[Skincare Review] Masker Semalaman? LANEIGE Water Sleeping Mask EX

Dulu, sering sekali merasakan kulit wajah kering saat bangun tidur. Ternyata, ada yang salah dengan perawatan kulitku saat malam hari. Menghidrasi kulit sebelum kita tidur, rupanya jadi kuncinya. Apalagi dengan produk yang tepat seperti menggunakan Water Sleeping Mask.


Menurutku, tidak repot sebetulnya merawat wajah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan good looking. Jika kita sudah tau langkah yang tepat, dan dibantu dengan produk yang tepat juga. Kulit yang sehat akan mudah didapatkan.


Langkah Menghidrasi Kulit Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan sehat di pagi hari, perawatan kulit malam harilah kuncinya. Jangan pernah sepelekan kondisi kulit kita sebelum tidur. Justru, malam hari merupakan waktu yang sangat penting untuk merawat kulit lho.


Apa saja yang sebaiknya perlu dilakukan untuk menghidrasi kulit sebelum tidur? Langkahnya sederhana, hanya memang membutuhkan konsistensi untuk terus menjalankannya.


Membersihkan Kulit

Setelah seharian beraktivitas, perawatan kulit malam hari yang sangat wajib adalah pembersih kulit. Dilansir dari laman kecantikan, kulit secara alami akan memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri. Namun, kita bisa membantunya dengan mengoptimalkan kondisi kulit.


Nah, dengan membersihkan wajah sebelum tidur, itu jadi cara paling dasar untuk membantu kulit memaksimalkan proses ini. Bukan hanya itu, membersihkan kulit juga akan membantu mencegah dari masalah-masalah kulit misalnya, jerawat dan gatal-gatal.


Gunakan pembersih, seperti sabun wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit kita. Jika menggunakan make up dan sunscreen, wajib hukumnya untuk membersihkan dahulu dengan micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil yang cocok.


Menggunakan Toner untuk Wajah

Satu produk wajib yang juga tidak boleh dilewatkan setelah membersihkan wajah adalah, menggunakan toner. Toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian perawatan kulit, apalagi di malam hari.


Fungsi toner sangat penting untuk membantu mengembalikan kadar pH alami kulit. Dengan pH alami, kulit akan lebih tahan terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya.


Penggunaan toner juga sekaligus membersihkan jika masih ada kotoran atau sisa sabun pembersih yang masih menempel di kulit. Pilih toner sesuai jenis kulit kita. Perhatikan juga cara pemakaiannya, ada yang memerlukan kapas, ada juga yang bisa langsung dioleskan ke wajah.


Gunakan Masker Semalaman yang Menghidrasi Kulit Sebelum Tidur

Penggunaan pelembab atau krim sebelum tidur, dapat membantu kulit secara alami memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Saat malam inilah aktivitas metabolik sel kulit mencapai puncaknya.


Jadi, menggunakan krim malam dengan bahan aktif yang tepat dapat membantu proses perbaikan alami kulit. Nah, krim malam ini dapat ditambahkan masker yang bisa digunakan semalaman.


Kuncinya, gunakan pelembab dengan bahan aktif yang tepat. Tidak hanya memberikan efek melembabkan saja, tapi juga menenangkan kulit agar mendapatkan kulit wajah glowing di pagi harinya.


Oleh karena itu, pemilihan produk yang tepat juga akan mempengaruhi hasil perawatan kulit yang dilakukan.


Sleeping Mask, Skincare yang Menghidrasi Kulit

Istilah sleeping mask atau overnight mask mulai dikenal sejak kosmetik Korea semakin populer. Sesuai istilahnya, sleeping mask merupakan perawatan wajah yang digunakan sebelum tidur. Apa saja manfaatnya?


Manfaat penggunaan sleeping mask yang bisa kita rasakan adalah,


Mampu Mempertahankan Kelembapan Kulit

Sleeping mask mampu mengunci kelembapan pada permukaan kulit dibandingkan dengan krim malam biasa yang lebih mudah menguap. Selain itu sleeping mask juga dinilai mampu terserap lebih dalam pada lapisan kulit.


