Resolusi 2022, Jadi Ajang Blogger Menyusun Blog Plan!

 Tidak terasa, dua minggu lagi sudah berganti tahun. Sebuah resolusi 2022 sudah harus dipikirkan. Dua ribu dua puluh dua, akan datang. Dan akan banyak orang yang menggantungkan banyak harapan, termasuk aku. Harapan positif tentunya.


Nah, dalam dunia konten, membuat perencanaan ternyata menjadi satu langkah yang ternyata tidak boleh dilewatkan. Bagaimana tidak, jika tanpa sebuah perencanaan, tentunya akan terasa sulit membuat konten yang sesuai dengan tujuan akhir.


Termasuk, dalam dunia blog. Seorang blogger rupanya harus mampu membuat blog plan atau perencanaan untuk konten dalam blognya. Tidak hanya tentang kontennya saja, namun perkembangan blognya.


Apa itu Blog Plan?

Secara singkat, blog plan merupakan sebuah perencanaan pengembangan dari blog yang dilakukan agar tujuan akhir bisa tercapai. Mulai dari membuat target, bagaimana cara mencapainya dan jadwal kegiatan yang disusun.


Jika menilik dari coach Marita saat memberikan materi mengenai Blog Plan di Kelas Gratis BRT, blog plan berarti perencanaan blog. Maksudnya adalah merencanakan konten atau artikel blog dalam jangka waktu tertentu.

resolusi 2022 blog plan


Nah, untuk memudahkan, kita dapat memilah blog plan menjadi 4 tahap; yearly, monthly, weekly dan daily blog plan. Secara umum blog plan ini memiliki tujuan untuk merencanakan arah proses blogging., seperti:

  • Target Ngeblog
  • Jenis atau Kategori Tulisan
  • Jadwal Posting
  • Membuat Outline


Alasan Membuat Blog Plan

Terlihat sangat memakan waktu ya untuk membuat blog plan ini. Namun ternyata, banyak manfaat yang bakal kita peroleh kalau sudah menyiapkan blog plan ini dengan baik. Kalau untukku pribadi, 3 alasan ini:

alasan membuat blog plan

Tahu Apa Goals Kita

Membuat blog plan yang berisi rencana kita seputar ngeblog, membuat kita jadi tahu atau wajib mencari tahu, apa sih tujuan kita ngeblog?! Hanya suka-suka saja-kah, hanya mengisi waktu luang saja-kah, atau mencari cuan?


Kalau aku sih, sekarang tujuannya untuk mencari cuan, hihi.. Nah, oleh karena itu, dengan adanya blog plan ini, aku bisa menentukan tujuan ngeblog agar semakin berkembang dari tahun ke tahun.


Dua tahun lalu, serius ngeblog hanya untuk mengisi waktu luang saja. Namun ketika banyak ilmu yang aku dapatkan untuk meningkatkan performa blog, maka setahun lalu tujuanku sudah berani berubah lebih.


Dan untuk tahun selanjutnya, tentu saja ingin semakin berkembang lagi. Apalagi sudah mendapatkan tambahan ilmu dari kelas BRT ini. Tidak hanya sekedar menulis ala kadarnya, namun sudah harus sesuai SEO minimal.


Menjaga Konsistensi Menulis

Satu hal ini yang aku rasakan masih sukar dilawan, konsisten menulis. Hmm.. rasanya memang butuh cambukan untuk bisa terus menulis.. menulis.. dan menulis. Meski saat tidak ada job review atau content placement.


Jadi, demi blog agar tidak seperti "toserba", aku mulai menyusun blog plan ini. Ngeblog kan sudah pasti kegiatannya adalah menulis. Apa jadinya kalau blog kita tidak ada tulisan yang dihasilkan.


Jadi mulai membuat blog plan ini menjadi langkah paling baik untuk menjaga konsistensi menulis.


Melawan Lupa

Aku sadar akan kelemahan diriku yang bisa mengacaukan seluruh hari adalah lupa. Penting buatku untuk punya catatan apa-apa saja yang harus aku lakukan dalam satu hari itu. Jika tidak, sudah pasti akan kacau.


