Resep Telur Dadar Crispy Ala Dapur Kobe, Ekonomis dan Lezat!

 Telur menjadi salah satu bahan makanan yang mudah untuk diolah menjadi hidangan apapun. Mulai dari makanan sederhana, sampai makanan spesial juga bisa. Kali ini, aku sudah mencoba resep telur crispy yang ternyata sangat mudah.


Nah, sebelum aku bagikan resepnya biar kalian juga bisa coba membuatnya langsung di rumah, alangkah baiknya kita bahas dulu yuk, bagaimana ya mengolah telur yang baik.


Tips Mengolah Telur

Telur menjadi sumber protein keluarga yang harganya masih sangat terjangkau. Nah, bagaimana mengolah telur yang benar? Telur memang menjadi bahan makanan yang mudah untuk diolah, namun, tetap perlu diperhatikan beberapa hal berikut:


1. Pecahkan dalam Wadah Terpisah

Sulit membedakan telur busuk dan telur sehat ketika masih utuh. Oleh karenanya, lebih baik tidak langsung memecahkan telur di atas bahan. Hal ini agar, kita tahu jika ternyata telurnya busuk, maka bahan-bahan yang lain tidak terbuang percuma.


Jadi, pecahkan telur di wadah berbeda untuk memastikan apakah kondisi telur masih baik atau tidak.


2. Perhatikan Lamanya Menyimpan Telur

Menyimpan telur di suhu ruang, sebaiknya tidak lebih dari 3 hari. Tapi, jika ingin lebih tahan lama, kita bisa menyimpannya di kulkas, tentunya harus dalam wadah tertutup.


3. Tidak Mencuci Telur, jika...

Jika ingin disimpan untuk waktu yang lebih lama, sebaiknya jangan mencuci telur. Proses mencuci akan membuat pori-pori kulit telur terbuka dan bisa menjadi pintu masuknya bakteri.


Jika kulit telur masih terlihat kotor, kita bisa membersihkannya dengan kain lap atau tissue, sebelum telur disimpan. Mencuci telur bisa dilakukan ketika akan memasaknya dengan merebus bersama kulitnya.


Baca juga: Kursus Membuat Nasi Tomat


Nah, setelah mengetahui cara yang tepat bagaimana memperlakukan telur dengan benar, kini saatnya aku bagikan resep telur crispy yang sedang 'naik daun'.


resep telur dadar krispi


Resep Telur Dadar Crispy Ala Dapur Kobe

masakan telur bisa menjadi andalan saat kita sedang buru-buru untuk menyiapkan menu makanan. Karena memang telur sangat mudah untuk diolah. Meski hanya dengan menggorengnya saja, rasanya selalu membuat ketagihan.


Kini, sudah banyak variasi resep olahan untuk telur. Salah satunya yang membuatku ketagihan adalah Telur Dadar Crispy. 


Bahan Resep Telur Dadar Crispy

Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, murah, dan cara membuatnya pun mudah. Sehingga ekonomis dan tentu saja hasilnya lezat! Ada dua cara membuat telur krispi yang keduanya mudah dan bisa kalian pilih, yakni langsung mencampur semua bahannya dan diaduk atau membalur telur dadar dengan adukan tepung.


cara membuat telur dadar krispi


Cara yang sudah aku coba adalah dengan membalurkan telur dadar dengan adukan tepung. Hasilnya benar-benar crispy, karena aku coba dengan menggunakan Tepung Bumbu Kobe Kentucky Super Crispy.


Tepung ini, selain bisa dipakai untuk membuat ayam goreng crispy, formula Kobe Tepung Kentucky Super Crispy yang gurihnya pas dan kerenyahan bisa tahan hingga 8 jam, bisa juga diaplikasikan ke menu telur dadar crispy.


Tepung Bumbu dari Kobe memang bisa jadi andalan buat teman para ibu yang anti ribet dalam memasak. Banyak pilihan jenis tepungnya, jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Rasa bumbu dalam tepungnya juga pas untuk dinikmati, jadi tidak repot lagi membuat bumbu, dan sudah pasti anti gagal.


Berikut keunggulan dari Kobe Tepung Kentucky Super Crispy:

  • Diracik menggunakan formula khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super cruncy & crispy
  • Renyahnya tahan hingga 8 jam
  • Rasa yang pas & lezat bumbunya
  • Diproses menggunakan teknologi modern
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa pewarna buatan


Baca juga: Inspirasi Menu Praktis Ala Dapur Kobe


Oke, langsung saja ya, aku bagikan bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya. Seperti yang aku sampaikan di atas, jika kita hanya perlu dua bahan, yaitu telur dan tepung. Namun, untuk menambah kelezatan maksimal, kalian bisa tambahkan bahan lain untuk isi telur dadarnya. Seperti baso, sosis, daun bawang, bawan merah yang diiris atau cabai jika suka pedas.