Membantu Melindungi Kulit

Meski mampu menembus kulit lebih dalam, ada bagian sleeping mask yang tidak terserap dan tertahan di permukaan kulit. Fungsinya yakni untuk melindungi kulit dari debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, sekaligus mengunci agar bahan aktifnya bekerja maksimal.


manfaat penggunaan sleeping mask


Hidrasi atau menjaga kelembapan kulit ini jadi hal penting lho, kalau kita menginginkan kulit awet muda. Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen sudah pasti akan semakin berkurang. Ditambah lagi, kelembapan alami kulit juga semakin hilang.


Nah, hal tersebutlah yang akhirnya menyebabkan garis-garis kerutan mulai muncul. Oleh karena itu, kita butuh sekali bantuan produk seperti sleeping mask untuk menjaga kulit tetap lembap, terutama pada saat tidur.


LANEIGE Water Sleeping Mask_EX

Rp 450.000,-

No BPOM NA26200200351


Lini kosmetik dan skincare asal Korea Selatan, Laneige, memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Kali ini aku bakal cerita tentang seri Water Sleeping Mask. Adalah Laneige Water Sleeping Mask EX yang hadir dengan formula terbaru.


Berbeda dengan pendahulunya, LANEIGE Water Sleeping Mask EX, memiliki kandungan formula Sleeping Microbiome™ dan Pro Biotics Complex. Bermanfaat menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit wajah secara intensif selama waktu tidur malam hari.


Water Sleeping Mask EX sebagai pioneer / the OG Sleeping Mask pertama di Indonesia yang hadir dari Korea dan sudah di luncurkan selama lebih dari 10 tahun.


Produk seri sleeping mask ini berguna sebagai masker tidur yang melembabkan dan menenangkan kulit wajah. Baiknya digunakan secara rutin, 2x seminggu, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Cocok kan bisa untuk me time di rumah aja.


laneige water sleeping mask ex


Kandungan Laneige Water Sleeping Mask EX dan Manfaatnya

Ingin tahu kandungan dan manfaat apa saja yang ada di dalam produk Laneige ini? Apakah sesuai dengen kebutuhan kulit wajah kita? Yuk simak 4 kandungan terbaiknya untuk merawat kulit kita saat tidur.


1 Diperkaya Kandungan Pro-biotics Complex

Fungsinya untuk meningkatkan ketahanan kulit. Laneige Water Sleeping Mask EX diperkaya dengan kandungan Pro Biotics Complex. Kompleks yang kuat ini terbuat dari 23,8 miliar Probiotik, yaitu Green Tea Lactobacillus Ferment Lysate.


Kandungannya ini diklaim bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan melawan bakteri serta kuman penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga bisa meningkatkan ketahanan kulit, mencerahkan, dan menyegarkan kulit yang tampak lelah.


2 Mengandung Squalene atau Senyawa Organik

Kandungan inilah yang bisa meningkatkan kelembapan kulit. Selain Pro Biotics Complex, ternyata sleeping mask ini juga diperkaya dengan squalene atau senyawa organik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kelembaban kulit.


Squalene sendiri bersifat melembutkan dan mampu menjaga hidrasi alam kulit, memerangi tanda-tanda penuaan, juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.


3 Mengandung Sleeping Micro Biome ™

Tidak hanya itu, Laneige Water Sleeping Mask EX juga mengandung Sleeping Microbiome. Kandungan ini berguna untuk membangun kembali keseimbangan kulit yang sudah rusak sepanjang hari akibat faktor eksternal; seperti polusi, paparan sinar UV, debu, dan kotoran.


4 Memiliki Formula Hypoallergenic

Kabar gembira bagi si sensitif nih! Tidak perlu takut atau ragu untuk menggunakan Laneige Water Sleeping Mask EX. Sebab, produk ini mengandung formula Hypoallergenic yang ringan, bebas minyak, dan tidak berpotensi mengiritasi kulit.


5 Mengandung Sleep Scent

Kandungan inilah yang membuat water sleeping mask ini baik digunakan sebelum tidur. Dengan Kandungan Sleep Scent, akan membuat kulit menjadi rileks saat tidur di malam hari.


