Tips Lolos SNBP 2024 99% Pasti! Yuk, Belajar Bareng Ruangguru

 Tidak terasa, sebentar lagi sudah masuk semester baru untuk para siswa. Saatnya mulai mencari sekolah baru bagi yang akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Bagi yang akan meninggal bangku Sekolah Menengah Atas, SNBP merupakan salah satu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang dapat diikuti.


SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, yang kita ketahui menggunakan sistem undangan. Dimana usaha yang bisa dilakukan hanya melakukan pengisian pdss, verifikasi sampai dengan pendaftaran. Sedangkan untuk seleksi, hanya menunggu pemeringkatan dari panitia. Lalu, apakah ada cara atau tips agar kita dapat memaksimlkan dan berusaha bisa memiliki peluang lulus lebih besar dari orang lain?


Baca juga:

Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan Bareng Ruangguru

Manfaat Aplikasi Ruangguru


Tentu saja ada! Meski SNBP bisa dikatakan merupakan seleksi menggunakan sistem, kita bisa menerapkan tips cara lolos SNBP 2024. Beberapa tips yang bisa digunakan adalah lebih kepada mekanisme dan pemilihan, seperti jurusan dan kampus, serta waktu yang tepat untuk mendaftar.


Cara Memulai Daftar SNBP 2024

Nah, karena SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Maka, perlu dipersiapkan adalah rapor yang digunakan. Yaitu mulai dari semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. Atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.


Selanjutnya, pastikan jika sekolah sudah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Kemudian, pihak sekolah akan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar. Begini langkah Daftar SNBP 2024.


1. Siswa eligible yang telah memiliki data di PDSS melakukan pendaftaran SNBP melalui Portal SNPMB dengan menggunakan akun SNPMB Siswa.

2. Siswa pendaftar harus membaca dan memahami ketentuan SNBP tentang ketentuan memilih program studi dan memahami persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.

3. Siswa pendaftar pada program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada menu Unduhan

4. Siswa pendaftar wajib mencetak Kartu Peserta SNBP sebagai tanda bukti yang sah menjadi peserta SNBP 2024.

5. Daftar ulang di PTN tempat calon mahasiswa diterima mengikuti ketentuan PTN yang dituju.


Jika sudah memahami cara pendaftarannya, maka kita tinggal mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Juga, jangan lupa untuk melihat waktu yang tepat kapan melakukan pendaftaran. Hal ini agar mendapatkan peluang lebih besar untuk lolos Daftar SNBP 2024.


Tips Lolos Seleksi SNBP 2024

Selain memang harus dipersiapkan dari semester awal untuk medapatkan nilai rapor yang baik, langkah-langkah ketika akan Daftar SNBP 2024 juga perlu diperhatikan. Agar apa yang sudah kita upayakan dengan hasil belajar dari semester 1, tidak sia-sia.


Beberapa poin berikut ini, merupakan hal yang penting diperhatikan agar wakil dari sekolah yang dikirim dapat diserap sebanyak-banyaknya oleh perguruan tinggi manapun. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan Seleksi SNBP 2024.


1. Tidak Menumpuk Satu Jurusan untuk Lolos Seleksi SNBP 2024

Pemilihan jurusan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Ketika proses SNBP saat ini menggunakan sistem undangan, persaingan tentu sudah dimulai dari sekolah kita sendiri.


Jadi, memilih jurusan bukan hanya perkara yang kita kuasai atau kita sukai namun lebih kepada kuota dan jumlah peminat, seperti contoh jika dalam satu sekolah di dominasi oleh peserta SNBP yang memilih jurusan kedokteran, maka dipastikan peluang untuk lulus SNBP akan sangat kecil karena sudah pasti kita bersaing dengan orang-orang lebih pintar dari kita disekolah.


Pastikan memilih jurusan yang paling sedikit di pilih terutama di sekolah kalian, itu akan memberikan peluang lebih besar untuk lulus, yang pasti jangan sampai menumpuk pada satu atau beberapa jurusan saja itu salah satu Trik Lolos SNBP 2024.


2. Memilih Jurusan yang Paling Besar Nilainya Berdasarkan Nilai Rapot

Tips penting selanjutnya, kalian harus cek nilai apa saja yang paling tinggi. Seperti contoh nilai kimia, dari awal sekolah sampai ujian sekolah paling tinggi mengalahkan nilai lainnya, maka disarankan memilih jurusan dengan rumpun kimia, yang bisa dipilih seperti Farmasi, Apoteker, Teknik Kimia, Analis Kimia, Pendidikan Kimia, Atau Kimia MIPA.


