Pilihan Makanan untuk Si Penderita Asam Lambung

Kurang lebih setengah tahun yang lalu, aku didiagnosa oleh dokter jadi penderita asam lambung. Sebelum merasakannya sendiri, kukira penyakit ini terlihat sederhana namun setelah merasakannya, nikmat luar biasa. Obatnya sederhana, pilih makanan yang tepat sesuai kondisi lambung.


Asam lambung telah menjadi salah satu penyakit yang sudah umum dijumpai saat ini atau lebih sering disebut sebagai gerd. Gerd sendiri cukup rentan terhadap beberapa jenis makanan, jadi kita para penderitanya wajib memilih makanan yang aman bagi lambung.


Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Berdasarkan banyak laman kesehatan yang aku baca, penyakit asam lambung bisa terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung, yang sedang mengalami iritasi.


Nah, ternyata kondisi naiknya asam lambung sebenarnya umum terjadi. Hanya saja, kondisinya yang bisa jadi lebih buruk. Bisa menimbulkan nyeri di ulu hati atau seperti mulas di area dada bagian bawah. Masalah ini disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). (sumber: halodoc.com)


Parahnya lagi, banyak orang yang mengalami gangguan ini, bisa beberapa kali dalam seminggu. Inilah yang aku alami. Bahkan hampir setiap hari, kadang pagi atau malam hari. So, dengan keadaan ini, penting untuk tahu beberapa cara untuk meredam gejalanya. Salah satunya, dengan menjaga pola makan.

pilihan makanan penderita asam lambung


Seperti Apa Gejala Penyakit Asam Lambung?

Awalnya, aku kira ini hanya karena masuk angin. Rasanya seperti terbakar yang tidak nyaman di dada bahkan menjalar ke leher, seperti kembung dan mulas jadi satu. Kadang, gejala yang dirasakan ini bisa berlangsung dalam beberapa jam.


Sungguh membuat serba salah, karena dibuat duduk dan berbaring, justru semakin terasa menyakitkan. Bahkan terasa lebih buruk setelah makan.


Aku pernah sampai merasakan, rasa yang asam di pangkal lidah dan rasanya ingin memuntahkan makanan atau cairan dari perut. Bahkan kadang, terasa menyesakan dada. Napas jadi ikut sesak. 


Semenjak gejala awal yang aku rasakan itu, aku sadar kalau ini bukan masalah penyakit biasa, atau sekedar masuk angin. Akhirnya, aku memutuskan untuk konsultasi ke dokter. Ya, meski mendapatkan obat untuk pertolongan pertama, tetap saja banyak PR yang harus aku lakukan.


Gejala tersebut ternyata bisa diatasi dengan cara mengubah pola makan dan tentunya memilih makanan yang sesuai dengan penderita asam lambung. Namun, jika gejalanya memang menjadi lebih parah, disarankan untuk langsung temui dokter untuk penanganan.


Bagaimana Mencegah Penyakit Asam Lambung?

Setelah merasa menderita mempunya penyakit asam lambung, aku pun lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Ditambah, aku langsung mencari informasi lebih lanjut tentang penyakit ini. Lalu, apa saja kebiasaan yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik?


mencegah asam lambung naik


Dari banyak laman kesehatan yang aku baca, ternyata beberapa kegiatan ini wajib dilakukan. Atau asam lambung akan naik. (sumber: prudential.co.id)


Atur Jadwal Makan

Salah satu yang aku dasar betul bisa jadi penyebab asam lambung naik adalah pola makan tidak teratur, terutama di malam hari. Dikarenakan pekerjaan yang baru bisa dikerjaan saat malam, maka kegiatan makan pun masih terus berlangsung menemaniku.


Ternyata hal ini bisa mempengaruhi kondisi lambung, yang seharusnya sudah istirahat namun masih dipaksa untuk mencerna makanan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi asam lambung yang naik, sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur.


Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.