Formula terbaru ini bermanfaat menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit wajah secara intensif selama waktu tidur malam. Sehingga membuat kulit terlihat cerah.


Kemasan Produk

Packaging produk ini didominasi warna biru muda yang terkesan segar. Menjadi ciri khas Laneige untuk beberapa produknya. Bagian packing kotaknya, menggunakan bahan duplek tipis berwarna full biru muda.


Desainnya sangat minimalis, hanya ada tulisan brand dan beberapa informasi tentang produk. Tulisan berwarna putih yang terlihat kontras dengan background biru muda.


Informasi produk diberikan dengan bahasa korea dan bahasa inggris. Untuk produk yang saya dapatkan dari Indonesia ini, mempunyai label tambahan tentang informasi produk dalam bahasa indonesia.


Setelah membuka kemasan kardus luarnya, aku menemukan produk dalam wadah berupa jar 70 ml, dengan model tutup diputar. Berwarna biru muda yang sama dengan packaging luarnya.


Terdapat juga spatula untuk mengambil produknya, sayangnya tidak ada tempat spatula di kemasan jar nya. Serta kertas informasi produk dalam bahasa korea.


Tekstur dan Aroma

Seperti yang bisa dilihat, tekstur dari Water Sleeping Mask_EX ini sangat ringan. Berwarna putih susu yang kental. Terasa halus saat dioleskan ke kulit. Mudah meresap dan pastinya tidak membuat kulit jadi terasa lengket.


Water Sleeping Mask_Ex ini dilengkapi dengan wewangian dari bahan alami seperti orange flower, ylang-ylang, serta sandalwood oil yang bisa merilekskan pikiran dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.


Kesimpulan, Review Pemakaian Laneige Water Sleeping Mask_EX

Mukaku ini termasuk yang kering parah. Sejujurnya dari awal aku sudah menebak akan membutuhkan produk semacam ini untuk merawat kulit wajahku. Benar saja! Aku cocok dengannya. Bangun tidur, muka ini berasa segar dan lembab.


Setelah memakai Water Sleeping Mask_EX semalaman, tidak ada rasa lengket yang mengganggu saat bangun pagi. Artinya Water Sleeping Mask ini memang benar-benar meresap ke dalam kulit. Meski teksturnya terlihat kental, namun terasa ringan saat diaplikasikan.


review laneige water sleeping mask ex


Aromanya lembut, tidak menusuk, also very calming and soothing!


Pakai ini benar-benar membuatku ketagihan, sayang sekali karena produk ini termasuk kategori masker, jadi tidak perlu setiap hari. Cukup dua atau tiga kali seminggu saja, saat kulit membutuhkan asupan lebih. Apalagi saat kurang tidur.


Pemakaiannya cukup ditotol saja dan diratakan ke seluruh muka. Rasanya langsung adem saat diaplikasikan ke seluruh muka. Untuk aku si kulit kering, satu ruas jari telunjuk saja sudah cukup untuk seluruh wajah. Bahkan sampai ke leher.


Tapi saat aku merasa kulit sedang kering parah, biasanya aku menambahkan satu layer lagi.


Produknya sudah dilengkapi dengan spatulla, jadi tidak perlu takut produknya akan kotor oleh jari. Sayangnya tidak ada tempat menyimpan spatulla dalam wadah jar nya.


Jadi sebaiknya mencari tempat khusus untuk menyimpan spatullanya. Atau bisa juga, cuci kering setelah dan saat akan menggunakan produk.


Menurutku, penggunaan sleeping mask ini memang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan skincare di tahap sebelumnya. Karena dapat mengunci kelembaban dan kandungan skincare yang sudah dipakai.


Menjadikan Water Sleeping Mask EX adalah sahabat terbaik untuk kulit pada saat waktu tidur.


Jadi, LANEIGE Water Sleeping Mask_EX cocok digunakan sebagai langkah menghidrasi kulit sebelum tidur. Bangun dengan Kulit Cerah, Water Sleeping Mask_EX!