Cara Membuat Telur Dadar Crispy Ala Dapur Kobe

Nah, jika bahan-bahannya sudah siap semua, kini saatnya mengolah. Satu tips dari aku yang tak pandai juga memasak, hihi.. aku selalu mempersiapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu, aggar ketika sudah memulai proses memasak, tidak 'gradag-grudug' dengan bahan-bahan atau alat yang ternyata kurang.


Part 1. Membuat Telur Dadar

Langkah pertama, siapkan telur yang akan dimasak, jumlahnya sesuai selera. Kalau aku kemarin menggunakan 3 butir telur. Pastikan telur dalam kondisi baik ya.


Pecahkan ketiga telur dalam satu wadah. Tambahkan bumbu seperti garam seujung sendok teh, dan lada bubuk beberapa tabur. Setelah itu kita bisa kocok lepas sampai bumbu tercampur.


Mulai siapkan bahan-bahan tambahan sesuai selera. Potong bahan-bahannya, dan campurkan dalam adonan kocokan telur.


Jika sudah, kita siap untuk menggorengnya. Goreng dengan api sedang dalam minyak yang lumayan banyak, agar si telur bisa mengembang. Goreng sampai matang, kemudian tiriskan.


Part 2. Membuat Telur Dadar Crispy

Selanjutnya, untuk membuat telur dadar menjadi krispi, kita akan siapkan adonan tepung untuk membalut telur tersebut. Aku menggunakan tepung bumbu Kobe Kentucky Super Crispy, yang sudah jelas anti gagal untuk hasil krispinya.


Pertama, kita buat adonan tepung basah. Tuangkan 3 sendok makan tepung bumbu ke dalam mangkok, lalu tambahkan air matang. Aduk sampai rata dan sesuaikan kekentalannya.


Selanjutnya, kita siapkan adonan tepung kering sebagai balutan akhir telur. Tuangkan 3 sendok tepung bumbu ke piring datar, untuk memudahkan nantinya telur dibalur tepung.


Jika sudah siap, kita potong hasil telur dadar goreng tadi menjadi 4 bagian. Lalu, kita masukan ke dalam adonan tepung basah. Lumuri semua bagian telur kemudian kita pindahkan ke dalam adonan tepung kering. Balut merata sampai semua tertutup tepung kering, sambil sedikit dicubit-cubit agar membentuk krispi.


Nah, sekarang adonan telur dadar crispy sudah siap untuk digoreng. Siapkan minyak kurang lebih 100 ml untuk menggoreng. Tunggu sampai minyak panas, baru masukan adonan telur tersebut. Goreng sampai kecoklatan dan krispi. Kemudian tiriskan.


Yeay, Telur Dadar Crispy sudah siap untuk dinikmati. Dengan nasi hangat dan cocolan saos sambal, dijamin menambah nikmat sajian telur ini.


Kesimpulan, Resep Telur Dadar Crispy

Telur memang menjadi bahan makanan berprotein tinggi yang paling mudah ditemui dan lebih terjangkau untuk didapatkan. Apalagi sekarang sudah banyak variasi menu olahan telur, jadi tidak akan bosan untuk dikonsumsi meski setiap hari, hihi..


Nah, ternyata tepung bumbu Kobe, bisa menjadi pilihan untuk dijadikan bahan tambahan dalam olahan telur. Seperti Resep Telur Dadar Crispy Ala Dapur Kobe, bisa jadi alternatif menu praktis dan lezat untuk bekal ke sekolah atau ke kantor yang hemat ekonomis. Yuk, re-cook juga, bisa jadi pilihan kuliner baru nih.

23 komentar:

  1. Memang amannya memecahkan telur di wadah terpisah. Biar aman juga sih ya saat buat adonan crispy ini. Soalnya pernah ketemu telur yang kurang bagus 😭

    BalasHapus
  2. Setuju untuk urusan mecahin telor di wadah berbeda. Karena aku pernah mengalami. Mecahin telor ternyata telornya udah rusak. Hasilnya, semua bahannya tercemar. Dan kudu ganti bahan baru. Biaya lagi. Hehehe

    BalasHapus
  3. aku biasanya pakai tepung kobe dan telur untuk bikin fuyunghai mba.. aku isi saos asam manis duhh enaknyaa

    BalasHapus
  4. Aku pernah mecahin telur dalam satu adonan. Hasilnya adonan terbuang sia-sia.. Kemudian aku lebih berhati-hati lagi. Hehee.. Btw, aku juga buat resep telur krispi dari tepung kobe nih kemaren. Suka banget dengan tepung ini karena rasanya yang gurih, lezat, dan simple.

