Tips Memilih Probiotic untuk Menjaga Kesehatan Anak, di 1000 Hari Pertamanya!

 Pentingnya kehidupan di 1000 hari pertama pada manusia, terkait dengan organ-organ penting dan sistem tubuhnya yang mulai terbentuk. Perkembangan yang dimulai adalah kesehatan saluran cerna, perkembangan organ metabolik, perkembangan kognitif, pertumbuhan fisik, dan kematangan sistem imun.


Itulah sebabnya, 1000 Hari Pertama Kehidupan ini sangat penting, karena menjadi periode emas dan tidak bisa diulang. Selama masa perkembangannya, kita sebagai orang tua, harus selalu menjaga kesehatan dan memantau tumbuh kembangnya. Tentu saja, agar anak tumbuh menjadi anak yang sehat dengan perkembangan maksimal.


Apa itu 1000 Hari Pertama Kehidupan?

Periode 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) adalah periode mulai hamil (9 bulan = 270 hari) sampai dengan anak usia 2 tahun (24 bulan = 730 hari). Selama periode ini, terjadi pertumbuhan sel otak yang pesat (90 %) dan tumbuh kembang anak yang optimal.


Kegagalan memberikan asupan gizi dan pelayanan kesehatan yang baik di periode ini, akan memberi dampak yang tidak baik bagi perkembangan anak di masa depan. Dan sayangnya, kegagalan tersebut bersifat “irreversible” atau tidak dapat diperbaiki.


1000 hari pertama kehidupan


Nah rupanya, dampak tersebut tidak hanya akan berakibat pada pertumbuhan fisik saja, tetapi juga pada perkembangan mental dan kecerdasannya. Pada usia dewasa, terlihat dari ukuran fisik yang tidak optimal serta kualitas kerja yang tidak kompetitif, pada akhirnya akan berakibat pada rendahnya produktivitas ekonomi.


Para ahli menemukan bahwa, setidaknya ada 50 zat yang memengaruhi fungsi otak dipengaruhi asupan makanan dan nutrisi mikro selama 1000 hari pertama kehidupan. Pemenuhan gizi yang optimal selama periode ini, selain memberi kesempatan bagi anak untuk hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih produktif, juga menurunkan risiko penyakit degeneratif.


Bagaimana Menjaga Kesehatan Anak di 1000 Hari Pertamanya?

Pada 1000 hari pertama si kecil, kita sebagai orang tua bisa membantunya untuk berkembang optimal, yaitu dengan memberikan asupan nutrisi terbaik. Mulai di masa 270 hari pertama, masa janin di dalam kandungan ibu dan 730 hari pada kehidupan pertama bayi yang dilahirkannya. Lalu, bagaimana menjaga kesehatan anak di 1000 hari pertamanya?


Periode dalam kandungan (280 hari)

Pastikan ibu memiliki status gizi baik sebelum dan selama hamil, agar tidak mengalami kurang energi kronik (KEK) dan anemia. Penerapan pola hidup sehat selama hamil, dengan mengonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan, meski porsi kecil namun sering, akan jauh lebih baik serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah.


Selain itu, dapat juga dibantu dengan asupan suplemen, seperti tablet besi (Fe), asam folat, vitamin C, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga ibu dari kemungkinan mengalami anemia.


Ibu juga harus memeriksakan kehamilannya secara rutin di layanan kesehatan. Saat memasuki kehamilan trimester ke-3, penting juga untuk ibu dan suami, mencari informasi tentang menyusui. Mulai dari manfaat menyusui, posisi dan teknik menyusui yang tepat, cara menangani masalah-masalah yang muncul saat menyusui (seperti puting lecet, ASI tidak keluar dll).


Periode 0-6 bulan (180 hari)

Masa selanjutnya, adalah di 180 hari atau periode 6 bulan anak. Dimana, semua anak yang lahir harus mendapatkan Inisiasi Menyusui Dini. ASI Eksklusif menjadi asupan yang paling baik untuk diberikan kepada si kecil.


Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, ibu tidak perlu memberikan tambahan asupan apa pun lagi, karena air susu ibu sudah memenuhi nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Contohnya seperti vitamin, protein, dan lemak.


Periode 6-24 bulan (540 hari)

Pada periode ini, anak sudah bisa mendapatkan asupan nutrisi tambahan dari makanan sehat selain ASI. Jadi, pastikan ibu mengetahui jenis dan bentuk (konsistensi) makanan serta frekuensi pemberian makanan yang tepat diberikan pada periode ini.


Selain pemenuhan nutrisi yang seimbang, penting juga untuk memantau kondisi kesehatan dan perkembangan anak ke layanan kesehatan.


Masalah Pencernaan pada Si Kecil

Salah satu hal yang sangat rentan terjadi masalah di masa 2 tahun pertama si Kecil adalah sistem pencernaannya. Saluran pencernaan si Kecil berperan penting pada tumbuh kembang, imunitas, dan kesehatan si Kecil, karena membantu penyerapan nutrisi secara maksimal.


Meski gangguan pencernaan pada anak merupakan hal yang biasa terjadi, namun kondisi ini juga membuat orang tua resah, karena anak menjadi rewel dan tidak nyaman. Anak yang mengalami gangguan pencernaan umumnya akan memunculkan gejala berupa rewel, perut kembung, mual, muntah, sembelit, diare, hingga dehidrasi.


Masalah saluran cerna tentu berhubungan dengan asupan nutrisi yang masuk. Oleh karena itu, untuk mengurangi masalah pada pencernaan anak, perlu untuk memperbaiki komposisi saluran cerna. Karena pola makan yang tidak baik, menyebabkan bakteri baik yang masuk ke dalam tubuh kurang dari 80 %.


probiotik untuk bayi


Makanan yang sehat dan bergizi tinggi tentu baik bagi anak kita. Namun, hal yang perlu diperhatikan juga adalah, apakah makanan tersebut juga diserap pada saluran cerna si Kecil? Karena tanpa saluran cerna yang sehat, maka nutrisi yang diberikan hanya akan numpang lewat saja dan itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan kecerdasan anak.


Dalam hal ini, pentingnya peran prebiotik untuk membantu probiotik anak dalam meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dan membasmi kuman-kuman jahat di saluran pencernaan. Prebiotik juga membantu menekan pertumbuhan tekanan atau bakteri yang tidak sehat di saluran pencernaan. Selain itu, prebiotik anak mampu menurunkan peradangan pada usus dan menstimulasi penyerapan kalsium yang tinggi.


Mengonsumsi Probiotik untuk Menjaga Kesehatan Anak

Ternyata, untuk mendukung perkembangan yang optimal, tidak hanya cukup memnuhi kebutuhan nutrisinya saja. Namun juga perlu menyiapkan tubuhnya agar dapat menyerap nutrisi tersebut dengan maksimal. Terutama di saluran pencernaan si Kecil. Penting untuk membuatnya dalam kondisi sehat dan siap untuk menerima nutrisi dan menyerapnya untuk pertumbuhan yang optimal. 


Apa itu Probiotik dan Bedanya dengan Prebiotik?

Probiotik : Bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat, sehingga dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002).


Prebiotik : makanan Probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh: oligosakarida/ fructooligosaccharide (FOS).


probiotic vs prebiotic



Prebiotik merupakan komponen makanan yang tidak dicerna, seperti gula kompleks dan serat. Nah, Prebiotik ini membantu pertumbuhan probiotik atau yang lebih dikenal sebagai “bakteri baik” dalam usus. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme yang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh jika dikonsumsi secukupnya.


Jenis probiotik yang umum ditemukan adalah Lactobacillus. Biasanya ditemukan pada makanan atau minuman yang mengandung asam laktat seperti, yoghurt atau susu berfermentasi. Probiotik memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.


Kapan Anak Mendapatkan Probiotik?