Saat ini, produk sudah tersedia diseluruh butik, store dan online official shop LANEIGE lainnya di Indonesia.


Untuk melakukan pembelian produk Water Sleeping Mask EX, bisa di Official Shop LANEIGE di SHOPEE dan e-commerce platform lainnya baik online maupun offline store seperti butik dan counternya di department store yang tersebar di Indonesia.


Follow Instagram @laneigeid

Webiste official Laneige Indonesia


#LANEIGEID #LANEIGESleepingMask #TheOGSleepingMask

61 komentar:

  1. Ak klo sleeping mask pakai nya tiap hari kak , tp blum cobain punya laneige ini. Masukin wishlist dulu hehe

    BalasHapus
  2. omooo harganya lumayan ya mba atiq ini, klo sama yang cica hijau enak mana mba?

    BalasHapus
  3. duuh aku wishlist yang hijau mba atiq yang cica, aku jadi penasaran juga nih sama yang biru, harganya mayan juga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu nabung dulu. tapi emang sesuai sih kalo rutin jadi bikin wajah gak lagi keliatan capek, jadi segeran... sleeping mask bikin pas bangun tidur auto happy

      Hapus
  4. Ini memang holy grail dan saya pakai before pandemic. Bagus Produknya

    BalasHapus
  5. ini versi upgradenya ya? aku pakai versi lamanya dulu ada kali abis 3 jar hahahaa jadi pengen cobain versi barunya juga

    BalasHapus
  6. penggunaan sleeping mask emang ngaruh banget ya buat melembapkan kulit pas tidur

    BalasHapus
  7. Aku juga pake ini emang sebagus itu sih hidrasinya serasa sleeping beauty, habis sleeping langsung beauty 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw kakak kalau pake ini sebelumnya pake moisturizer juga ga?

      Hapus
  8. belum pernah cobain sleeping mask nih Mbak, tipe orang yang cuek tapi sebenarnya penasaran dan butuh juga sih.
    harganya lumayan juga ya Mbak, tapi bisa hemat dipakainya dong ya karena gak perlu dipakai setiap hari :)

    BalasHapus
  9. Aku belum sempet coba nih, padahal udah booming dari lama ya

    BalasHapus
  10. Aku suka brand laneige hidrasinya mantul banget di aku pengen coba yg ini juga

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai ini, emang sebagus itu, hidrasinya nampol pagi pagi wajah langsung lembut banget 🥺

    BalasHapus
  12. Bagus banget produk laneige ini deh kak aq juga pake

    BalasHapus
  13. Wah bener nih perawatan kulit sebelum tidur penting banget biar kulitnya ga kering. Esok paginya jadi lebih segar

    BalasHapus
  14. walaupun harganya agak lumayan ya, cmn kualitas water sleeping mask ini the best sih, selain kk yg review tmn2 sy pun sdh ceritain manfaat cream ini

    BalasHapus
  15. Dulu pernah pakai sleeping mask laneige jugaa pas lagi awal-awal hype drakor di masa pandemik (karena liat pemerannya banyak yg pake ini) emng kerasa bangettt sleeping mask laneige ini the best sih💚

    BalasHapus
  16. Nah enak sepertinya make masker sebelum tidur biar kulit wajah jadi seger pas bangun nanti

    BalasHapus
  17. Wah daku juga merasakan yg sama nih kak Atiq, pas bangun tidur kulit kering. Sepertinya memang harus dicoba pakai sleeping mask biar kelembaban kulit gak hilang

    BalasHapus
  18. saya suka banget pakai sleeping mask kalau mau tidur hampiur setiap hari, penasaran jadinya pengen cobain yang ini ya

    BalasHapus
  19. Haraganya lumayan ya kak. Bosa dapet sepaket yih kalau merk lokal. Tapi kalau dilihat benefitnya soh worth it aja ya

    BalasHapus
  20. Wajahku termasuk yang kering banget kaya ketarik gitu deh. Kayanya aku bakal nyobain laneige water sleeping mask ini mba. Biar lebih lembab.