Kontrol Jumlah Makanan yang Dikonsumsi

Penyebab asam lambung naik, ternyata tidak hanya disebabkan oleh telat makan. Namun, kekenyangan juga bisa menyebabkan hal yang sama. Semakin banyak makanan yang kita konsumsi, produksi asam lambung pun akan diproduksi lebih banyak, sehingga semakin besar kemungkinannya untuk naik.


Hindari Makanan Pedas dan Asam

Nah ini, kesalahan yang berulang kali aku lakukan. Makanan pedas, asam dan berlemak, menjadi musuh terberat yang harus dihindari. Ketiga jenis makanan itu dapat memicu produksi asam lebih banyak pada lambung.


Pilihan Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Pada akhirnya, aku juga harus bergantung pada obat-obatan. Namun, tetap berusaha untuk merubah gaya hidup. Berdasarkan keterangan dokter saat itu, beberapa gaya hidup yang dianjurkan untuk penderita asam lambung, adalah dengan menjaga berat badan ideal, makan dalam porsi kecil tapi sering, serta perubahan pola makan bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.


Selain itu, tentu saja menghindari jenis makanan yang bisa jadi pemicu. Oleh karenanya, kini aku jadi sangat pemilih terhadap makanan. Bukan hal sulit untukku, karena pilihan makanan sehat masih banyak yang bisa dikonsumsi. Berikut ini jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi:


1. Sayuran Hijau

Sayuran secara alami mengandung kadar gula dan lemak yang rendah, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung. Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain kacang hijau, bayam, kangkung, dan timun.


2. Pisang

Buah pisang termasuk jenis buah yang rendah asam. Ini bisa membantu saat asam lambung naik, dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Selain itu, Pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan.


3. Oatmeal

Seperti makanan berserat tinggi lainnya, oatmeal membantu mencegah gejala asam lambung. Serat tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan usus, tapi juga mencegah sembelit dan tentunya jadi merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.


Nah, kalau perut sudah kenyang, otomatis tidak akan lagi makan secara berlebihan. Sehingga risiko asam lambung naik kembali ke kerongkongan bisa berkurang.


Nutriflakes, Makanan Sehat Untuk Terapi Asam Lambung

Nutriflakes merupakan jenis makanan sehat (super food) yang berbentuk sereal. Terbuat dari umbi garut, daun kelor, Psyllium husk, susu kambing Etawa, dan gula aren yang diformulasikan untuk meredakan asam lambung tinggi.


Kandungan sereal ini mengandung efek terapi untuk meredakan GERD, sembelit, obesitas, kolesterol, nyeri sendi, sesak napas dan juga maag.


Produk ini aman dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari usia 2 tahun hingga lansia. Tentunya, tidak hanya bagi penderita asam lambung saja, Nutriflakes juga bisa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.


sereal nutriflakes


Serta cocok juga bagi yang sedang menjalani program diet, karena kandungan karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh terkandung dalam sereal ini yang dapat memberikan efek kenyang. Sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti menu makanan harian.


Nutriflakes sudah terdaftar BPOM, sehingga tidak perlu khawatir untuk dikonsumsi. Jika berminat untuk mencoba Nutriflakes, sudah bisa didapatkan di Tokopedia Nutriflakes dan juga Shopee Nutriflakes.


Untuk informasi produk lebih lanjut termasuk info lengkap seputar kesehatan, khususnya terkait asam lambung atau GERD dan maag, bisa ikuti Nutriflakes di Instagram @nutriflakes.official.


Kesimpulan, Pilihan Makanan untuk Si Penderita Asam Lambung

Penyakit GERD atau asam lambung bisa dialami oleh semua orang bahkan ternyata, bayi pun bisa merasakan penyakit ini. Untuk itu, penting agar menjaga pola makan, pola pikir dan juga pola hidup yang sehat. Demi mencegah timbulnya penyakit asam lambung ini.


Nutriflakes, hadir dengan empat bahan utama tumbuhan dan kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Produk ini bisa jadi pilihan makanan terbaik untuk si penderita asam lambung.

32 komentar:

  1. Mungkin godaan paling berat itu pada makanan pedas, asam, dan berlemak ya, Mbak. Karena semua itu makanan enak dan segar menurut saya hehehe. Tapi tujuan utama memang harus sehat. Jadi harus semangat dengan pola makanan yang sesuai.