Dalam 1000 hari pertama yang dimulai dari kandungan ibu, Mikrobiota sehat pada ibu hamil adalah hadiah perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik. Hal ini terkait dengan proses persalinan bayi.


Bayi lahir normal mendapatkan transfer bakteri baik dari ibu hamil saat proses kelahiran melalui vagina. Sedangkan bayi lahir dengan metode Caesar yang tidak melewati vagina selama proses kelahiran, akan menyebabkan kondisi ketidakseimbangan pada kandungan bakteri baik dan buruk pada ususnya saat awal kelahiran (bakteri baik masih sedikit).


Namun, cara terbaik memberikan probiotik alami untuk bayi setelah lahir adalah dengan menyusui. Air susu ibu (ASI) mengandung probiotik dan prebiotik dari ibu yang ditransfer kepada anak melalui proses menyusui. Si Kecil yang mengkonsumsi ASI umumnya akan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.


Zat yang terkandung di dalam ASI termasuk prebiotik mampu membuat “bakteri baik” berkembang dengan baik di usus si Kecil. Saat jumlah “bakteri baik” di usus si Kecil meningkat, maka secara otomatis kekebalan tubuh si Kecil juga akan meningkat.


Jadi, dengan memberi ASI pada periode enam bulan pertama si Kecil, memungkinkan si Kecil tidak mudah terserang penyakit yang mungkin masuk melalui sistem pencernaannya. Jika kekebalan tubuh si Kecil tinggi, maka risiko terkena alergi anak dan ruam pada kulit si Kecil akan menjadi rendah.


Peran Probiotik dalam Mendukung Pemeliharaan Kesehatan Anak

Berdasarkan bukti klinis, probiotik untuk bayi, termasuk anak mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, menyeimbangkan bakteri di dalam tubuh, mengurangi gejala klinis dan mencegah diare yang disebabkan oleh infeksi atau penggunaan antibiotik.


Pada bayi yang mengalami gangguan pencernaan seperti kolik atau refluks asam lambung, probiotik dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan, lantas mengurangi frekuensi menangis bayi. Juga perlu diketahui bahwa manfaat dari probiotik hanya bertahan selama produk probiotik tersebut dikonsumsi aktif.


Tips Memilih Probiotic Aman untuk Anak

Apakah probiotik itu obat? Ternyata, bukan. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Probiotik adalah bakteri baik yang memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.


Interlac Probiotic, Suplemen Probiotik Aman untuk Anak

WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya. Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO:

  • Berasal dari manusia
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


Dalam pemilihan suplemen probiotik, kita harus memperhatikan bahwa, produk tersebut sudah teruji klinis dan jumlah bakteri baiknya sesuai dengan standar WHO.


interlac probiotic anak


INTERLAC® memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO. Penggunaan Interlac dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang, karena Interlac merupakan suplemen bukan obat. Konsumsi interlac jangka panjang dapat membantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh.


Apa keunggulan Interlac?

INTERLAC® adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Menjadikan Interlac satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938.


Lactobacillus reuteri DSM 17938 adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.


interlac drops asli



Apakah Interlac Aman digunakan Mulai dari Bayi Baru Lahir?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa probiotik memiliki kandungan yang cukup baik bagi bayi prematur, berat kurang dari normal, dan bayi terinfeksi HIV. Namun, kapan bayi siap diberikan tambahan suplemen probiotik?


INTERLAC Oral Drops adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun. Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa.


Kesimpulan, Bagaimana Memilih Probiotic yang Aman untuk Menjaga Kesehatan Anak?

Saat ini sedang ramai issue sediaan cair yang ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya, yang tentu saja membuat khawatir semua orang tua. Jadi, wajib untuk tetap berhati-hati dalam mendapatkan produk yang terbaik.


Nah, apakah Interlac drop ini bebas dari cemaran berbahaya? Interlac drop mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG.


Selain itu, Interlac Drop juga sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya.