    BalasHapus
  21. aku biasa melakukan tahapan night skincare juga sih, tapi nggak pernah pake sleeping mask gitu.. ni pasti bagus nih, dari Laneige pula.

    emang kulit lembab saat bangun tidur itu sangat menyenangkan. bikin semangat elus2 pipi juga, hihi

    BalasHapus
  22. Beli Laneige ini harus di official storenya nih, karena banyak produk palsu yang harganya murah. Pengen nyobain juga sih biar kenyal kulitku.

    BalasHapus
  23. aku udah lama banget gak pakai laneige mba, dulu pernah pakai sleeping mask tapi yang warnanya biru ya kalau ngga salah.. ya lumayan menghidrasi sih, tapi kudu rutin pakainya

    BalasHapus
  24. jadi beneran pengen coba juga deh Sleeping mask nya ini, apalagi manfaatnya tuk hidrasi kulit ya, aromanya pun juga lembut dan tidak menyengat jadi makin nyaman dong ya maskeran all night long :)

    BalasHapus
  25. Ya ampunnn ini enak dan adeeem banget memang. Keinget eh dulu aku jg pakai Laneige mulai dari lipbalm sampai ke pelembab. wkwkw sampai skrg maasiih aja awett, mau order lagi ah

    BalasHapus
  26. aku juga pake ini kak, emang bagus sih produknya dan terbukti, pricey tapi lama kok pemakaiannya dan emang bikin kulit jadi lembab banget. suka deh!

    BalasHapus
  27. wah aku perlu nih produk laneige sleeping mask ini mba, biar bangun tidur cerah dan gak kusam ya, apalagi aku punya mata panda, huhuhu

    BalasHapus
  28. Woahh kalau banyak manfaatnya kayak gini pasti lebih rajin untuk rutin skincare-an sebelum tidur ya kak.

    BalasHapus
  29. Aku kebetulan lagi cari masker mbak. Dan biasanya kalau maskeran malam, pas mau bobok . DUlu terkadang ketiduran dan katanya nggak baik. Eh ini ada sleeping mask pula. Jadi pengin coba

    BalasHapus
  30. Aku pernah pakai sleeping mask Laneige rasanya lembut banget memang. Di kulit wajah jadi soft...

    BalasHapus
  31. Impian banget menggunakan LANEIGE Water Sleeping Mask EX.
    Ini kemasannya warna biru kan yaa..apa bedanya sama warna pink?
    Apakah ngefek ke jenis kulitnya atau sama aja?
    Karena kalau beli produk LANEIGE Water Sleeping ini selalu menjadi unggulan.

    BalasHapus
  32. Saya paling suka nih sama sleeping mask, malam2 mengaplikasikannya ke wajah trus pas bangun keesokan harinya kayak dapat hadiah lho, kulit wajah yang lembut dan lebih kenyal hehe. Laneige Water Sleeping mask ya, noted!

    BalasHapus
  33. laneige water sleeping mask ini wish list entah dari tahun kapan, harganya itu loh mba bikin aku masih maju mundur buat beli, hahaha tapi emang sungguh ini amat sangat patut untuk dicoba sih produknya

    BalasHapus
  34. Aku tiap hari pakai sleeping mask, efeknya bikin kenyal pas pagi hari di wajahku. Kalau Laneige Water Sleeping Mask ini sebenernya aku udah pernah coba versi mininya. Sayang aku kurang cocok mbak, jadi sekarang pakai merk lain deh hehe.

    BalasHapus
  35. Jadi makin pengen beli sleeping mask Laneige ini. Dari dulu udah kepengen tapi belum jadi-jadi belinya.

    BalasHapus
  36. LANEIGE Water Sleeping Mask EX cakeeep bgt ini. akupun suka pakai produk ini love cocok sama kulitkuu.

    BalasHapus
  37. Bisa membayangkan kondisi pipi dan kulit wajah saat bangun tidur... pasti bikkin bahagia banget. LANEIGE Water Sleeping Mask_EX kan memang bagus sekali.

    BalasHapus
  38. Salah satu sleeping mask favorit akuuu😍

    BalasHapus
  39. Sleeping mask inceran akuuuu, masih wishlist tapi pengen nyoba pokoknya! ^^

    BalasHapus
  40. 1 jar gitu bisa buat berapa bulan kak?

