Berkomunikasi Profesional, Ternyata Ada Ilmunya! Ikuti Caranya Agar Sukses di Tempat Kerja

 Rupanya, kehidupan manusia yang menjadi makhluk sosial tidak lepas dari bagaimana kita berkomunikasi. Sejak lahir, kita sudah belajar untuk saling berkomunikasi. Melalui tangisan, tawa, atau kode lain dari gerak tubuh kita. Komunikasi, baik verbal atau non verbal, memang dibutuhkan secara profesional untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari.


Lebih profesional lagi, komunikasi diperlukan untuk setiap pengembangan bisnis. Hubungan antar rekan kerja yang baik, perlu dipupuk dengan komunikasi yang baik juga. Pada dasarnya keterampilan berkomunikasi menjadi kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu di dunia kerja.


Terkadang, komunikasi yang kurang dijaga dengan baik, akhirnya menimbulkan perselisihan di tempat kerja. Akibatnya, sering muncul kesalahpahaman antar individu, hingga pada tahap yang serius yakni mengganggu performa kinerja.


Oleh karena itu, penting untuk menguasai kompetensi dasar mengenai Communication Skills untuk memenuhi gap tersebut dan membuka peluang berkarir lebih luas. Belajar online di Platform Pembelajaran Online untuk memenuhi ilmu tersebut, sudah bisa dilakukan di jaman sekarang dengan mudah.


Pentingnya Belajar Berkomunikasi

Sebagai makhluk sosial, interaksi dengan sesama menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Sehingga, komunikasi menjadi poin utama untuk menyampaikan pesan dari masing-masing pihak. Komunikasi bukan hanya sekedar bagaimana pesan tersampaikan tetapi juga kesan yang didapat oleh komunikan.



belajar cara berkomunikasi secara profesional


Bagaimana pesan tersampaikan dengan tepat dan respon komunikan sebagaimana yang diharapkan oleh komunikator, menjadi titik penting dalam berkomunikasi. Kini, sudah banyak kelas webinar yang bisa diikuti dengan mudah untuk mendapatkan ilmu berkomunikasi lebih profesional.


Memahami Arti Komunikasi

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.


Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.


Komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya.


Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.


Komponen Dalam Komunikasi

Dalam mendukung keberhasilan berkomunikasi, terdapat beberapa komponen yang harus dipenuhi. Menurut Laswell komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :


  1. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain
  2. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain
  3. Saluran (channel) adalah media di mana pesan disampaikan kepada komunikan. Dalam komunikasi antarpribadi atau tatap muka, saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada atau suara
  4. Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerima pesan atas isi pesan yang disampaikannya
  6. Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.


Proses Komunikasi

Cara berkomunikasi yang baik merupakan gabungan dari mendengarkan dan menanggapi. Oleh karena itu, perlu juga dilatih kemampuan untuk mendengarkan. Mendengarkan lawan bicara berarti benar-benar fokus pada apa yang dibicarakan dan tidak memikirkan hal-hal lainnya.


Saat lawan bicara sedang mengutarakan pemikirannya, kita harus membiasakan untuk tidak memotongnya, namun menunggu diam untuk mendengarkan kalimat yang diucapkan. Hal ini bukan hanya membuat kita bisa berkonsentrasi mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara, tetapi juga membuatnya merasa dihargai.


Proses berlangsungnya komunikasi dapat digambarkan secara ringkas, sebagai berikut :


1. Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.


2. Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.


3. Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.


4. Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.


Cara Berkomunikasi Profesional, Kunci Sukses di Tempat Kerja

Komunikasi yang terjadi dengan baik, tentunya memiliki beberapa manfaat seperti menghindari misskomunikasi, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, dan juga mengurangi terjadinya konflik.


cara berkomunikasi profesional


Oleh karena itu, meningkatkan skill komunikasi secara profesional, bisa menjadi pilihan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja. Kini, ilmu komunikasi juga sudah banyak dan mudah untuk diikuti melalui belajar online. Berikut ini adalah prinsip teknik berkomunikasi secara profesional.


Berbicara Efektif

Berbicara efektif bisa berarti berbicara to the point. Tidak berputar-putar untuk menyampaikan suatu poin pembicaraan. Cepat, tepat, lugas dan dapat dimengerti oleh lawan bicara kita.


