Biar Makan Makanan Pedas Tetap Nikmat, Ini 5 Tipsnya!

Makanan pedas memang salah satu nikmat dunia yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi para pecinta pedas. Kandungan capsaicin di dalam cabai atau piperin di dalam lada, memang ampuh meningkatkan nafsu makan.


makanan pedas


Tapi terkadang, makan makanan yang terlalu pedas juga justru membuat kita tidak bisa menikmati makanan dengan nikmat. Sudah pasti, keringat justru bercucuran, megap-megap, kepanasan, hingga perut mulas.


Baca juga: Nikmati Wisata Kuliner Saat Diet


Tips Makan Makanan Pedas Tetap Nikmat

Mengonsumsi makanan pedas ternyata memang bikin ketagihan ya. Selain itu, ternyata juga ampuh membakar kalori. Makan makanan pedas justru membuat kita berkeringat, bahkan bisa sampai bercucuran. Nah, untuk tetap bisa menikmati makanan pedas, kalian bisa lho mencoba tips berikut ini.


1. Siapkan Air Putih Hangat

Sensasi terbakar akan terasa saat menikmati makanan pedas. Hal ini dikarenakan reseptor lidah kita menjadi aktif, lalu otak mengirimkan pesan pada tubuh yang terkena senyawa “pedas”, jadi merasa seperti terbakar.


Agar tidak harus lama-lama merasa tersiksa karena rasa pedas, kita bisa menggunakan air hangat untuk mengatasinya. Air hangat lebih ampuh untuk membersihkan mulut dari senyawa pedas yang membuat kepanasan. Jika rasa pedas masih menyiksa, kita bisa lakukan berulang-ulang dengan berkumur.


2. Carilah Posisi Makan di Tempat yang Dingin

Jika ingin menikmati makan makanan pedas, paling cocok memang di ruangan yang dingin. Kita bisa cari di tempat yang dekat dengan ac atau kipas. Dengan ini, sensasi terbakar dan berkeringat dari makanan bisa dipadamkan.


3. Menarik Nafas dengan Membuka Mulut "Huh Hah"

Jika sudah terlewat pedas atau lidah mulai terasa terbakar, kita bisa kok menarik nafas melalui mulut dengan meng-“Huhaah”. Hal ini bisa membantu untuk menghilangkan sensasi panas yang dirasakan. Tapi jangan buka lebar-lebar, biar tetap terlihat anggun elegan, hihi..


4. Selingi dengan Minum Air

Jika memang sudah tidak kuat, sebaiknya tidak dipaksakan. Meski makanan pedas memang candu yang susah untuk ditolak. Nah, demi mengantisipasi naiknya asam lambung karena makanan pedas, yang bisa kita lakukan adalah minum air di sela-sela makan.


Misalnya setelah makan tiga suap, kita bisa selingi dengan minum air. Dan lebih baik untuk minm air hangat, atau minuman yang mengandung susu. Dengan cara ini, rasa mulas dan sensasi pedas yang menyiksa bisa kita hindari.


5. Selingi dengan Makanan Lain, Tambahan Nasi Misalnya

Selain menggunakan air, kepedasan yang membuat lidah terasa disayat-sayat itu, bisa diatasi dengan makan nasi lho. Kandungan karbohidrat di dalam nasi bisa memberikan sensasi manis di lidah.


Selain itu mengunyah sedikit nasi secara perlahan juga cukup ampuh untuk merangsang mulut untuk menghasilkan amilase. Sehingga senyawa “pedas” yang masih terasa di mulut, sedikit demi sedikit bisa tersamarkan. Itulah kenapa, saat makan makanan pedas, sudah otomatis, kita akan menghabiskan nasi sebakul, hihi..


adem sari cepat ademnya

Baca juga: Pilihan Makanan Untuk Penderita Asam Lambung


Efek Makanan Pedas untuk Tubuh

Meski nikmat, namun kita tetap harus menjaga tubuh kita dari efek makanan pedas, yang ternyata akan bisa berefek buruk jika berlebihan. Makanan pedas yang menjadi favorit kebanyakan orang Indonesia ini ternyata merupakan makanan penyebab radang tenggorokan atau pnas dalam.


Rasa pedas makanan dapat berasal dari saus pedas, bubuk cabai, pala, kari, lada, dan juga cengkeh. Makanan pedas ini yang dapat memperberat radang tenggorokan atau menyebabkan panas dalam. Rasa terbaka akibat makanan yang terlalu padas, bisa membuat sakit tenggorokan.


Adem Sari, Cepet Ademnya Atasi Rasa Terbakar Akibat Makanan Pedas

Selain air putih yang bisa menjadi penolong utama saat kepedasan makanan pedas, Adem Sari juga dapat membantu mempercepat tenggorokan menjadi adem kembali. Setelah mengonsumsi makanan pedas, apalagi jika berlebihan, sudah pasti tenggorokan akan terasa panas dan terbakar. Adem sari yang mengandung ekstrak jeruk nipis, dipercaya mampu mengurangi rasa terbakar tersebut.


Adem sari hadir dengan 5 varian, yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Ada Adem Sari Sachet, Herbal Lemon Kaleng, Herbal Lemon Botol, Sparkling Kaleng, dan Herbal Tea. Semuanya aman untuk diminum setiap hari, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.


Pastikan untuk menyiapkan Adem sari sebelum kulineran menikmati makanan pedas. Kita bisa dapatkan secara online melalui website resminya. Dan sudah banyak tersedia juga di toko terdekat. Saat rasa terbakar menyerang karena makanan pedas, halau dengan Adem Sari. Karena Adem Sari, Cepat Ademnya!