    BalasHapus
  41. Ini skincare laneige pertama yg aku coba deh, emang enak bnaget bikin lembapnya tuh

    BalasHapus
  42. Belum pernah pake sleeping mask.. enak ga sih? Penasaran banget pengen coba

    BalasHapus
  43. packaging laneige yg ini mengingatkan ku ke somethinc ceramide moisturizer nya itu lohh wkwkw

    BalasHapus
  44. Aku langganan pake laneige cushionnya kak. Bagus banget buat diwajah

    BalasHapus
  45. Wah kalau unuk kulit tipe normal to oily apakah bisa manjur juga kak? Bangun-bangun gitu terhidrasinya terasa lembap atau samapi berminyak kak?

    BalasHapus
  46. Setelah aku baca reviewnya, bikin aku tertarik untuk coba pakai Sleeping Mask.

    BalasHapus
  47. Kayaknya aku butuh ini.. duet maut pandemi dan online bikin banyak begadang, kulit wajahku menjerit

    BalasHapus
  48. Wishlist banget sih nyoba sleeping mask Laneige ini, skrg masih pake sheet mask tapi suka guilty-pleasure gitu klo pake sheet mask hahaha.. Nabung dulu ahh~

    BalasHapus
  49. Teksturnya keliatan enak banget buat diaplikasikan ke kulit. Pantas aja ya, selama ini jadi best seller. Kalau aku pernahnya coba yang varian Cica dan cocok di kulitku.

    BalasHapus
  50. ternyata produk Water Sleeping Mask ini banyak sekali manfaatnya yah, teksturnya sepertinya lembut ya kak? Kira kira ini bisa untuk pria gk ?

    BalasHapus
  51. Aku belum pernah nyobain Kak, masker satu jar gitu bisa untuk pemakaian berapa bulan Kak? Duh jadi pingin nyobain deh.

    BalasHapus
  52. Aku paling suka pakai sleeping mask. Kayaknya semalaman langsung ngefek dan ta daa..paginya kulit wajah nampak terhidrasi, lembut, bouncy,...makin happy deh paginya.
    Aku belum coba Laneige Water Sleeping Mask ini. Kemasannya unyu dan simpel ya, ada spatula pula, ga semua produk ada spatula. Menarik ini ingredientsnya, lain kali aku kepoin pengin coba

    BalasHapus
  53. Kualitas produk Laneige ini dua jempol saya akui bagus kualitasnya hanya harganya yang waw buat kantong saya hehehe..btw jadi kepo pengen coba maskernya ternyata ada ya bentuk masker seperti cream ini

    BalasHapus
  54. teman sering banget pakai sleeping mask ini mukanya glowing banget, kata dia enak banget dan cocok di kulitnya, jadi penasaran juga pengen cobain kebetulan saya rajin pakai sleeping mask

    BalasHapus
  55. Bersantai dan merawat diri memang sebaiknya dilakukan setelah seharian full penat bekerja.

    BalasHapus
  56. Wah kak Atiqoh.. awalnya aku pikir penggunaaan Laneige Water Sleeping Mask EX itu setiap hari. Ternyata hanya rutin dua kali sepekan.
    Ini bisa jadi irit ya. Karena selebihnya kita pake krim nalam lain dari Laneige.

    BalasHapus
  57. Aku tu tipe yg termasuk betah pakai masker lama-lama. Sayangnya rata-rata masker didesain buat pemakaian 30 menit-1 jam. Asik kali ya pakai sleeping mask EX. Ini bisa dipakai lebih lama dari 1 jam kah?

    BalasHapus
  58. Laneige emang produk skincare yang paling oke menurut saya.
    Saya pernah beli starter kit nya. Itupun harganya udah wow bagi saya.
    Tapi emang ada harga ada kualitas ye kan...

    BalasHapus
  59. Sekilas kalau baca judulnya aja, kirain masker medis yg buat menerapkan prokes Mbak Atiq,, ternyata masker Laneige Water Sleeping Mask EX banyak banget manfaatnya buat kulit di saat tidur ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.