    BalasHapus
  5. Penasaran banget aku kayak gimana telor dadar dikasi krispi kayaknya enak banget lihatnya haha, mau cobain bikin juga aah besok buat sarapan

    BalasHapus
  6. wah aku baru tau loh klo mencuci telur akan mempercepat pembusukan, pantesan nih stok telur di asrama cepet busuk karena pada nyuci telur plus di rendem air lagi wkwkwk

    BalasHapus
  7. wahhh pas banget, aku lagi nyari resep praktis dan bisa dipraktekkin dengan mudah. Soalnya penggemar telor sih... biar ada variasi hehehe

    BalasHapus
  8. Wah aku suka dengan telur dafary
    Jadi pengen recook juga telur dadar ala dapur Kobe ini aku
    Besok mau buat ah

    BalasHapus
  9. Aku mau coba ah resepnya. Telur dadar nih favorit anak2 banget. Biasanya sih mereka bikin sendiri pake resep kayak biasa. Kayaknya aku mau tunjukin resepnya ini buat mereka. Pasti suka. Apalagi bikinnya mudah.

    BalasHapus
  10. Selama ini bikinnya ayam crispy, kapan-kapan bisa nyoba yang resep telur crispy ini nih, tentunya pakai tepung Kobe dong

    BalasHapus
  11. Aah..suka banget..
    Aku dulu pernah kehabisan ide, karena anak-anak maunya menu ayam dan telur aja.
    Lalu melihat tepung bumbu Kobe Kentucky Super Crispy, buat telur crispy.
    Saking happy-nya, sampai aku jadiin materi podcast. Hihii~

    BalasHapus
  12. waah ini salah satu menu kesukaan suamiku mbak haha, biasanya aku digeprek sih. makan pake nasi anget, sambel bawang bikin pengen nambah nasi :D

    BalasHapus
  13. enak nih kayaknya.. aku juga suka pakai tepung kobe mba, ini mah tepung kesukana sejak kecil karena aku inget banget ibuku juga pakai tepung ini untuk bikin ayam krispi

    BalasHapus
  14. Wah makasih kak resepnya, nanti aku coba deh. Aku sih sukanya telur mata sapi setengah mateng, tapi si masnya ini loh dia malah ga mau kalo masih keliatan kuning telurnya :D

    nanti mau coba buatin pake resep ini ah.

    BalasHapus
  15. Anak - anakku penyuka telur nih. Aneka resep telur pasti mereka suka. Biasanya saya suka bikin Endog endogan, kalo bahasa kerennya pancake kali ya. Tapi ini mah size nya mini banget. Dimasak pake loyang khusus yang mirip loyang buat takoyaki. Nah telur crispy ini aku belum nyobain. Besok nyobain ah. Sayang ya gak ada image nya, jadi gak kebayang hasilnya gimana, hehe

    BalasHapus
  16. Ehh betulan jadi crispy yaaa telurnyaa, ehhh jadi pengen coba. Kebetulan masih ada sisa tepung Kobe di rumah heheheh

    BalasHapus
  17. Ini namanya dadar naik level ya mba? Saya juga mau coba ah! Belum pernah bikin dadar pake baso, sosis, dan tentunya bumbu Kobe. Sepertinya lezat

    BalasHapus
  18. Cara bikin Telur Dadar Crispy ala Dapur Kobe mudah ya..bisa nih jadi ide buat bekal sekolah anak, pasti mereka suka. Apalagi dengan menggunakan Tepung Bumbu Kobe Kentucky Super Crispy yang mantap rasanya!

    BalasHapus
  19. Wah.. Kebetulan kali ini kak, dirumah lagi ada Tepung Bumbu Kobe Kentucky Super Crispy.
    Anak-anak memang suka sekali apapun yang digoreng pake tepung kobe .
    Gak cuma ayam, ni sekarang kami lagi goreng tahu dengan tepung kobe. Enakkkk

    BalasHapus
  20. Menarik deh, selain share resep masak, Mba Atiq juga berbagi tips mengolah telur, mulai dari cara memecah telur hingga larangan mencuci telur. Terima kasih mba.

    BalasHapus
  21. Aku suka banget sama Telur. Baca ini, jadi pengen buat sendiri di rumah deh. Mudah dan praktis ya. Memang Kobe Tepung Kentucky Super Crispy ini ga buat ribet. Sangat membantu

    BalasHapus
  22. wihh bisa dieksekusi nih di rumah, mau bikin telur dadar crispy ah pake tepung bumbu Kobe SuperCrispy ya, di rumah kami pasti banyak nih fans nya ^^ Tfs ya Mbak

    BalasHapus
  23. baru tahu juga nih salah satu tips mengolah telur, terutama soal tidak mencuci telur, kebiasaan selama ini kalau dapat telur yg kotor pasti di cuci dulu. Ternyata cukup dilap dengan kain lap atau tissue

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.