    BalasHapus
  2. menarik nih, ada nutriflakes. suamiku soalnya punya asam lambung. rasanya enak enggak, ya?

    BalasHapus
  3. Mba sama dulu aku gegara nya kok malah karena demen makan pedas sejak saat itu saya ngurangin dan allhamdulilah terbebas dari Asam lambung.

    BalasHapus
  4. Wah ternyata Nutriflakes bisa untuk mencegah asam lambung ya kak. Aku dulu jg gitu sih. Susah banget cari makanan yg pas. Aku sih penyuka pedas. Tapi pas sakit asam lambung, ya emg ga boleh makanan pedas hingga terlalu asam.

    Namun yg penting selain dr makanan, penyebab asam lambung ya dari stres sih. Kalo pola makan ga teratur, plus stres tingkat dewa, ya asam lambung pasti naik. Bahaya banget loh penyakit ini.

    BalasHapus
  5. Aku sering banget kak telat makan, biasanya kalo ada pisang ya ngemil pisang dulu ternyata bagus juga ya untuk mencegah asam lambung

    BalasHapus
  6. wah kak kebetulan saya juga ada lambung ini bisa jadi pilihan buat saya, terima kasih informasinya kak

    BalasHapus
  7. Persis seperti yang pernah Ibu mertuaku alami. Beliau menderita penyakit asam lambung ini selama bertahun-tahun. Apalagi beliau juga susah makan, wah semakin parah. Dokter banyak menyarankan untuk macam, namun untuk Oatmeal sepertinya belum pernah. Mungkin bisa dicoba, nanti. Terima kasih infonya, Kak.

    BalasHapus
  8. jadi pengen beli dan cobain nutriflakes ini, karena kalau beli oatmeal yang plan gitu kadang suka enek padahal cocok banget untuk sarapan setiap pagi sebelum ke kantor

    BalasHapus
  9. masalah asam lambung ini semakin banyak yang merasakan ya Mbak, karena orang terkadang habis makan langsung tidur, suka makan yang pedas dan asam, duuh ini nih yang ngundang penyakit namanya ya :D

    Alhamdulillah ya sekarang ada makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung seperti Nutriflakes ini, bahan-bahannya alami dan kaya manfaat pula ya, saya jadi ingin coba belakangan juga suka nyeri uluhati ini :(

    BalasHapus
  10. Makasih kak sharingnya. Suami saya yg sering asam lambung. Awalnya dikira masuk angin atau maag tapi kok sering dan kadang berhari-hari, jd sekarang memang di rumah pisang dan sayuran hijau hampir selalu ada setiap hari dan juga oatmeal sedia terus di kulkas

    BalasHapus
  11. Saya punya teman yang juga memiliki penyakit asam lambung. Salah satu pantangannya dia itu adalah makan nasi. Jadi kalau makan nasi malah mual. Ntar saya rekomendasikan deh produk ini, siapa tahu cocok.

    BalasHapus
  12. jadi sayuran hijau dan pisang ini cocok ya Mbak tuk penderita asam lambung, hmm noted nih.
    nanti juga sekalian mau coba Nutriflakes ini deh apalagi kayaknya enak nih ada propolisnya juga kan ya jadi gak terlalu berasa ya daun kelornya :D

    BalasHapus
  13. Nutriflakes ini beneran dari bahan alami sehingga bisa support buat esehatan lambung dan pencernaan. Kudu dikonsumsi rutin sampe sembuh ya kak

    BalasHapus
  14. Akhirnya ada Nutriflakes bisa jadi solusi untuk pengidap asma lambung sekarang ya. Semoga pendistribusiannya bisa sampai juga ke kampung saya nih

    BalasHapus
  15. Saya punya maag dan tiap makan sambal banyak langsung maag perut rasanya nggak enak. Tapi ada jg yg punya maag makan sambal malah kuat, yang gak kuat minum kopi aja.. kok bisa ya XD