Bagaimana untuk mendapatkan produk Interlac yang asli? Memang sedang ramai juga, mendapati produk palsu Interlac yang dari sisi kemasan sangat mirip dengan Interlac drop asli. Oleh karena itu, agar tidak mendapatkan interlac drop palsu, pastikan untuk membelinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya.


Nah, aku belinya disini ya https://linktr.ee/interlacprobiotics sudah dipastikan produk asli, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk memberikannya pada si Kecil. Semoga si Kecil aktif dan sehat selalu ya!

67 komentar:

  1. Saluran cerna anak memang harus kita jaga sebaik mungkin ya moms karrna agar dapat maksimal dalam penyerapan nutrisi yang msuk untuk mendukung tumbuh kembang anak butuh bngt nih asupan probiotik seperti Interlac

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, apalagi kalau pencernaan anak bermasalah pasti mereka juga rewel. Jadi kualitas istirahat kita dan anak juga terganggu

      Hapus
  2. Ternyata gitu yaa, kita bisa mengusahakan asupan probiotik ini sejak hamil untuk memberi "modal kesehatan" yang baik untuk anak kelak.

    Begitu lahir pun bisa yaa mengonsumsi probiotik ini. Bisa bikin ibu2 lebih tenang nih kalau punya suplemen yang menjaga saluran pencernaan anak-anak kayak Interlac gini 😍

    BalasHapus
  3. 1000 hari masa kehidupan manusia memang sangat penting ya, Mbak. Dan sejak inilah si jabang bayi harus mendapatkan perhatian. Salah satunya si Ibu harus mengkonsumsi probiotik, agar bayi lahir sehat dan tumbuh kembang dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata probiotik manfaatnya banya banget ya. Saya baru tahu sekarang ini tentang probiotik untuk anak, terutama di 1000 hari pertamanya

      Hapus
  4. 1000 hari pertama anak tuh emang golden time banget ya. Jangan sampai menyesal karena luput menjaganya. So, sedia Interlac Probiotic sejak dini jadi salah satu upaya biar golden time itu bisa dilewati dengan baik.

    BalasHapus
  5. Jadi probiotik itu memang dibutuhkan dari 1000 hari pertama kehidupan yaa, aku baru tahu, bagus nih mba di share biar banyak calon ibu yang paham

    BalasHapus
  6. Tetnyata dalam memilih probiotik ga boleh asal ya mba. Harus sudah teruji klinis dan kandungan di dalamnya sudah terukur sesuai WHO. Contohnya probiotik dari Interlac ini. Bagusnya kita nyetok ya Interlac ini apalagi buat pjnga anak kecil di rumah

    BalasHapus
  7. Dengan adanya Interlac ini, orang tua bisa lebih tenang menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh anaknya ya..
    Tapi tetap harus waspasa juga, karena ada juga peredaran produk yang palsu.

    BalasHapus
  8. aman yah mba Interlac drop karena tidak mengandung cemaran EG dan DEG, semoga aku bisa rutin nih memberikan interlac drop ke anakku, agar tumbangnya jadi lebih optimal

    BalasHapus
  9. Ini salah satu produk yang mesti ada di rumah sih. Apalagi sekarang musim sakit inah itu juga kan.

    BalasHapus
  10. Ternyata probiotik sangat berperan dalam 1000HPK ya Mba. Duuh aku kelewat nih pas hamil kemarin. Smoga bisa terkejar sebelum anak 2thn

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah kalo ini aman dari EG dan DEG. Bagus juga buat pencernaan anak ya apalagi anak kan suka sembarang makan. Anak sy kalau minum probiotik rutin makannya jadi enak

    BalasHapus
  12. Pada 1.000 hari pertama anak memang harus benar-benar diperhatikan ya. Gak hanya stimulasi untuk perkembangan fisik. Tapi juga gizi agar dia tumbuh sehat dan cerdas.