Baca juga: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Manfaat Lemon Madu


Kesimpulan, Makanan Pedas Tetap Nikmat dengan 5 Tips di atas!

Bagaimana? sudah siap berkuliner menikmati makanan pedas? Jangan lupa ya, terapkan tips di atas agar tetap bisa nikmat makan makanan pedas. Selain mengurangi sensasi pedasnya, juga bisa mengurangi efek jangka panjangnya, seperti radang tenggorokan, atau panas dalam.


Sedia Adem Sari, bisa jadi andalan untuk membuat mulut cepat ademnya. Tidak hanya itu, juga membantu menjaga kondisi kesehatan kita, agar tetap fit karena kandungan vitamin C di dalamnya.

22 komentar:

  1. wkwkwkw kalo nambah nasi auto ndut yaa mba wkwk tp emang ilang sih pedesnya. Jadi aku biasanya pake air dah digelontorr sampee ilang

    BalasHapus
  2. Kalau daku memang gak kuat terlalu pedes, yang ada makin mules deh 😁, walau satu sisi sih tetep ada rasa penasaran pengen nyoba

    BalasHapus
  3. Makan pedas makin nambah napsu makan, tapi memang aku sering mengalami panas dalam setelah makan pedas.

    BalasHapus
  4. Aku paling suka adem sari sparkling. Pas banget bukan cuma saat panas dalam tapi juga saat cuaca terik. Yang sparkling bikin lebih adem suasana.

    BalasHapus
  5. duh saya mah gakuat makan pedas, kalau makan pedas harus yg agak manis gitu jd gak terlalu kewalahan

    BalasHapus
  6. Kebayang deh abis ngebakso xtra pedes terus minum air hangat, kebakar deh wkwkwk tapi cepet hilang pedesnya. Udah paling cocok minum adem sari aja biar cepet ademnya.

    BalasHapus
  7. Tenggorokan saya masih tahan insyallah..tapi perut saya yang ga tahan sama pedas2 .. hiksss

    BalasHapus
  8. aku paling gak bisa makan pedas sampai sekarang mba, entah kenapa.. tips-tips diatas juga gak ampuh huhu

    BalasHapus
  9. cabe itu penambah nafsu makan hahaha, saya juga suka minum adem sari mba terutama sekaran ni kalau siang panas banget, sore ampe malem hujan,

    BalasHapus
  10. Waduh bener banget ini wkwkkw kalo ngga nambah nasi juga aku biasanya pake air putih hangat, atauuu krupuukk. wkwk tapi nambah lagi kalorinyaa. emang udah paling bener minum hangat sih

    BalasHapus
  11. Jadii inget iklan Adeeeeem Sariiii sambil bersenandung ria. Cara ampuh menghilangkan pedess emang minum air hangat atau panas langsung nyoss tp cepet hilang yaaa🤭

    Nyossnya itu rasanya woww kyk meledak.di mulut.

    BalasHapus
  12. aku dulu kuat banget loh makan2 pedas, tapi kayanya makin kesini toleransi untuk rasa pedas makin berkurang deh, faktor u kali ya hihihi

    BalasHapus
  13. Aku juga sering nih minum Adem Sari. Terutama saat tenggorokan kering banget. Apalagi cuaca yang skrg panas sekali. Plus emang demen makan pedas. Hehe

    BalasHapus
  14. Wah mantap aku penyuka pedas dan salah satu yang sering reflek aku lakukan adalah huh hah huh hah untuk mengurangi sensailsi pedas haha.

    Ternyata emang gitu ya ..

    Adem sari sudah ada sjak aku masih kanak2. Ortuku sering ngasih ininjika kami sariawan

    BalasHapus
  15. Makan pedas nambah nafsu makan krn kepedesan, ini mah aku bgt.
    Jujur sih, aku enggak kuat pedas, tapi kadang pengeb. Dan kalau makan pedas ya itu harus sedia air putih yang banyak.

    BalasHapus
  16. aku suka minum adem sari cinggu hahahha, enak aja emang, nyegerin tenggorokan!

    BalasHapus
  17. Uniknya yaa, semakin pedas, semakin semangat aka lahap makannya.
    Dan jenis-jenis makanan pedas ini ada bermacam-macam, ada yang pedas hanya di lidah dan ada yang pedas di perut.
    Yang paling aman, selalu sedia Adem Sari di saat-saat seperti ini.

    BalasHapus
  18. aku termasuk sering makan pedas dan harusnya kata temen-temen kalau makan pedas diselingi sama minum yang panas.
    kalau aku ga kuat, pas pedas disuruh minum yg panas, kayak tambah pedes. Jadi milihnya malah beli minuman dingin-dingin atau es

    BalasHapus
  19. makasih tips nya kak. Aku suka makanan pedas nih. Baru tau kalau air hangat ternyata ampuh buat ngurangin pedas yah

    BalasHapus
  20. Kalau aku yang paling ampuh tuh minum air es. kata orang-orang sih malah bikin kebakar ya, dan harus pakai air hangat. Tapi aku gak kuat sensasi panasny akalau lagi makan pedas + air hangat hahaha

    BalasHapus
  21. Akutuh makan makanan pedas kalau lagi suntuk aja kak. Karena meskipun nikmat, kondisi lambungku udah gak bisa diajak kompromi. Harus hati² sendiri

    BalasHapus
  22. Makan pedas, memang menambah nafsu makan, Mbak. hanya karena saya tidak kuat pedas, jadi sebisa mungkin saya hindari. Kecuali kepengin sekali. Hanya itu, jadi booking toilet seharian hahaha.
    Dan saya perhatikan, ada yang banyak minum air es. Padahal katanya justru bikin pedas. malah saya pernah baca, minum susu hehehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.