Dengan berbicara secara efektif, akan membuat lawan bicara kita lebih fokus pada setiap hal yang kita sampaikan dan lebih mudah mempengaruhi langsung ke dalam pikirannya.


Berbicara Penuh Motivasi

Komunikasi yang terjalin dan sampai kepada lawan bicara haruslah yang bersifat mendorong. Terlebih ketika yang berbicara adalah orang yang memiliki jabatan lebih tinggi daripada lawan bicaranya, seperti bos kepada anak buahnya.


Motivasi atau dorongan yang dimaksud adalah adanya bentuk penyemangat dalam kata-kata yang diucapkan. Sehingga lawan bicara tergerak untuk melakukan sesuatu dengan baik dan sungguh-sungguh berdasarkan pengarahan yang sudah diberikan.


Berbicara untuk Mendapat Perhatian

Pembicaraan yang membosankan dan tidak bertujuan, tentu akan membuat lawan bicara atau pendengar mengabaikan kata-kata kita. Dalam teknik berkomunikasi, kita perlu memperhatikan materi yang akan kita sampaikan pada lawan bicara agar membuat mereka tetap fokus dengan kita.


Nah, ada baiknya juga, kalau kita memperhatikan siapa lawan bicara kita, agar materi yang kita sampaikan tepat sasaran. Selain itu, usahakan penyampaiannya dilakukan dengan gaya yang menarik atau sesuaikan dengan lawan bicara.


Berbicara Melalui Keinderaan

Agar apa yang kita sampaikan meninggalkan bekas dalam pikiran lawan bicara maka kita bisa menguatkan komunikasi kita dengan ekspresi indera yang meyakinkan. Seperti menggunakan gerak tangan, tatapan mata, senyuman, atau kernyitan dahi pada saat melakukan komunikasi.


Hal tersebut akan menambah kesan tentang apa yang kita sampaikan. Ini juga akan membuat lawan bicara mengerti bahwa apa yang kita sampaikan adalah hal yang penting dan patut untuk didengar.


Dengan menerapkan berkomunikasi secara profesional, akan sangat membantu kita untuk saling memahami satu sama lainnya. Selain itu juga mampu menghindari kesalahpahaman dan tentunya akan saling memberikan rasa nyaman.


Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dapat membangun hubungan yang baik dengan kolega atau rekan kerja, dan membuka peluang bisnis maupun karier. Hubungan baik yang dimiliki saat bekerja tentunya dapat berpengaruh pada kinerja, karena selama bekerja, kita akan selalu bertemu dan berhubungan langsung dengan rekan-rekan kerja. Apabila terjadi salah komunikasi, pasti akan berdampak buruk pada kredibilitas dan produktivitas kerja. Untuk itu memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara profesional menjadi hal penting.


Gabung dengan QuBisa untuk Belajar Cara Berkomunikasi Profesional

Untuk bisa memiliki kemampuan berkomunikasi secara profesional, tentu perlu dilatih. Belajar cara berkomunikasi profesional perlu untuk terus ditingkatkan dan dikembangkan. Nah, salah satunya kita bisa ikut kelas webinar atau pelatihan-pelatihan dari lembaga pelatihan Prakerja yang ada.


Kelas yang diikuti bisa dengan belajar online, seperti online learning melalui bootcamp atau ada juga melalui kelas bootcamp accelerated bootcamp dari QuBisa.


platform pembelajaran online QuBisa


Pada kelas bootcamp ini, kita bisa belajar mengenai cara belajar berkomunikasi profesional untuk tenaga perkantoran umum. Dengan metode ajar yang digunakan yaitu melalui ceramah interaktif dan juga adanya penugasan, berupa kuis, evaluasi kelas, dan juga unjuk keterampilan.


Sebagai lembaga pelatihan Prakerja, QuBisa memberikan kelas ini dengan tujuan agar para peserta pelatihan mampu menerapkan prinsip-prinsip berkomunikasi yang efektif dalam membangun citra diri yang positif. Sehingga, akan mendukung terhadap hubungan kerja yang kondusif di era disrupsi.