    Memberi tambahan probiotik bikin bayi selalu sehat yaa. Apalagi pandemi gini kudu bener2 jagain kesehatan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, trauma dengan pandemi, jadi harus benar2 jaga kesehatan

      Hapus
  13. Wah jadi 1000 Hari Pertama Kehidupan anak sangatlah penting, makanya perlu diberikan nutrisi terbaik agar tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  14. makasih informaisnya kak, banyak sekali ya manfaat probiotik untuk anak. kebetulan saya jg masih punya batita, kadang2 suka ada masalah pencernaan yang datang misalnya susah BAB..

    BalasHapus
  15. Betapa pentingnya 1000 hari pertama pada masa kehidupan manusia karena disinilah pondasi awal manusia terbentuk, tulisannya sangat informatif. Sukaaa:D

    BalasHapus
  16. Betapa pentingnya 1000 hari awal kehidupan manusia karena disinilah pondasi awal terbentuk. Sangat informatif tulisannya. Sukaa

    BalasHapus
  17. Betapa pentingnya 1000 hari awal kehidupan manusia karena disinilah pondasi awal terbentuk. Sangat informatif tulisannya. Sukaa

    BalasHapus
  18. masalah pencernaan tuh hal yang riskan banget untuk bayi dan balita. i've been there. struggle nya ampun. untuk ada interlac drop ya. jaman anak saya bayi dulu kayaknya belum ada deh

    BalasHapus
  19. Saya baru tahu ada yang dinamakan 1000 hari pertama kehidupan dalam dunia kesehatan. Ternyata memang penting banget ya untuk memberikan asupan gizi yang cukup serta menjaga kesehatan anak apalagi saat anak masih dalam periode 1000 HPK.

    BalasHapus
  20. Wuah, dapat ilmu baru. Ternyata probiotik cukup penting banget ya buat menjaga kesehatan anak. Makasih informasinya, Kak. Lumayan bisa jadi bekal kalau udah punya anak nanti.

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah coba merk ini, tp reviewnya bagus2 semua sih sejauh ini. Emang sepenting itu ya probiotik buat anak.. Biar proses pencernaannya lancar..

    BalasHapus
  22. 1000 hari pertama manusia ternyata jadi fondasi yang memnentuk manusia buat beranjak remaja bahkan dewasa. Wah, aku baru tau nih kalau nutrisi punya peran penting yang berdampak dalam kehidupan seseorang.

    BalasHapus
  23. Emang 1000 hari pertama pasca lahir emang masa paling rentan. Sebagai ibu, kudu selalu sedia probiotik. Makasih infonya ya kak..

    BalasHapus
  24. Emang 1000 hari pertama pasca dilahirkan, memang masa paling rentan bagi seorang bayi. Seorang ibu mesti punya probiotik untuk berjaga. Makasih infonya kak..

    BalasHapus
  25. Aku juga nih mbaa pake probiotik sejak pandemi kemarin. ngefek banget ke daya tahan tubuh anak, apalagi Isya pas itu masih setahunan kannn

    BalasHapus
  26. Luar biasa ya air susu ibu yang mampu memenuhi semua kebutuhan bayi hingga usia 2 tahun. Anakku aja yang pertama maupun yang kedua, ketika mereka sakit, obat yang paling ampuh ya air susu ibu ketika masih kecil dan masih belum boleh dikasih obat-obatan kimia. (Zen)

    BalasHapus
  27. Wah terima kasih infonya. Pencernaan memang penentu agar anak bisa bertumbuh baik dan optimal. Saya baru mempertimbangkan untuk memberi probiotik ke anakku. Boleh dicoba interlac ini.

    BalasHapus
  28. Anak memang sudah sangat harus diperhatikan asupan gizi dan segala macamnya sejak dalam kandungan, sih, ya. Beruntung banget maki ke sini, para ibu makin terbantu dengan produk yang bukan cuma menunjang kesehatan dan tumbuh kembang anak, tetapi juga aman dikonsumsi.

