Mengenal Katarak, Apakah Katarak Mata Bisa Sembuh?

 Mbah Tuyem, adalah penjual sayur langgananku. Sudah beberapa waktu ini mengeluh jika penglihatannya tidak jelas. Kulihat, ada kotoran tebal di bola matanya. Aku tidak mengira, jika itu yang dinamakan katarak mata. Apakah katarak mata bisa sembuh?


Jika dicari informasinya, katarak mata banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia. Meski, tidak menutup kemungkinan jika yang muda juga bisa, bahkan anak-anak. Tapi, tentu saja dengan kasus tertentu. Namun, bahayakah katarak mata itu? dan apakah bisa disembuhkan?


katarak mata


Banyak informasi aku cari mengenai katarak mata. Pernah juga mendengar, operasi katarak mata massal. Hmm.. sampai dibuat massal begitu, apakah prosedur operasinya ringan ya?


Baca juga:

Pentingnya Pemeriksaan Ginekologi untuk Wanita

Penyebab Gagal Jantung yang Harus Diwaspadai


Apa itu Katarak Mata?

Dari informasi laman kesehatan yang aku baca, Katarak ini merupakan jenis penyakit. Adalah sebuah penyakit mata degeneratif yang umumnya terjadi pada lansia. Semakin bertambah usia, lensa mata menjadi keruh dan buram.


Nah, jika tidak ditangani dengan tepat dan rutin, katarak akan menyebabkan kebutaan. Ngeri ya, ternyata bahaya lho!


Katarak adalah gangguan mata dengan gejala pandangan buram dan keruh.


Katarak merupakan kondisi kekeruhan pada lensa mata karena terbentuknya protein yang mengubah strukturnya. Jika dibayangkan, pandangan orang yang menderita katarak seperti melihat bayangan buram dan kabut di jendela.


World Report on Vision di tahun 2019 melaporkan, terdapat 2,2 milyar orang mengalami gangguan penglihatan. Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (Perdami) pada 2017 menyebutkan jika 81,2% mengalami katarak. Umumnya terjadi pada lanjut usia dengan usia di atas 50 tahun.


Gangguan katarak ini tidak disadari menyerang mata seiring pertumbuhan usia secara perlahan. Jika tidak ditangani dengan baik dan cepat, bisa mengalami kebutaan.


Mengapa Bisa Terjadi Katarak Mata?

Informasi khusus aku dapatkan dari konsultasi online dengan dokter spesialis mata. Dimana penyebab katarak mata memang dari faktor usia. Penyebab lainnya bisa karena kecelakaan yang melukai mata hingga merusak lensa.


Katarak mata juga bisa dikarenakan penyakit lainnya, seperti Diabetes. Tingginya kadar gula darah sangat berisiko tinggi untuk merusak struktur dan fungsi lensa mata. Ditambah lagi dengan penggunaan steroid dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama


Nah, informasi yang mengagetkan menurutku, ternyata katarak mata ini merupakan penyakit genetik. Setelah diingat, ada nenekku yang juga mengalami katarak mata di usia senjanya. Jadi, bagaimana ya menjaganya jika memang sudah ada riwayat katarak mata dalam keluarga?


Bagaimana Mencegah Terjadinya Katarak Mata?

Jika memang sudah menemukan banyak anggota keluarga yang mulai menglami katarak di usia senjanya, kita bisa lho mulai menjaga mata kita dari sekarang. Paling tidak, sebagai upaya agar katarak mata minim terjadi pada kita.


katarak


Apa saja yang bisa dilakukan? Dokter merekomendasikan untuk mencegah katarak dengan berbagai cara seperti berikut:

  1. Biasakan untuk menggunakan kacamata hitam (Sunglasses) di bawah matahari terik atau saat di luar ruangan.
  2. Berhenti merokok. Karena rokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak 2 kali lebih parah.
  3. Mengurangi konsumsi alkohol, yang juga berisiko katarak.
  4. Menjaga pola makan sehat dengan asupan sayur dan buah kaya antioksidan untuk menjaga kesehatan mata.
  5. Mengatur gaya hidup sehat dan rutin melakukan medical check up, karena katarak sangat berkaitan dengan penyakit diabetes dan hipertensi.
  6. Konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk melakukan uji kesehatan mata minimal satu tahun sekali.


Apakah Pengobatan Katarak Harus dengan Operasi?

Pengobatan katarak tergantung pada tingkat keparahan, misalnya katarak immature dan mature. Nah, untuk mengetahui keparahan katarak, kita harus memeriksakan diri ke dokter mata. Diagnosis akan dilakukan dengan cara visual acuity test.


Lakukan Diagnosa Awal

Tes ini akan mengukur kemampuan penglihatan dari berbagai jarak. Selain itu, dokter bisa melakukan pelebaran pupil dengan meneteskan obat untuk pemeriksaaan retina dari jarak dekat. Atau, pemeriksaan slit lamp bisa menjadi pilihan untuk memeriksa kornea, lensa, dan iris mata dengan mikroskop khusus yang mengeluarkan cahaya.


Penanganan Katarak Mata

Penanganan bagi penderita katarak immature, mereka dapat menggunakan kacamata dengan lensa yang kuat, menambah intensitas cahaya lampu untuk membaca, atau menggunakan kaca pembesar karena gejalanya masih ringan.