    BalasHapus
  16. Penyakit asam lambung ini banyak juga makanan yg harus dihindari, apalagi makanan pedas dan asam. Konsumsi nutriflakes manfaatnya ternyata baik banget ya buat tubuh

    BalasHapus
  17. Sama satu lagi sih, jangan kebanyakan pikiran biar asam lambung gak kumat. Soalnya kalau sudah bagian perut yang sakit, maka badan semua jadi sakit ya

    BalasHapus
  18. asam lambung kalau tidak ditangani dengan baik bisa mengakibatkan kematian. Kemarin teman anakku, masih muda, wafat karena asam lambung. Terimakasih tulisannya, ini bisa menjadi pelajaran, bisa saya bagikan ke teman-teman yang menderita penyakit asam lambung. Entah mengapa, sekarang ini banyak sekali yang menderita penyakit ini

    BalasHapus
  19. Aaah, pas banget ini Kak. Asam lambungku akhir-akhir ini kumat melulu :3
    Makasih ya kak

    BalasHapus
  20. suamiku punya sakit lambung mengarah ke GERD juga nih kak. sekarang lagi berobat dan menghindari beberapa jenis makanan, tapi anehnya tiap makan pisan malah kambuh loh. mungkin di beberapa penderita agak sendsitif ya terhadap pisang

    BalasHapus
  21. Penyakit asam lambung ini nampaknya memang sering disepelekan juga ya, kak. Paling penting sih jaga pola makan yang teratur kalo mau menghindar dari penyakit ini kan dan tentunya makanan yang dikonsumsi harus tepat.

    BalasHapus
  22. sereal, oat, grains emang sumber karbohidrat kompleks yang bagus buat pencernaan dan kesehatan juga ya, aku pun suka kombinasi menu pake bahan-bahan itu

    BalasHapus
  23. aku akan lebih pilih lagi kalau-kalau mau ngasih makanan ke adikku, makasih infonya ya

    BalasHapus
  24. aku nih kadang suka tiba-tiba kumat asam lambung bergejolak paling ga enak banget deh rasanya, aku mo keep ah aku catat yaa mba pilihan2 makanan apa aja yang oke nih

    BalasHapus
  25. Oatmeal di blender campur pisang itu enak banget kak. Aku suka makan seperti itu untuk sarapan. KArena dulu aku punya asam lambung juga sih.

    BalasHapus
  26. Bagi penderita asam lambung ini makan banyak enggak bisa, makan sedikit juga gak bisa.
    Jadi kudu bener-bener diatur kualitas dan kuantitas dari asupan gizinya. Seperti konsumsi Nutriflakes yang kandungan nutrisinya lengkap.
    Cocok banget yaa..aku juga jadi pengen ikutan cobain Nutriflakes.

    BalasHapus
  27. dulu takkira asam lambung dan magh itu sama tapi ternyata berbeda, teman saya kalau sudah kambuh dadanya sampai terasa pernah sesak, wah bagus ya ada nutriflakes jadi ingin coba juga, apalagi dari umbi umbian, saya suka

    BalasHapus
  28. sudah setengah tahun aku punya masalah asam lambung dan suka stres kalau udah kambuh karena bener-bener gak enak :(

    apakah nutriflakes ini bener-bener enak kak?

    BalasHapus
  29. Aku baru tau bayi jga bisa gerd ya harus hati2 banget berarti yaa

    BalasHapus
  30. Penderita asam lambung ini gak boleh makan sembarangan yaa agar aslamnya gak kambuh. Pe er banget nih menghindari makanan penyebab aslam ini, apalagi bila salah satunya adalah makanan favorit si penderita

    BalasHapus
  31. aku nih yang punya masalah sama asam lambung mbak hahaha, emang bener sih, makannya itu harus dijaga banget. aku pernah karena salah makan, berujung badrest sampe tiha hari

    BalasHapus
  32. Orang punya penyakit asam lambung tuh serba salah. Kekenyangan sakit perut, kalau lapar juga bakal bikin perut sakit. Pokoknya yang biasa biasa aja deh

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.