Pelatihan ini ditujukan untuk level pemula yang dapat diikuti secara umum dengan menggunakan bahasa indonesia. Pasti akan memudahkan Sobat QuBisa untuk meniti karier dengan lebih baik dan positif.


Caranya juga mudah, kalian bisa langsung menuju ke "belajar cara berkomunikasi secara profesional" untuk segera mendaftarkan diri dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


Kesimpulan, Belajar Cara Berkomunikasi Profesional Jadi Kunci Sukses di Tempat Kerja

Kini, meningkatkan kemampuan dalam suatu bidang sudah mudah dilakukan di Platform Pembelajaran Online. Baik upskill dan reskill melalui webinar sudah cukup untuk memberikan kita ilmu baru yang dapat menunjang kebutuhan di dunia kerja.


Apalagi sudah ada lembaga pelatihan Prakerja, seperti QuBisa yang banyak membuka kelas bootcamp untuk umum, termasuk adanya online learning melalui bootcamp. Kesempatan ini tentunya menjadi angin segar bagi para individu yang masih terus meniti karirnya dalam dunia kerja.


Upskill dan reskill melalui webinar bisa jadi pertimbangan bagi yang tidak memiliki waktu lain untuk hadir dalam pelatihan luring. Yuk, download dan daftarkan diri segera di Aplikasi QuBisa untuk mendapatkan informasi program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan diri.

26 komentar:

  1. Komunikasi memang sangat perlu sekali diterapkan dalam kehidupan, karena kita berhubungan dengan banyak orang. Termasuk saat bekerja. Pastinya kita bersinggungan dengan berbagai orang juga. Dan memang harus dipelajari juga. Alhamdulillah, sekarang ada QuBisa ya, Mbak. Lewat pelatihan online, kita diajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik.

    BalasHapus
  2. Berkomunikasi secara profesionalmemang membutuhkan waktu dan proses, tapi itu tidak cukup, kita juga butuh mentor. Saya lihat di QuBisa ini komplit sekali pilihan webinar dan pelatihan yang bisa mendukung skill berkomunikasi, apalagi ada sendiri paket pelatihan cara berkomunikasi profesional bersama mentor berpengalaman.

    BalasHapus
  3. penting banget memiliki kemampuan berkomunikasi secara profesional. secara dunia kerja saat ini mengedepankan komunikasi yang efektif agar sat set gitu hehe

    BalasHapus
  4. Wah keren ya, ada program belajar komunikasi di Qubisa. Cocok banget buat yang kesulitan berkomunikasi atau introvert gitu ya.

    BalasHapus
  5. Salah satu kerja atrategis ya dengan komunikasi yang lancar. Koordinasi mengenai operasional perusahaan harus dibarengi dengan komunikasi yang baik. Baik itu kepada atasan, rekan, maupun anak buah.

    BalasHapus
  6. Komunikasi ini masalah dasar di setiap pekerjaan sih. Sekeren apapun skill kalian, kalo ga bs komunikasi dgn baik kepada sesama teman & pimpinan, ya kerjaan bakal berantakan sih. Penting banget pelatihan komunikasi ini.

    BalasHapus
  7. Dulu saya termasuk orang yang insecure dalam hal berkomunikasi dengan orang-orang, namun lama-kelamaan tersadarkan akan manfaat dan pentingnya komunikasi dengan baik dan benar, jadi ya memang perlu banget belajar tahap demi tahapannya

    BalasHapus
  8. Belajar berkomunikasi ini penting banget ya. Kadang aku merasa sulit menyampaikan pesan dan pendapat. Dan kadang sering juga orang salah paham dengan maksudku. Wah perlu belajar di QuBisa nih

    BalasHapus
  9. QuBisa banyak pilihan ya buat kita meningkatkan skill. Apalagi buat peserta Prakerja, memudahkan buat nambah kompetensi dalam hal berkomunikasi.

    BalasHapus
  10. Tentunya sy juga udh download aplikasi Qubisa, ada pengajarnya bisa kita download gratis dan cakap dgn guru yg menerangkan.

