Simak 3 Cara Ampuh Menghidrasi Kulit Tubuh

Aku sedang mulai rutin untuk menghidrasi kulit tubuh ku. Bukan hanya di wajah saja sekarang, namun seluruh tubuh. Hal ini aku lakukan karena kondisi kulitku yang cenderung kering. Jika kulit sampai dehidrasi, rasanya akan gatal dan tidak nyaman.


Selain menjaga kebersihan tentunya, ternyata kulit juga penting untuk dijaga hidrasinya. Baik itu dilakukan dari dalam, juga dijaga dengan perawatan dari luar. Setelah menemukan hal yang tepat, aku rasa tidak berat melakukannya.


Apa yang Dimaksud dengan Hidrasi Kulit?

Hidrasi kulit adalah mencukupi kebutuhan air di kulit, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit.


Kulit dapat mengalami dehidrasi akibat kadar air yang tidak mencukupi di sel-sel kulit dan bisa dialami oleh jenis kulit apapun. Jadi ternyata, tidak hanya kulit kering saja yang rawan dehidrasi ya, kulit berminyak pun juga bisa.


Apa penyebabnya? Perawatan kulit yang kurang tepat, gaya hidup yang tidak sehat, jarang minum air putih, pola makan yang tidak seimbang, serta kurang istirahat, dapat menjadi penyebab kulit mengalami dehidrasi.


Seperti Apa Kulit Dehidrasi? Kulit yang mengalami dehidrasi biasanya terlihat kusam, terasa sangat kencang, bersisik, bahkan sedikit gatal terutama setelah mandi. Kondisi ini dapat menjadi signal kalau tubuh kurang cairan.


Apa Dampak Buruk Dari Dehidrasi Kulit? Kulit yang mengalami dehidrasi artinya tubuh sedang kekurangan air. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan pola dan corak kulit secara keseluruhan terlihat tidak rata, disertai garis-garis halus yang lebih nyata.


Manfaat Menghidrasi Kulit Tubuh

Memiliki kulit yang sehat sudah pasti jadi impian semua orang, apalagi untuk para wanita, eheem.. Nah, salah satu cara agar kulit tetap sehat adalah dengan memastikan kondisi kulit tetap terhidrasi. 


Kulit yang terhidrasi adalah salah satu kunci untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, masih ada manfaat lain yang bisa kita rasakan jika kulit terjaga hidrasinya. Yuk, mulai rajin menjaga kulit agar kita bisa merasakan manfaatnya ini.


Kulit Tampak Lebih Cerah

Aku si pemilik kulit kusam langsung menjerit membaca ini. Oh no! Rupanya salah satu penyebab kulit menjadi kusam adalah kondisi kulit yang tidak terhidrasi, lho! Kondisi kulit yang hidrasi, dapat menjaga kelembapan pada kulit.


Kondisi lembap inilah yang akan menjaga sirkulasi air dalam kulit terjaga. Dengan kulit yang terhidrasi, maka akan lebih sehat dan tampak lebih cerah. Hmm.. bye-bye kusam!


Kulit Lebih Kenyal

Nah, jika kulit yang hidrasinya terjaga maka akan lebih lembab dan lebih kenyal. Kandungan air dan nutrisi dari produk hidrasi yang kita gunakan akan meresap pada lapisan epidermis di kulit. Hal ini yang membuat kulit terasa lebih kenyal.


Kulit Lebih Sehat

Kulit yang baik tentunya bukan yang terlihat putih. Namun yang terawat dengan menjaga kondisinya terhidrasi. Ini akan membuat kulit lebih sehat. Kulit yang sehat tentu mampu membuat kalian tampak lebih muda kan?


Jika terhidrasi dengan baik, kulit tidak akan menjadi kering. Kulit yang kering bisa menjadi tanda kondisi kulit yang kurang sehat. Juga, menjadi salah satu penyebab terjadinya kerutan yang membuat terlihat lebih tua.


3 Cara Ampuh Menghidrasi Kulit Tubuh

Menurut pakar kesehatan, tubuh manusia terdiri dari 60%-70% air. Air menjadi hal yang penting dibutuhkan untuk tubuh. Fungsinya untuk menjaga organ-organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Oleh karena itu, kita wajib memenuhinya.

cara hidrasi kulit tubuh

Langkah menghidrasi kulit dapat dilakukan dengan hal yang sederhana. Terlihat mudah, namun membutuhkan keteraturan agar menjadi kebiasaan. Nah, 3 usaha ini yang aku lakukan untuk menjaga kulitku tetap terhidrasi. That's works? Hmm Yes!


1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Kita ini wajib untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas atau sama dengan 1,5 liter per harinya. Karena tanpa disadari, kita kehilangan hidrasi dalam satu hari melalui urin, feses, keringat, bahkan napas.