    BalasHapus
  29. ternyata Interlac aman ya untuk anak baru lahir, saya kira selama ini tidak ada produk probiotik untuk anak bayi

    BalasHapus
  30. Masih njelimet bedakan probiotik dengan prebiotik dan artikel ini membantu sekali. Makasih

    BalasHapus
  31. Waah baru tau aku kak kalau probiotik dan prebiotik itu berbeda. Nice sharing!! 🥰🥰

    BalasHapus
  32. Dulu belum seberapa ngeh tentang pentingnya probiotik ini. Alhamdulillah makin ke sini tercerahkan dari obrolan pengalaman teman-teman dan baca tulisan Mbak Atiq yang lengkap kayak gini. Jadi tau juga kalo Interlac mengandung probiotik

    BalasHapus
  33. Seribu Hari Pertama kehidupan merupakan masa yang ahrus betul-betul diperhatikan oleh calon ornag tua. Masa penting yang jika tidak diperhatikan dengan baik akan jadi tidak baik kemudian. Tapi sekarang juga ga perlu bingung karena ada interlac yang hadir untuk menemani orang tua khususnya bunda dalam mengawal 1000 HPK.

    BalasHapus
  34. Masalah pencernaan untuk bayi ini memang penting banget ya, Mbak. Jangan sampai terganggu, karena bisa mengganggu tumbuh kembanganya.

    Kalau perlu memang kasih tampahan probiotik.

    BalasHapus
  35. 1000 hari pertama kehidupan anak adalah waktu yang penting ya mbak
    Perlu konsumsi probiotik agar daya tahan tubuhnya terjaga

    BalasHapus
  36. Setahuku interlac buat anak yang sudah SD, ternyata ada yang buat baby, bagus kandungan interlac buat pencernaan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, dan tak hanya itu saja, hadirnya interlac juga mempermudahkan calon orang tua, khususnya bunda, dalam mengawal perkembangan dan kesehatan bayi mereka.

      Hapus
    2. Saya malah baru tau kalo interlac ada yang buat anak SD.
      Kirain cuma buat anak di bawah 2 tahun aja

      Hapus
  37. sedari hamil pun para bundaa mesti jaga asupan yaa dan asupan probiotic yaa. baru tau ternyata ada prebiotic dan probiotic, mesti rajin2 cari info kalau jadi orang tua yaaa

    BalasHapus
  38. Anakku juga konsumsi interlac mba, tapi yang bentuknya tablet. Ternyata ada produk oral untuk bayi juga ya..

    BalasHapus
  39. Jadi tahu syarat-syarat probiotik yang baik nih dan semua itu ternyata bisa kita dapatkan pada Interlac ya.

    BalasHapus
  40. Setiap fase tumbuh kembang anak ini selalu memiliki tantangan tersendiri yaa.. sehingga menjadi orangtua kudu banget perbanyak mengikuti ilmu kesehatan terkini dan memercayakan dengan produk yang sudah pasti bisa menjaga kesehatan cerna bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget ya mba, setiap baca artikel parenting selalu adaa aja nemu informasi-informasi baru yang emang harus dikulik buat bekal jadi orang tua nih

      Hapus
  41. Perlu sekali pastinya menyiapkan probiotic tepat buat anak nih ya, Mba. Jadi makin tahu deh sebagai seseorang yang ingin segera menikah dan punya anak.

    BalasHapus
  42. Interlac menjadi salah satu solusi untuk pemenuhan nutrisi anak-anak terutama saat 1000 hari pertama kehidupan yaa
    karena Interlac adalah probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh

    BalasHapus
  43. Jadi, sebegitu pentingnya ya memenuhi kebutuhan nutrisi pada 1000 HPK. Salah satunya yaitu bisa memberikan Interlac Drops untuk kebutuhan probiotik yang baik. Nice info Mba