3. Grafik Nilai Dari Awal Terus Meningkat untuk Lolos Seleksi SNBP 2024

Proses SNBP memang hanya mengandalkan sistem nilai rapot pada PDSS. Jika kalian memiliki nilai yang terus meningkat dari semester awal hingga nilai UN, maka besar kemungkinan akan lulus meski rata-rata nilai yang di dapat jauh lebih kecil dari nilai teman kalian. Poin yang paling bagus adalah terus meningkat dari awal sekolah sampai lulus, itu merupakan prasyarat yang cukup penting untuk bisa lolos Seleksi SNBP 2024.


Terakhir yang terpenting adalah, selalu cek jadwal belajar anak kelas 12 untuk mempersiapkan diri menuju SNBT 2024. Agar bisa dipersiapkan harus apa dan belajar apa, jadi tidak terlewatkan kesempatan emasnya!


Persiapkan Nilai Rapor untuk Lolos SNBP 2024, Yuk Belajar di Ruangguru!

Tidak seperti jalur tertulis yang bisa diikuti 3 tahun berturut-turut, proses seleksi SNBP ini hanya sekali bisa diikuti. Tidak akan ada lagi rekomendasi kedua yang dilakukan oleh sekolah. Jadi, jika ingin lolos SNBP 2024, untuk mempersiapkannya perlu dilakukan usaha panjang.


daftar snbp 2024


Namun, kini belajar bersama Ruangguru sudah memudahkan para siswa agar mendapatkan nilai rapor yang baik. Ruangguru bisa menjadi pilihan teman belajar dimana saja dan kapan saja. Banyak program belajar yang bisa diikuti sesuai dengan kebutuhan siswa.


Baca juga:

Review Produk Ruangguru

Aplikasi Belajar Online


Ruang Belajar

Satu-satunya bimbingan belajar terlengkap dengan video adaptif bisa didapatkan pada produk Ruang Belajar dari Ruangguru. Banyak fitur yang diberikan sesuai dengan kebutuhan belajar. Jadi, anak-anak bisa belajar seru dengan fitur video, cocok deh kalau mau ngejar hasil rapor bagus buat daftar SNBP 2024.


Baca juga: Belajar Seru di Kelas Live Teaching


Fitur Robo Guru

Fitur Robo Guru yang disediakan Ruangguru ini bisa jadi solusi saat kesulitan mengerjakan soal. Fitur ini dapat membantu kita menjawab dengan tepat, cepat dan gratis pula. Wah, layanan yang cocok nih untuk belajar cepat tanpa bingung ingin tanya sana-sini.


Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Robo Guru


Ruangguru Privat

Jika ingin mendapatkan pengajaran yang lebih eksklusif, kalian juga bisa ikut di kelas Ruangguru Privat. Dengan kualitas pengajar yang terjamin dan berpengalaman di bidangnya, kita juga bisa atur kebutuhan belajar sesuai keinginan.


Baca juga: Belajar Mengaji di Ruangguru Privat


Ruang Uji

Nah, yang ini cocok untuk mempersiapkan UTBK atau SNBP 2024. Kalian bisa pilih tryout reguler gratis atau premium sesuai kebutuhan. Soal-soal yang disediakan sudah sesuai standar BP3 Kemdikbud. Tersedia 7 tipe subtes (4 Tes Potensi Skolastik & 3 Tes Literasi) dengan beragam format soal. Dengan banyak berlatih, tentu akan lebih mudah menghadapi saat ujian tiba.


Kesimpulan, Siap Lolos SNBP 2024? Yuk Gabung Ruangguru!

Jadi, belajar masa kini tidak hanya monoton di ruang kelas saja. Usai belajar di sekolah, kita juga bisa belajar lagi dengan metode lain, seperti menonton video pembelajaran yang menyenangkan. Ini akan menambah wawasan kita, serta mempermudah pelajaran di sekolah lebih dimengerti.


seleksi snbp 2024


Ruangguru, menjadi solusi untuk anak-anak yang ingin belajar sesuai kebutuhan, yang menyenangkan. Bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Sehingga mood belajar anak akan lebih meningkat saat sesuai keinginannya belajar. Semoga dapat membantu menghasilkan nilai rapor terbaik untuk lolos seleksi SNBP 2024. Semangat!

18 komentar:

  1. agar lolos SNBP, memang poin pertama itu dilihat dari nilai-nilai akademik sekolah ya, Mbak. Jadi nilai-nilai pelajaran bagus, agar peluang lolos juga besar. Jadi agar nilai di sekolah bagus, wajib sekali semangat belajar, termasuk ikut bimbangan belajar.