    BalasHapus
  11. Komunikasi memang ada seninya dan harus bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisinya, namun tidak semua orang memang paham dan bisa menerapkannya sata berkomunikasi, sehingga kursus bisa menjadi salah satu cara untuk melatihnya

    BalasHapus
  12. "Dengarkan orang bicara sampai selesai, baru membalas." Sepertinya itu yang paling susah dipraktikkan oleh orang yang suka mendebat, nyolotan, atau ingin menunjukkan "ini gue lho". Nggak cuma di acara debat di TV, di real life juga sering nemu yang begini. Mereka mesti ikut kelas QuBisa, kali ya.

    BalasHapus
  13. Belajar komunikasi itu penting dan nggak bisa berakhir dengan latihan singkat sih ya, melainkan terus menerus biar terasah terus. Salah satu skill yang penting dimiliki sesiapa saja yang ingin sukses di tempat kerja. Senangnya banyak banget kelas kelas komunikasi yang dihadirkan QuBisa. Akupun belajar di sana.

    BalasHapus
  14. cara berkomunikasi ternyata banyak jenisnya ya Mbak, apalagi komunikasi profesional which is memang perlu diketahui nih, harus tahu dan bisa membedakan juga komunikasi ranah profesional dan santai ya.
    biasanya kalau kerja dengan orang luar itu butuh komunikasi yang efektif, gak perlu dah yang berputar-putar ke mana-mana dulu baru nyampe tujuan, orangnya jadi eneg duluan :D

    BalasHapus
  15. berbicara efektif ini emang cara berkomunikasi yang paling makdes,to de poin gitu sih menurutku ya, Kak. Jadi nggak ada kalimat pembuka yang mbulet, langsung das des! Hmm, menarik nih di Qubisa ada bootcamp tentang berkomunikasi profesional ini.

    BalasHapus
  16. Komunikasi emang kayak hal yang sepele. Kita pikir semua orang bahkan sudah bisa berkomunikasi sejak kecil. Cuma memang ada hal-hal yang perlu kita perhatikan. Biar terkesan efektif dan profesional.

    By Yuni Bint Saniro

    BalasHapus
  17. Berkomunikasi secara profesional dengan baik dan tepat memang perlu ilmunya. Apalagi di suatu perusahaan, sering beda pendapat. Mengerem untuk tidak menyela ketika ada yang berbicara adalah sebuah keberhasilan.

    Apalagi yang disampaikan oleh pengirim pesan, beda banget dengan pekikiran kita. Kalau gak pandai mengontrol, bisa-bisa debat kusir, tanpa ujung.

    BalasHapus
  18. Betul mba ilmu komunikasi itu penting dan bisa jadi dasar hubungan baik dengan orang lain atau pekerjaan

    BalasHapus
  19. Wahyuindah9/4/23

    Komunikasi itu butuh skill yang jitu ya dan memang sangat dibutuhkan saat ini. Untung ada Qubisa yang bisa dijadikan tempat belajar ya

    BalasHapus
  20. Emang yaa kalo gapunya bekal komunikasi yaang baik itu bahaya sih menurut aku, karena ini skill dasar bangett kan masalahnyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget sih,sekarang itu memang cara berkomunikasi menjadi kunci juga menjalin hubungan baik dengan orang lain sih. Secara sosial juga pasti butuh komunikasi agar terjalin kelancaran aktifitas sosial.

      Hapus
  21. Ilmu komunikasi itu penting banget untuk orang di lingkungan kerja,

    BalasHapus
  22. aku jadi inget bosku pernah bilang kalau apa pun masalahnya, komunikasi itu jadi hal penting pertama. karena kadang masalah dimulai dari salahnya komunikasi.

    BalasHapus
  23. skill komunikasi ini emang penting banget sih menurutku, apalagi untuk yag kerjanya harus ketemu dengan banyak klien yaa, untungnya sekarang ada Qubisa yang siap jadi tempat belajar

    BalasHapus
  24. Ilmu komunikasi ini pastinya sangat dibutuhkan bahkan oleh semua orang. Karena urgensinya dan pasti akan sangat bermanfaat untuk keseharian. Bersama Qubisa, aku juga pingin belajar Cara Berkomunikasi Profesional.

    BalasHapus
  25. baru tahu juga kalo ada komunikasi profesional, keliatannya bagus banget utk yg biasa speaking public ya kak, kalo utk org introvert mngkin butuh proses lebih lama utk belajar ginian,

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.