Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Aktif Beraktivitas di Masa Pancaroba

 Hidung tersumbat, kepala mulai pening, mata panas berair, dan tidak lama lagi, bersin akan menemani. Hmm.. siapa yang tidak tahan saat pancaroba mendapatkan hadiah demikian? Jika soal kesehatan badan tidak terjaga, semua aktivitas pasti jadi terhambat ya.


Nah, memasuki musim pancaroba, dimana akan terjadi adanya ketidak-tentuan kondisi cuaca, mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit penyerta pancaroba, Seperti flu, batuk, influenza, diare, demam berdarah, dan penyakit lain yang biasa terjadi saat musim pancaroba.


Perlu diketahui bahwa saat musim pancaroba, tubuh seseorang dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, seseorang yang sedang berada dalam kondisi imun yang kurang baik, tentunya akan lebih mudah terserang penyakit.


sehat saat pancaroba


Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pancaroba

Apakah sedang merasakan panas terik di siang hari, lalu tiba-tiba hujan turun dengan deras pada sore atau malam hari? Yes, bukan di rumah kalian saja yang mendapatkan kondisi demikian. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya.


Oleh karena itu, kita harus membuat daya tahan yang optimal pada tubuh kita. Jika tidak, ya tubuh bisa saja kesulitan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca. Kita jadi rentan terserang penyakit! Berikut ini, beberapa tips yang bisa dilakukan menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba.


Konsumsi Makanan Bergizi

Pejuang sistem kekebalan tubuh kita, sangat membutuhkan makanan yang baik untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu.


Melansir Harvard Medical School, para ilmuwan menyatakan bahwa orang yang hidup dalam kondisi kurang gizi, akan lebih rentan terhadap penyakit menular. Jadi, mulai sekarang, wajib hukumnya utnuk konsumsi banyak sayuran dan buah. Serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak.


Baca juga: Menikmati Makanan Pedas dengan Nikmat


Cukupi Kebutuhan Minum

Selain konsumsi makan makanan yang bergizi, kita juga harus menjaga keutuhan air minum harian terpenuhi. Kekurangan cairan akan membuat tubuh jadi lebih rentan mengalami dehidrasi, juga rentan terkena panas dalam.


Baca juga: Obat Panas Dalam Paling Ampuh


Jangan lupa, minum delapan gelas setiap harinya. Mulailah untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.


Waktu Tidur Cukup

Menurut banyak penelitian, salah satu cara yang paling tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan mencukupi waktu tidur. Kita orang dewasa, harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Disaat kita tidur itulah, tubuh kita akan menggunakan waktu istirahat untuk melakukan pemulihan, perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.


Penelitian juga menemukan jika seseorang yang tidak cukup kebutuhan tidurnya selama satu malam saja, akan berkurang kekebalannya hingga 70 persen.


Kelola Stres dengan Baik

Tanpa sadar, stres ternyata juga berpengaruh besar bagi sistem kekebalan tubuh. Terutama ketika ada peristiwa yang mengkhawatirkan atau ketidakpastian yang terjadi di dunia sekitar. Kita bisa melakukan hal-hal yang membuat diri lebih rileks. Seperti membaca, olahraga ringan, mendengarkan musik, atau sekedar menikmati makanan kesukaan.


Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga dengan rutin, akan menjaga fungsi tubuh bekerja dengan baik. Olahraga dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup pemanasan ringan seperti berjalan kaki atau pelemasan otot, bisa membuat badan lebih bugar. Sebagai bonus tambahan, endorfin dari olahraga juga dapat mengurangi stres lho.


Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar, akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kita bisa menerapkannya dengan cara rutin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik. Serta rajin membersihkan area tempat tinggal kita.


Tetap disiplin menerapkan hidup sehat di atas, diharapkan kita mampu meminimalisir potensi terserang penyakit selama musim pancaroba. Dengan begitu, aktivitas akan tetap berjalan dengan lancar.


Konsumsi Adem Sari Saat Tubuh Mulai Tidak Sehat

Kondisi tubuh yang sehat dan bahagia, akan meningkatkan imunitas tubuh. Menjaganya untuk tetap sehat, tentu membutuhkan penerapan disiplin hidup sehat di atas. Bila perlu, konsumsi Adem Sari setiap hari.


adem sari setiap hari


Manfaat Adem Sari dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Adem Sari ini mengandung ekstrak herbal (chrysanthemum, wheat grass, mesona), jus lemon yang kaya Vitamin C. Minuman ini memberikan sensasi segar dan adem di tubuh.


