Cat Ulang Perabotan di Rumah dengan Cat Kayu dan Besi, Sulap Jadi Baru Lagi!

Hampir disemua rumah, permasalahan yang umum terjadi adalah, banyak barang yang masih bisa dipakai, tapi terlihat usang dan tidak menarik lagi, betul? Rasanya ingin langsung membeli baru lagi. Tapi, merubah nuansa rumah menjadi kembali fresh bisa dengan mengecat ulang perabotan di rumah lho.


cat kayu sulap perabot rumah


Nah, sekarang tidak perlu buru-buru beli baru. Yuk, cat ulang perabotan di rumah dan menggunakan kembali yang lama jadi baru. Dengan cara begini, kita juga turut membantu mendaur ulang, jadi bisa mengurangi limbah.


Baca juga: Cara Buat Bioskop di Rumah


Cat Ulang Perabotan di Rumah, Sulap Jadi Baru Lagi!

Melakukan cat ulang pada perabotan, akan membuat tampilan lama jadi terlihat kembali seperti baru, alias tidak lagi membosankan. Lumayan juga bisa dilakukan sendiri, sembari mengisi waktu di rumah yang tentunya akan lebih hemat juga. Berikut ini langkah mudahnya untuk melakukan pengecatan ulang perabotan di rumah sendiri.


Lepaskan Beberapa Item

Hal pertama yang harus dilakukan saat kita ingin mengeceat furnitur seperti kursi atau bagian dalam lemari, lepaskan dahulu beberapa item seperti bantalan kursi, atau pegangan, sekrup dan sebagainya. Tentunya agar mempermudah proses pengecatan, sehingga cat dapat menjangkau semua bagian yang harus dicat.


Lakukan Pengampelasan

Kemudian, agar hasilnya maksimal, sebelum proses pengecatan, wajib melalui proses pengampelasan lebih dulu. Gunakan ampelas halus untuk menggosok permukaan furnitur agar tidak merobek lapisan kayu.


Pengampelasan juga dapat menghilangkan noda-noda yang menempel. Nantinya, cat baru dapat menempel dengan baik ke permukaan furnitur jika dilakukan pengampelasan dulu. Nah, setelah diampelas, lap semua permukaan dengan lap bersih.


Aplikasikan Cat Dasar

Tahap selanjutnya, kita bisa aplikasikan cat dasar ke seluruh permukaan perabot. Gunakan cat dasar dengan tiner HG (high gloss). Biasanya cat dasar dengan tiner HG akan tahan lebih bagus dalam segala cuaca.


Alat yang digunakan untuk mengecat, bisa menggunakan kuas atau cat dasar semprot. Setelah itu, tutupi bagian yang tidak sempurna dan biarkan kering selama satu jam. Setelah kering, lakukan pengampelasan lagi menggunakan sedikit air.


Baca juga: Keuntungan Jika Tinggal di Perumahan


Pilih Cat Khusus untuk Perabotan Kayu dan Besi

Langkah di atas, berlaku untuk proses cat ulang perabotan di rumah baik yang berbahan dasar kayu atau besi.


Nah, setelah diaplikasikan cat dasar, selanjutnya tinggal cat dengan cat furnitur untuk finishing. Pilih warna cat yang sesuai dengan selera atau tema ruangan.


Wah, paling seru nih, kalau pemilihan warna! Apalagi jika menggunakan Avian cat kayu dan besi. Banyak pilihan warna yang bisa dicoba! Mulai dari warna pastel sampai warna cerah, lengkap!


Jika ingin memunculkan gaya shabby chic bisa memilih warna putih atau warna-warna pastel. Atau pilihan warna-warna cerah untuk gaya pop art maupun bohemian.


cat perabotan dengan cat kayu


Tips Mengecat Ulang Perabotan dengan Cat Kayu dan Besi

Jadi, untuk memberikan hasil maksimal, pilihlah cat khusus untuk kayu atau besi. Sebelum mengecat, aduk cat searah jarum jam dan sebaliknya. Lalu tambahkan air sekitar 10% dari jumlah cat. Aduk 3-5 menit.