Nah, kondisi dehidrasi rupanya tidak hanya berpengaruh pada kesehatan, tapi juga memberikan dampak yang terlihat pada kulit. Orang yang jarang minum air putih, kondisi kulitnya cenderung lebih kering dan kasar, serta kusam.


Rupanya, masih banyak orang yang mengabaikan untuk minum air putih. Bahkan, ada juga yang tidak suka minum air putih. Hayoo.. kalian sudah rajin minum air putih belum? Jika memang tidak suka, bisa tambahkan rasa dari irisan buah kesukaan ke dalam air putih.


Tidak hanya dari air putih saja, cairan juga bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah dan sayur. Selain cairan, kandungan vitamin di dalam buah dan sayur, baik untuk kesehatan kulit.


2. Lebih Baik Mandi dengan Air Dingin

Kebiasaan mandi juga berpengaruh pada kondisi kulit. Terlalu sering mandi justru membuat kulit akan lebih kering. Apalagi jika menggunakan sabun yang kurang tepat. Ditambah lagi kebiasaan mandi dengan air panas.


Mandi air panas secara berlebihan, terutama untuk jangka waktu yang lama setiap hari, dapat merusak kesehatan alami minyak dari kulit. Inilah penyebab kulit semakin kering dan menjadi gatal.


Mandi dengan air dingin akan memungkinkan perlindungan terhadap peradangan, menjaga keseimbangan minyak alami dan mikro organisme untuk keseimbangan kulit. Sehingga membantu kulit tetap terhidrasi.


3. Pilih Produk Skincare yang Tepat Agar Kulitmu Terawat

Pilih produk yang tidak hanya melembabkan kulit saja, namun juga menghidrasi. Secara produk pun, produk penghidrasi dan pelembap ternyata berbeda.


Produk penghidrasi kulit biasanya mengandung bahan-bahan yang sifatnya humektan. Cara kerjanya dengan menyerap air dari udara atau dari dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan air di dalam lapisan kulit serta di permukaan kulit.


Pelembap lebih mengarah kepada bahan-bahan yang berjenis oklusif. Melapisi permukaan kulit agar air dari dalam lapisan kulit tidak menguap. Serta emolien yang mengisi retakan-retakan di permukaan kulit sehingga kulit terasa lembut dan halus saat disentuh.


Jadi, memilih produk untuk merawat kulit, perlu menggabungkan kedua fungsi tersebut. Selain yang melembabkan juga yang dapat menghidrasi. Sehingga hasilnya lebih maksimal.


NPURE, Skincare Tepat Agar Kulit Terawat

Menjadi produk skincare lokal yang sudah dikenal, pasti membanggakan. Apalagi jika banyak dipilih karena kualitasnya yang bagus. Belum lagi inovasi produknya semakin lengkap dan menjawab hampir semua permasalahan kulit kaum hawa di Indonesia.


NPURE merupakan BRAND ASLI INDONESIA, yang lahir pada tahun 2017. Hadir dengan bahan-bahan alami terbaik dari Indonesia, yang dipilih sendiri oleh petani lokal. Semua produknya sudah terdaftar BPOM, Halal, dan Teruji Secara Dermatologis.


Selain itu menggunakan Bahan Tidak Beracun (Bebas Paraben, Bebas Alkohol, Bebas Mineral Oil & Bebas SLS). Semua dilakukan dalam visi untuk mendorong wanita Indonesia lebih percaya diri dengan memiliki kulit cantik alami yang sehat.


Dengan visinya tersebut, NPURE ingin berani menyebarkan pesan "Pure Beauty In Natural Way".


NPURE Noni Probiotics Series

Jujur saja, aku langsung tertarik dengan produk awal NPURE yang Centella Asiatica Series. Mulai dari packagingnya yang desainnya cantik dan benar-benar terkonsep untuk perawatan kulit.


Sudah sempat mencoba juga produk tonernya yang masih booming sampai sekarang. Memang ringan dan nyaman dipakai. Di series Cica, aku juga berhasil mencoba produk sunscreen nya yang kekinian.


Kini, NPURE menghadirkan series terbarunya, Noni Probiotics Series. Menggandeng penyanyi cantik Isyana Sarasvati sebagai Brand Ambassador-nya. Series ini, khusus untuk para kulit sensitif agar kulit tampak lebih sehat alami.


Noni Probiotics “Hydrate Me” Body Soft Lotion

Rp 99.000,-

BPOM NA 18210108077

Produk ini tampil dengan warna packaging-nya yang sangat berbeda dari sebelumnya. Warna yang dipilih adalah abu-abu muda yang kalem. Namun tetap menarik perhatian.