Apalagi dalam urusan ngeblog ini. Aku membutuhkan catatan untuk setiap ide atau hal-hal yang berkaitan dengan performa blog. Nah, blog plan ini membantuku mengingat harus mengerjakan apa hari ini.


Resolusi 2022: Sebuah Blog Plan untuk Catatan Atiqoh

Sudah akan masuk ke tahun yang baru ini, biasanya menjadi agenda yang pas untuk merancang sebuah resolusi. Apa saja yang diharapkan ingin dicapai di tahun depan. Termasuk harapanku pada dunia blog.


Tahun 2021 sudah berhasil fokus untuk mengotimalkan catatanatiqoh. Bersyukur sekali karena dipertemukan dengan banyak para suhu blogger di beberapa komunitas. Mereka tidak pernah pelit ilmu, bahkan berbagi rejeki.


Kini, saatnya, membuat harapan lagi untuk tahun ke depan. Setelah melihat pencapaian ke belakang, banyak hal yang masih harus terus ditingkatkan mengenai performa blog.


blog plan catatan atiqoh

Yearly Plan, Sebuah Resolusi 2022

Pencapaian satu tahun ke depan menjadi sebuah harapan yang akan digantungkan. Tentunya target akan lebih, melihat dari hasil pencapaian tahun lalu. Tahun ini inginnya ada kenaikan, dari penghasilan dan juga performa blog.


Jika satu tahun lalu aku menargetkan untuk minimal 5 kali menang lomba dan baru tercapai 4 kali. Maka tahun ini aku akan targetkan 10 kali menang lomba blog. Tentu harus makin rajin update info lomba blog.


Untuk penghasilan, kali ini aku menargetkan di tahun depan bisa mencapai minimal 3 juta perbulan. Harus semakin rajin meningkatkan performa blog agar dilirik oleh klien nih.


Jika satu tahun lalu Page View masih mentok paling banyak 2000an view perbulan, di tahun ini ingin bisa mencapai minimal 5000 views per bulan. Aku harus semakin rajin ikut Blog Walking dan kelas performa blog.


Jika DA/ PA satu tahun ini hanya mentok naik sampai 17/35 saja. Bahkan masih sering turun, hal ini akan menjadi salah satu resolusi 2022. Di tahun depan harus sudah mencapai 30/50. 


Jika dari Google Adsense hanya mencapai 30 ribuan sebulannya, kini tahun depan berharap bisa minimal 50 ribuan perbulannya. Sedikit berat memang, mengingat jumalah viewersku masih terbatas. Tapi tak apa, tetap semangat.


Jadi, satu blog plan sudah aku rencanakan di atas untuk target satu tahun ke depan. Semoga apa yang menjadi keinginan bisa terwujud. Planning seperti ini juga membuatku semakin semangat untuk berusaha mewujudkan.


Monthly Plan

Jika Plan tahunan dalam sebuah resolusi 2022 di atas sudah bisa dibuat, aku akan membaginya dalam rencana bulanan. Apa saja yang bisa aku lakukan untuk mencapai target tersebut.


Terkait dengan lomba, maka di bulan Januari 2022, aku sudah mendapatkan informasi mengenai lomba. Ada 2 lomba blog yang deadlinenya di bulan Januari. Jadi aku bisa mengikuti kedua lomba tersebut untuk bulan depan.


Target pendapatan yang harus aku tingkatkan untuk tahun depan, akan aku mulai pada bulan Januari. Aku akan lebih banyak mencari informasi mengenai job untuk blog. Selain itu tentu terus memperbaiki performa blog.


Mengenai PV, aku harus mulai konsisten upload artikel ke blog menentukan hari dan waktu yang tepat. Aku akan membuat jadwal post lebih ketat setiap minggunya. Tidak hanya saat artikel job review atau content placement saja.


Sama hal nya dengan PV. Satu tahun ke belakang, angka DA/PA hanya mentok paling tinggi adalah 17/ 35. Itupun tidak bertahan lama, hanya 1 atau 2 bulan saja. Semoga setelah ikut kelas dari BRT, bisa memaksimalkan blogku.