Varian terbarunya, produk Adem Sari Madu Lemon Tea, menjadi minuman yang menyegarkan dan mampu membuat tubuh terasa lebih adem. Terbuat dari kombinasi madu dan ekstrak teh berkualitas. Adem Sari Madu Lemon Tea sudah diolah dengan teknologi modern. Selain itu, kemasannya menggunakan botol aseptic yang higienis.


Baca juga: Manfaat Lemon Tea Madu


Kesimpulan, Jaga Daya Tahan Tubuh agar Tetap Aktif Beraktivitas di Masa Pancaroba

Meskipun semua penyakit di masa pancaroba tersebut dapat diobati dengan mudah, namun gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas ya. Siapa sih yang mau sakit? hihi..


Nah, kuncinya untuk menjaga daya tahan tubuh tetap oke di masa pancaroba ini adalah dengan menerapkan hidup yang sehat. Meningkatnya sistem imun tubuh kita, akan membuat tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan patogen (bibit penyakit) pun akan jauh lebih kuat.

17 komentar:

  1. Musim seperti ini sekeluarga kemarin ganti-gantian meriang. memang daya tahan tubuh harus terjaga. Semoga semua sehat selalu

    BalasHapus
  2. Menjaga daya tahan tubuh emang penting banget di tengah kondisi cuaca yang tak menentu sekarang ini. Cuma mengenai waktu tidur yang cukup ini sering kali diabaikan.

    BalasHapus
  3. Iya nih masa pancaroba gini harus pinter jaga kesehatan tubuh. Biar ngga gampang sakit. Adem sari ini bisa dikonsumsi tiap hari ya mba? Wah bisa ningkatin imun tubuh juga dong.

    BalasHapus
  4. benar banget apalagi sekarang ya masuk musim ujan kita harus terus jaga kesehatan biar gak gampang sakit.

    BalasHapus
  5. Masa pancaroba ini jadi PR banget buat kita semua menjaga kesehatan tubuh. terkadang sudah memperhatikan pola makan dan aktifitas tetep aja ada yang kurang, kudu dibantu dengan suplemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kalau merasa badan sudah loyo, memang suplemen bisa jadi pilihan :)

      Hapus
  6. Cuaca saat ini semakin tidak bersahabat ya, Mbak. Makanya ada guyonan, badan kok kayak dispenser, kadang panas, kadang dingin hahaha. Makanya perlu sekali terus menjaga kesehatan. Termasuk mempertahankan stamina tubuh. Dan saya juga suka adem sari nih. Tidak hanya menyegarkan, tapi juga untuk panas dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. bener juga nih, bisa tiba-tiba panas dan mendadak dingin :)

      Hapus
  7. Semakin berumur tuh semakin berasa kebutuhan terhadap berbagai vitamin makin banyak. Apalagi di kondisi kayak gini, kudu makin jaga kesehatan banget

    BalasHapus
  8. Bener banget tipsnya. Apalagi di tengah musim pancaroba yang nggak jelas. Kudu harus jaga fisik, pikiran dan nyetok Ademsari

    BalasHapus
  9. Musim pancaroba ini emang bikin was was ya
    Banyak penyakit
    Makanya kita harus menjaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  10. Setuju banget nih, musim pancaroba gini memang wajib jaga kesehatan. Soalnya cuaca gak menentu gini bikin badan sering meriang. Saya suka banget Ademsari nih Mbak, rasanya seger dan langsung manjur kalo tenggorokan mulai terasa gak enak...

    BalasHapus
  11. Benerr banget harus menjaga asupan makanan yg bergizi terutama anak2 nih. Disekolah hampir tiap minggu ada yg sakit kek piala bergilir. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Betul banget nih, dimusim pancaroba ini kita harus selalu menjaga kesehatan. selain makan makanan sehat dan bergizi, bisa juga dibantu dengan konsumsi suplemen kesehatan.

    BalasHapus
  13. Wahhh iya yaaa, diingetin lagi nih buat jaga kesehatan apalagi saat cuaca yang kadang tidak menentu kayak gini.

    BalasHapus
  14. Beberapa minggu terakhir ini anak2ku bolak-balik sakit. gantian aja sih di sekolahnya jadi nular gitu. Sakitnya gak jauh2 dari demam dan sakit tenggorokan. Makanya aku juga sedia adem sari buat diminum meskipun sesekali aja.

    BalasHapus
  15. Wah adem sari varian baru ya.., aku belum. Oernah nyobain. Pengen, soalnya seger banget..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.