Dan aku kembali suka dengan desainnya yang masih tetap cantik seperti produk-produk lainnya. Menjadi ciri khas produk NPURE.


Series ini hadir dengan 5 produk utamanya, yaitu cleanser, toner, ampoule, moisturizer dan lotion untuk tubuh. Menghadirkan produk yang lengkap untuk perawatan tubuh rasanya menjadi wishlist para wanita yang sudah 'haus' perawatan, hihi..


npure noni probiotics body soft lotion


Pertama, aku akan mencoba produk lotion dari series ini. Kenapa? karena tertarik dengan taglinenya "Hydrate Me!" Of course, kulitku sangat membutuhkannya.


Jadi, setelah beberapa hari ini aku menggunakannya secara rutin, mari kita kupas si Noni Probiotics “Hydrate Me” Body Soft Lotion.


Kandungan Utama Noni Probiotics “Hydrate Me” Body Soft Lotion 

Merupakan unscented body lotion yang ideal untuk kulit sensitif. Formulanya yang ringan dan cepat menyerap dengan kandungan utama Natural Noni yang memberikan kenyamanan dan menghidrasi kulit sepanjang hari.


Diperkaya dengan Probiotics 9 Complex untuk menyeimbangkan microbiome yang ada di kulit. Ekstrak Chamomile, Bisabolol, Betaine, Allantoin, Ceramide NP, Macadamia Integrifolia Seed Oil, dan Derma-Clera™ / Cynanchum Atratum Extract.


Macadamia Integrifolia Seed Oil, merupakan minyak yang didapatkan dari Ekstrak Kacang Macadamia. Minyak ini memiliki sifat melembabkan yang sangat baik karena mengandung Palmitoleic Fatty Acid.


Dimana yang merupakan salah satu senyawa penting untuk kesehatan dan kelembapan kulit. Macadamia Integrifolia Seed Oil mudah diserap oleh kulit dan berfungsi sebagai emollient yang dapat melembutkan kulit dan ideal untuk jenis kulit kering.


Derma-Clera™ / Cynanchum Atratum Extract Cynanchum Atratum Extract, adalah ekstrak tumbuhan dari pengobatan Korea untuk menguatkan fungsi skin barrier, menghambat reaksi inflamasi dan memberikan efek regenerasi kulit yang tinggi.


Manfaat utamanya adalah, Memperkuat skin barrier. Memberikan efek anti-inflamasi. Memberikan efek soothing pada kulit. Mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Juga bagus untuk treatment kulit dermatitis atopik dan psoriasis.


Kemasan Produk 

Seperti yang aku ceritakan di atas, kemasan NPURE selalu cantik desainnya. Packaging luarnya adalah kardus jenis duplek. Kemudian di-press dengan plastik kemasan paling luar. Hal ini bisa menjaga produk jika dikirim untuk para pembeli online.


Dengan warna duplek abu-abu muda dan desain minimalis yang cantik. Dan aku tertarik! Dalam kemasan kardusnya terdapat logo NPURE dibagian atas. Keterangan tentang produk, cara pakai dan ingredientsnya ada di bagian sisi-sisinya.


Semua informasi produk hampir lengkap dituliskan pada sisi-sisi kemasan kardusnya. Pada bagian bawah kardus packagingnya juga terdapat barcode scan untuk mendapatkan info keaslian produk.


Sedangkan untuk kemasan lotionnya menggunakan botol plastik kode 1 dengan PET. Kemasan plastik dengan kode ini terbuat dari bahan polyethylene terephthalate. Permukaan seluruh botolnya halus, tidak mudah rusak atau pecah, dan tahan suhu panas.


Botolnya berwarna abu-abu muda sama persis dengan warna kemasan kardus dupleknya. Terdapat informasi produk di bagian botolnya termasuk cara penggunaannya. Juga tanggal kadaluarsanya. Memudahkan cek exp. date di kemasannya.


Dengan isi 80 ml, ukuran lotion ini cukup travel friendly. Apalagi jika melihat model tutup botolnya yang dibuat pump namun terdapat lock. Praktis dan aman. Tidak khawatir tumpah, dan mudah digunakan.


Teksture dan Aroma 

Teksture dari lotion ini lebih kental dari lotion biasa, bahkan hampir seperti Gel. Warnanya putih bening yang jika dioleskan dapat dengan mudah menyerap. Sedangkan untuk aromanya, tercium aroma yang sangat lembut.


Mungkin karena kandungannya yang Fragrance-Free, jadi aromanya tidak wangi menyengat. Tapi juga tidak mengganggu aroma asli kandungannya. Tetap tercium wangi khas yang lembut.


Review Pemakaian 

Nah, setelah menggunakannya selama seminggu lebih, overall aku suka, suka banget! Mulai dari kemasannya, dari warna dan desain botolnya yang aman dan praktis. Kemudian dari teksturnya yang gel, cocok untuk kulitku.