    BalasHapus
  44. Di satu sisi ornag tua harus mendukung pertumbuhan janin dengan benar-benar optimal ya, namun dilain sisi juga harus benar-benar paham dengan nutrisi yang hrus atau akan dikonsumsi. Jangan sampai salah pilih. Harus yang betul-betul aman dan terbukti ya, Kak. Seperti interlac probiotic ini yang aman sudah terbukti

    BalasHapus
  45. Sebagus itu ya peran probiotik untuk tumbuh kembang si kecil.
    Apalagi juga membantu jaga sistem cerna.
    Kalau pencernaan baik, maka sehat dan bahagia

    BalasHapus
  46. probiotik emang sangat berperan penting dalam pencernaan anak supaya lebih sehat dan bisa memberikan manfaat juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus penyerapan gizi optimal

    BalasHapus
  47. anakkku dulu juga pakai interlac drop ini loh, kok ya ndilalah pas kena sembelit kronis juga.. dan syukurlah sembuh pakai interlac drop ini sambil dikaish obat juga

    BalasHapus
  48. Ternyata selama 1000 HPK ini banyak faktor yg harus dipantau ya. Gak cuma soal kelengkapan nutrisinya, tapi juga kecukupan dan bagaimana memilih yg tepat. Salah satunya probiotik ini yang sering gak kepikir ternyata punya peran besar untuk tumbuh kembang anak bahkan sejak bayi masih dalam kandungan.

    BalasHapus
  49. probiotik ini memang sangat penting bagi kesehatan si kecil ya mbak. beruntung sekali sekarang ada interlac yang memudahkan kita para ibu untuk memberikannya pada anak dengan lebih mudah dan tertakar dosisnya

    BalasHapus
  50. Wah untuk memenuhi kebutuhan probiotik anak sekarang jadi lebih mudah karena adanya Interlac Drops ya mba. Apalagi probiotiknya Interlac udah sesuai dengan syarat dari WHO. Kebutuhan nutrisi di 1000 hari pertama jadi bisa terpenuhi dengan baik

    BalasHapus
  51. Itu sebabnya, di 1000 hari pertama anak harus bener2 di jaga asupannya yah, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangett mba Ky, soalnya itu penentu sih menurutku. Kalau ngasal nti tumbuh kembangnya juga ngasall :((

      Hapus
  52. Mba.. kalau anak yg pup sehari udah 3x apa perlu prebiotik ini? Atau justru berlebihan ya..

    BalasHapus
  53. Pelajaran penting banget nih buat aku. Makin paham kalau periode 1.000 HPK penting banget buat manusia, jadi kudu dimaksimakan nutrisi tubuhnya seperti pake probiotiknya Interlac yak!

    (Arai)

    BalasHapus
  54. Anakku saat ini usianya sudah mau 6 bulan. Saat usianya 0 hingga sekarang aku ASI tapi di bantu sufor dan nanti mau stop susu mau pumpink karena ternyata anakku alergi susu hiks

    BalasHapus
  55. Oh, interlac ini menggunakanLactobacillus reuteri DSM 17938, jadi aman untuk bayi juga ya. Ini sangat membantu karena biasanya bayi baru lahir sering mengalami diare.

    BalasHapus
  56. Pilihan aman ini karena formulasi INTERLAC Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa.

    BalasHapus
  57. Sampai nggak tahu kalau 1000 hari pertama adalah momen terpenting, tapi alhamdulillah semua dapta dilewati denagn baik.. Interlac ini bagus ya untuk memenuhi kebutuhan probiotik anak

    BalasHapus
  58. 1000 hari ini brt menentukan sekali ya dan benar-benar harus diperhatikan, termasuk pemberian probiotic yang manfaatnya banyak ini. Untuk mengonsumsi suplemen Interlac ini, perlukah berkonsultasi dengan dokter Mbak?

    BalasHapus
  59. 1000 hari pertama anak itu memang penting banget ya, Mba. Selain pemberian ASI eksklusif, pencernaan anak juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, probiotik anak harus terpenuhi. Salah satunya dengan konsumsi suplemen makanan Interlac.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.