Sedangkan penderita katarak mature mempunyai gejala yang lebih parah. Maka dari itu, pengobatannya dapat dilakukan dengan tindakan operasi atas rekomendasi dokter.


katarak bisa sembuh


Secara prosedur, operasi katarak dilakukan dalam waktu 15-20 menit. Dokter tidak langsung melakukan tindakan pada 2 mata sekaligus, jika masing-masing mata terkena katarak. Ada jeda waktu yang membedakan operasi mata kanan dengan mata kiri.


Operasi katarak 95% efektif dapat membuat penderitanya dapat melihat objek lebih baik.


Kesimpulan, Katarak Mata Bisa Disembuhkan

Jadi, jika dilihat dari informasi katarak mata di atas, pengobatan masih bisa dilakukan ya. Termasuk juga tidakan pencegahan untuk minimalisir katarak mata. Meski katarak mata perlahan menyerang seiring bertambahnya usia, namun jika mata dirawat dengan baik, semoga akan terus sehat.


Di Indonesia, katarak menjadi gangguan penglihatan yang paling banyak diderita. Lebih parahnya, katarak berimbas pada kebutaan karena perawatan yang tidak intensif.


Oleh karena itu, pentingnya edukasi dan juga konsultasi dengan dokter dapat mengurangi keparahan penanganan gangguan katarak. Sehingga, mata katarak bisa disembuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk selalu sehat dan bahagia.

15 komentar:

  1. Bisa banget. Saudaraku sembuh dari katarak dengan bantuan BPJS alias gratis

    BalasHapus
  2. Penyebab katarak ternyata banyak disebabkan karena kesalahan sendiri ya, Mbak. Misalnya minum alkohol. Ditambah lagi merokok. Makanya ahrus menjaga pola hidup sehat. Apalagi mata adalah aset berharga yang harus terus dijaga dan dirawat. Tapi bila kena katarak, jangan takut. Insya Allah sekarang banyak yang sembuh setelah operasi.

    BalasHapus
  3. Haah katarak juga bisa menurun ya? Jadi deg2an soalnya tahun lalu papaku habis operasi katarak.
    Jadi solusinya wajib hidup.
    sehat dan mengurangi asupan gula ya.

    BalasHapus
  4. Oh, ternyata ada sesuatu di bola mata itu bisa jadi adalah katarak yaa..
    Aku cek-cek dari dulu suka bertanya-tanya, itu apaaa.. Karena anakku yang kedua ada noktahnya begitu. Kemarin ke dokter mata, dokternya ga bilang apa-apa, cuma memang sekarang dia kudu pakai kacamata karena minus.
    Huhu.. lain kali pas ke dokter lagi, aku tanya kali yaa.. itu apa.

    Nuhun, ka.. informasinya ngebantu aku banget untuk aware.
    Gimana pun, mata ini penting banget. Aku sendiri ngerasain gimana ga enaknya minus nambah teruuss.. Hiiks~
    Apalagi sampai katarak, karena aku juga penggemar makanan dan minuman manis.

    BalasHapus
  5. Lakukan penanganan cepat bisa turut membantu biar katarak tidak semakin parah ya. Penting ini gercep menganalisa gejalanya

    BalasHapus
  6. wah ternyata mata katarak ternyata bisa disembuhkan ya, semoga makin banyak yang sadar tentang ini dan semkain banyak tempat pengobatan untuk katarak ini dan mudah diakses tempat dan fasilitas untuk kesembuhan mereka

    BalasHapus
  7. harus bener-bener jaga pola makan nih, dan memang diagnosa awal diperlukan agar katarak gak semakin parah dan segera langsung ditangani

    BalasHapus
  8. Betul kak, katarak insyallah bisa sembuh kok kala ditangani secara tepat dan lebih awal. Cuma kadang banyak orang yang nggak aware tentang hal ini

    BalasHapus
  9. Katarak itu seringnya diderita oleh orang yang sudah lanjut yaa? Moga kita teekena katarak seram ngebayangin bisa jadi buta

    BalasHapus
  10. papaku termasuk yang sembuh tuh setelah operasi katarak, krn sebelumnya sudah cukup mengganggu aktivitasnya sih jadi burem2 gimana gitu sih kata papaku, alhamdulillah sekarang malahan papaku udh bs nyetir motor n mobil lagi

    BalasHapus
  11. Mata memang harus betul-betul dijaga ya. Bersyukur kemajuan ilmu kedokteran dan tentunya izin dari Allah, banyak mendengar penderita katarak bisa sembuh setelah operasi

    BalasHapus
  12. Katarak emang penyakit yang nyerang usia senja ya, tapi ada juga yag sehat usia senjanya.. ya memang gaya hidup menentukan

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, saudar saya ada yang terkena katarak dan sembuh dengan operasi. jadi well noted untuk anggota keluarga lain terlebih saya untuk menjaga kesehatan mata untuk terhindar dari katarak

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, saudar saya ada yang terkena katarak dan sembuh dengan operasi. jadi well noted untuk anggota keluarga lain terlebih saya untuk menjaga kesehatan mata untuk terhindar dari katarak

    BalasHapus
  15. Nah, kan. Pakai kacamata hitam di siang hari (saat di luar ruangan) itu ternyata tak hanya untuk menghalau silau, tapi melindungi mata juga.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.