Aku pakai lotion ini secara rutin di pagi dan malam hari. Pagi setelah mandi dan malam hari sebelum tidur. Hasil langsung yang dapat dirasakan, memang kulit jadi lebih lembab dan nyaman. Bahkan bisa lembab seharian.


Meski teksturnya gel yang kental, namun saat dioleskan ke kulit, tidak ada rasa lengket sedikitpun setelahnya. Dengan sedikit diratakan sambil dipijat-pijat, semua lotion berhasil melembabkan kulitku.


Untuk penggunaan di bagian tangan, aku butuh satu kali pump lotion yang sudah bisa melembabkan rata ke seluruh bagian tangan. Sedangkan untuk kaki, 1 kali pump untuk satu bagian kaki. Sungguh terasa lembut dan lembab setelah pakai, sukaaaaa!


Kesimpulan : Kulit Tubuh Terhidrasi itu Penting!

Jadi, setelah menerapkan 3 cara ampuh menghidrasi kulit tubuh tersebut secara rutin, kulitku jadi lebih lembab. Tidak lai bersahabat dengan kulit kering yang bisa sampai bersisik dan gatal, huhu.. Semoga tetap konsisten melakukan perawatan ini.


Penting juga untuk diingat jika penggunaan lotion tidak bisa sembarangan. Harus sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Kulit yang cenderung sensitif, bisa pilih Noni Probiotics “Hydrate Me” Body Soft Lotion. 


Kandungan lotionnya sudah Dermatologically Tested, Hypoallergenic Tested, Paraben-Free, SLS-Free, Alcohol-Free, Silicone-Free, EU Allergen-Free, pH Balance, Minimal Ingredients, dan Bumil Busui Friendly. Kulit jadi lebih sehat alami.


Bagi yang ingin membeli produk-produk NPURE, perlu memperhatikan tempat pembelian, agar tidak mendapatkan produk yang palsu. Bisa langsung berbelanja di situs resminya npureofficial[dot]id.


Yuk, rawat kulit wajah agar tetap terjaga kesehatannya. Selain memenuhi kebutuhan kulit dari dalam juga perlu dilakukan perawatan rutin dari luar. Cara ampuh menghidrasi kulit tubuh, salah satunya diperoleh dari Noni Probiotics “Hydrate Me” Body Soft Lotion.

11 komentar:

  1. Wah mandi dengan air hangat ternyata gak bagus buat kulit yaa? Huhuhu saya sering banget nih mandi pakai air hangat

    BalasHapus
  2. Seneng banget bacanyaaaa... karena seiring usia kulitku yah udah nggak sesegar dulu waktu muda sih, hehe. Nah dulu itu aku mandi pake air hangat terus karena alergi dingin, tp masalahnya aku mmg tinggal di daerah dingin terus jadi yaaa...akhirnya dilawan aja deh, mandi pake air dingin meski sesekali air hangat.

    BalasHapus
  3. Wahh super lengkap kak..
    Aku baru tahu loh manfaat mandi dengan air dingin lebih baik dibanding air panas (tidak berlebihan)..
    Apalagi sekarang lg musim hujan yaa, cuaca kadang bikin jadi malas mandi juga wkwkwk

    BalasHapus
  4. Iya nih.. kalau aku berarti karena kurang cairan, udah begitu malas pula pake motion. Huhu.. pantesan kulitku jadi merangas

    BalasHapus
  5. Ternyata 3 faktor di atas berpengaruh ya. Aku dulu hanya tau kulit wajah dapst terhidrasi dari skincare yang tepat aja. Ternyata ada faktor lain juga ya.

    BalasHapus
  6. Npure satu paket ya, kandungan dan fungsinya lengkap ya mba. tambahan packagingnya juga bagus.

    BalasHapus
  7. Melihat cuaca sekarang sayang agak panas, memang kudu menjaga agar kulit tetap lembab dan terhidrasi. Siip ini rekomennya

    BalasHapus
  8. Makin lengkap aja yg npure, produk lokal emang keren2 bgt deh skrg..
    Jdi pengen coba yg lotionnya jga

    BalasHapus
  9. Padahal aku suka banget mandi pake air hangat, tapi ternyata kalau terlalu sering malah ga bagus buat kulit ya.. Pantesan aja kulit aku sering kerasa kering akhir-akhir ini..

    BalasHapus
  10. Wih ada body lotion juga ya? Aku belum pernah cobain produk dari NPure, penasaran sama lotionnya ini!

    BalasHapus
  11. Aku juga pake noni probiotics npure. Emg produk2nya Npure juara deh. Aku pake sunscreen jg bagus. Makin cinta deh sm Npure

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.