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang nilai raport masih diperlukan ya. Selama ini, aku nggak terlalu perhatiin nilai raport adikku. Yang penting mah dia bisa memahami pelajarannya dengan baik. Nggak bikin pelanggaran.
    Tapi emang nilai raport adikku memang sudah bagus sih.

    BalasHapus
  3. wahhh, sudah ada cara nih untuk lulus SNBP 2024. Ruangguru sudah memberikan jalan dan cara untuk bisa membuat kita belajar lebih baik lagi dan optimal

    BalasHapus
  4. Iya juga sih, kalau jurusan yang kita minati ternyata banyak juga peminatnya, waah jadi tantangan tersendiri nih ya. Kudu belajar lebih giat lagi

    BalasHapus
  5. Iya, SNBP ini harus diperjuangkan dan dipersiapkan dengan serius ya mbak
    Makanya pas banget klo persiapannya di Ruangguru

    BalasHapus
  6. daftar kuliah jalur undangan gini memang harus pintar ngatur strategi dan juga harus selalu menjaga nilai biar tetap bagus ya di kelas 10 dan 11 apalagi kalau yang dipilih itu jurusan banyak peminatnya pasti lebih berat persaingannya

    BalasHapus
  7. ga berasa ya sudah mau ke penghujung semester lagi dan waktunya anak-anak sekolah yang tingkat akhir bersiap-siap untuk masuk perguruan tinggi, pastinya harus disiapkan dari sekarang agar lolos di kampus impian. Bimbel punya peranan penting untuk mereka lolos jadi harus memilih tempat bimbel yang terpercaya dan berpengalaman

    BalasHapus
  8. Saat ini semakin banyak media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri menjadi yang terbaik. Khususnya dalam dunia pendidikan bisa belajar melalui bimbel seperti Ruang Guru. Bisa nih direkomkan ke tetangga, mumpung ada Ruangguru juga di dekat rumah

    BalasHapus
  9. Ruangguru punya program lengkap ya gak hanya bimbingan belajar untuk siswa dari SD sampai SMa tapi juga persiapan menghadapi ujian SNBP. Yang pasti fitur dan kayaknya udah pasti kompatible dengan kebutuhan. Ujian SNBP ya. Saya sih jadi keinget jaman ujian begini dulu, hehehe. Ikut bimbel juga tapi bimbelnya masih Dateng ke tempat les.

    BalasHapus
  10. Ruangguru punya program lengkap ya gak hanya bimbingan belajar untuk siswa dari SD sampai SMa tapi juga persiapan menghadapi ujian SNBP. Yang pasti fitur dan kayaknya udah pasti kompatible dengan kebutuhan. Ujian SNBP ya. Saya sih jadi keinget jaman ujian begini dulu, hehehe. Ikut bimbel juga tapi bimbelnya masih Dateng ke tempat les.

    BalasHapus
  11. Ternyata ada tips dan trik ya supaya lolos SNBP 2024. Saya kira hanya nilai saja. Ternyata ada banyak faktor

    BalasHapus
  12. Oh UTBK-SNBT sama SNBP ini berbedakah?

    Bismillah, dengan usaha yang maksimal dan mengikuti bimbingan secara serius dengan memperbanyak ragam latian soal, semoga lancar mengincar jurusan yang diimpikan untuk kuliah 2024.
    Aamminn~

    BalasHapus
  13. Makasih sharingnya mba, anak saya juga udah siap2 utk SNBP nih sejak kls 2 SMA

    BalasHapus
  14. Makasih sharingnya mba, anak saya juga udah siap2 utk SNBP nih sejak kls 2 SMA

    BalasHapus
  15. Terimakasih semua tipsnya
    Memang kalau gak kuat kuat amat, sebaiknya cari jurusan yang tak difavoritkan ya. Pilih jurusan yang tidak banyak diincar biar ada kesempatan juga kalau misalnya kita bisa masuk. Soal mau diambil atau tidak , itu bisa diatur kalau sudah yakin mana aja jurusan yg diterima ya

    BalasHapus
  16. Wah, perlu disave dan dishare nih ke temen. Thanks for sharing ya, mbak.

    BalasHapus
  17. Benar sekali! Belajar dengan metode yang menyenangkan seperti menonton video pembelajaran di Ruangguru membuat proses pembelajaran jadi lebih seru dan efektif. Semoga semangat belajarnya terus berkobar, dan berhasil meraih nilai rapor terbaik untuk SNBP 2024. Keep it up! 💪📚

    BalasHapus
  18. bener sih, kalau mau ikut SNBP cek nilai rapor mata pelajaran apa yang paling tinggi ya itu sih peluang masuk lebih besar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.