Pilihan alat bisa menggunakan kuas busa agar lebih rapi, tidak meninggalkan serat ijuk, benang, nilon, atau plastik. Pada perabotan kayu, proses pengecatan bisa dilakukan dengan mengikuti arah serat kayu, sehingga jadi lebih rapi hasilnya.


Lakukan proses pengeringan dengan cukup dilakukan di dalam ruang berventilasi, sehingga tetap ada sirkulasi udara dari luar. Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan penggelembungan udara, sehingga mendorong lapisan cat yang belum sempurna.


Sebelum mengecat ulang, kita bisa cari referensi model terlebih dahulu. Cari warna cat furnitur yang sedang tren dan sebaiknya disesuaikan dengan tema ruangan, agar nuansanya lebih senada.


Baca juga: Biaya Membeli Rumah Second


Kesimpulan, Solusi Perabotan di Rumah Jadi Baru Lagi? Cat Ulang Saja!

Salah satu cara menyulap furnitur lama jadi baru yang mudah, praktis, dan hemat tentunya, yaitu dengan pengecatan ulang. Apalagi jika furnitur mulai terlihat usang. Tentu lebih asyik, karena cara ini kita bisa memilih berbagai warna cat baru sesuai selera atau disesuaikan dengan nuansa ruang yang ingin kita ciptakan.


Kuncinya dalam pengecatan ulang perabotan, memang perlu kesabaran dalam mengikuti langkahnya. Agar hasilnya maksimal, tentu pemilihan cat khusus perabotan juga harus diperhatikan. Pilih Avian cat kayu dan besi agar hasil perabotan semakin cantik.


So, selain mendukung program daur ulang, tips ini dijamin jauh lebih menghemat uang kita, ketimbang harus beli furnitur baru. Yuk, coba!

9 komentar:

  1. Sekitar sebulan lalu kami juga ngecat ulang gazebo di balkon atas
    Pake avian dong cat kayu dong. Hasilnya cakeeeep

    BalasHapus
  2. Betul sekali..
    Untuk mere-dekor ruangan dengan suasana yang baru, salah satunya memang merapihkan perabotan dan mengubah tempat atau kalau ada rejeki, bisa mengubah warna perabotan agar tone dan suasana ruangan yang diinginkan bisa sesuai.

    BalasHapus
  3. Dengan daur ulang bukan hanya menghemat uang tetapi juga ikut dalam gerakan minim sampah dan itu menyelamatkan bumi. Ah, nanti mau cat ulang beberapa perabotan dengan AVIAN.

    BalasHapus
  4. Wah ide bagus nih cat ulang beberapa perabotan dengan Avian cat kayu biar tambak lebih baru dan ngga kusam. Lebih hemat ketimbang beli furniture baru hehe.

    BalasHapus
  5. Cat ulang lebih ekonomis dn ga susah pengoperasiannya. Kecuali kita bikin lagi harus ada ilmu tukang nya..

    BalasHapus
  6. Iyess betul dengan mengubah warna cat atau memperbaharui cat sangat berpengaruh pada tampilan. Membantu suasana baru dan tidak membosankan juga (gusti yeni)

    BalasHapus
  7. Mengecat ulang perabotan itu selain bisa terlihat baru kembali juga membuat awet perabot. Wah jadi ingat nih kursi kayu yg butuh dicat lagi...hehe...

    BalasHapus
  8. Mbak makasih banyak tipsnya. Kebetulan aku ada meja kayu polosan blm ficat sama sekali. Pengen ngecat jadinya.

    BalasHapus
  9. Tipsnya udah dapat. Tinggal kumpulkan dana buat realisasi bikin rumah dan cat lagi nih. Hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.