya ya.

    BalasHapus
  16. Wah Ruangguru pun kini menyediakan layanan privat juga? Kalau dari Ruangguru pasti guru2nya oke punya nih. Nggak perlu diragukan lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.