Berikutnya tentang pencapaian di Google Adsense. Aku harus memaksimalkan juga pendapatanku di Adsense, karena jika tidak tentu akan sedikit mengganggu performa blog. Oleh karenanya semua harus jalan optimal.


Berharap jika PV naik, maka pendapatan akan mengikuti. Memperketat jadwal post tentu tidak hanya sekedar post artikel biasa. Sudah pasti harus sesuai dengan kaidah SEO, seperti apa yang sudah dipelajari.


Nah, dari blog plan bulanan ini, aku bisa semakin tahu hal yang harus segera aku lakukan untuk mengejar targetku. Menulis memang menjadi salah satu cara untuk melawan lupa. Aku akan buat lebih rinci lagi.


Weekly Plan

Kini saatnya merencanakan kegiatan mingguan untuk ngeblog. Plan mingguan ini akan membuatku lebih cepat dalam mengerjakan apa yang aku targetkan. Karena semua sudah terencana dan tertulis. Jadi lebih hemat waktu.


Mulai dari 13 Desember sampai dengan 18 Desember, rencana ngeblog sudah aku tuliskan. Dalam seminggu ini akan ada 3 kali posting artikel Job Review. Oleh karenanya, aku menambahkan minimal 2 kali postingan organik.


Rencana hanyalah wacana jika tidak dijalankan. Jadi apa gunanya membuat blog plan yang indah dan pencapaian tinggi, jika hanya untuk dilihat dan dipamerkan saja. Aku harus mulai mengerjakan dan konsisten sesuai target.


Kesimpulan - Pentingnya Blog Plan Menurut Para Blogger

Jadi, blog plan ini aku buat juga dari hasil materi yang aku dapatkan di kelas gratis BRT. Ditambahkan dengan diskusi para kawan blogger dalam satu kelompok. Menarik sekali blog plan mereka. Semua punya target yang hebat.


Empat kawanku dalam satu kelompok ini, kurang lebih punya tujuan yang sama denganku. Meningkatkan traffic blog atau viewers. Meski target pencapaian kami berbeda. Kami sesuaikan dengan evaluasi tahun sebelumnya.


Taumy Alif, seorang kawan blogger yang rajin ngeblog di talif.id ini, menargetkan pencapaian yang luar biasa. Dia juga merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya dengan baik.


Sama hal nya dengan Kak Litha, yang aktif membagikan cerita mengenai gaya hidup, pengasuhan dan hiburan. Dia juga sudah menyiapkan blog plan nya untuk jadi resolusi 2022. Dua lagi kawanku satu kelompok yang juga sudah membuat blog plan.


Dia Mbak Sri, yang sudah rajin ngeblog di srialhidayati.com. Blog plan untuk mencapai targetnya juga sudah dibuat menarik. Mulai dengan melakukan riset, membuat outline tulisan sampai membuat bank ide. Luar biasa sekali, aku sepertinya harus mengikuti jejaknya.


Sama juga dengan Kak Laily. Rayuan mentari menjadi nama alamat blog yang cantik. Dia yang rajin menuliskan cerita seputar perjalanan hidup, blog plan untuknya juga penting. Salah satu yang akan dilakukan untuk mencapainya, dengan upgrade skill.


Jadi, sepenting itu blog plan (sebuah resolusi 2022) untuk dibuat para blogger. Tujuannya sudah pasti agar kita tahu target kita ngeblog itu apa. Selain itu, kembali pada kebutuhan blogger sendiri, tentang rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

2 komentar:

  1. MasyaAllah, bisa mendapatkan pengunjung hingga 30 ribuan itu keren sangat mbak. Semoga di tahun depan bisa tercapai hingga 50 ribuan ya, sesuai cita-citanya. Sukses selalu dan berkah rezekinya ya, mbak. Keep contact

    BalasHapus
  2. keren banget mba atiq resolusi ngeblognya, jujur duh saya malah belum tau nih resolusi ngeblog tahun ini apa, karena prioritasnya lagi bukan di blog, padahal nyari rejekinya lewat blog, ya Allah... semoga bisa lebih konsisten ngeblog kaya mba atiq

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.