Inspirasi Menu Praktis Berbuka Puasa ala Dapur Kobe

Setelah jadi ibu, sudah pasti aku harus mulai belajar untuk menyiapkan makanan keluarga sehari-hari. Termasuk inspirasi menu praktis berbuka puasa saat sedang Bulan Ramadhan. Karena harus bergulat sendiri di dapur, aku selalu berusaha untuk membuat menu berbuka yang praktis dan tetap bergizi. Nah, menu praktis berbuka kali ini, aku siapkan bersama tepung Kobe.


Biasanya, usai menahan lapar dan haus seharian, kita akan kalap saat waktu berbuka puasa. Menyantap segala jenis makanan ataupun minuman. Oleh karena itu, berbuka puasa dengan menu seimbang itu penting, untuk cadangan simpanan energi dan membantu tubuh untuk siap kembali berpuasa keesokan harinya.


Kita wajib memilih menu terbaik untuk berbuka. Mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga agar terhindar dari masalah pencernaan yang tidak diinginkan.


Tips Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa

Sebetulnya, kita wajib lho, memilih dan menyaring makanan yang dapat di konsumsi saat kita berbuka puasa. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak merasa berlebihan ketika berbuka puasa. Nah, berikut tips memilih makanan yang cocok untuk berbuka puasa seperti dilansir dari berbagai sumber.


1. Hidrasi Sebelum Makan

Setelah 12 jam lebih berpuasa, minum air seperti air putih, jus atau susu terlebih dahulu, sangat dianjurkan sebagai salah satu pencegah dehidrasi tubuh kita. Minum 1 – 2 gelas air sebelum makan lebih baik, dan bukan saat makan, agar proses pencernaan tidak terhambat.


Hal yang harus diwaspadai adalah jenis minuman Ramadhan yang banyak mengandung gula dan tinggi kalori.


2. Awali dengan Makan Kurma

Memulai berbuka puasa dengan 3 buah kurma, akan mengisi kembali kadar gula darah pada tubuh kita.


3. Mulai Konsumsi Makanan Berkuah Bening

Sup sayuran dapat menjadi hidangan yang sangat diperlukan saat berbuka puasa. Mereka kaya akan air dan membantu kita cepat terhidrasi kembali. Pilihlah sup dengan kuah air yang segar dan sebaiknya hindari sup berbahan dasar krim.


4. Pilih Makanan Mengandung Protein

Tidak hanya Air dan Sayur-sayuran saja yang perlu diperhatikan kecukupan kebutuhannya. Kebutuhan protein juga penting untuk tubuh. Protein akan membantu memelihara tubuh. Oleh karena itu, saat berpuasa kita jadi lebih membutuhkannya, karena bisa saja ada jaringan yang rusak akibat berpuasa.


Nah, yang terpenting adalah, tidak terburu-buru menyantap hidangan besar saat berbuka. Sebaiknya kita menunggu minimal 15 menit setelah mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa, untuk kemudian menyantap hidangan besar atau utama.


Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan ala Dapur Kobe

Tapi, yang membuatku senang menjadi ibu di masa sekarang adalah, bisa memasak apa saja dengan praktis. Kenapa? Karena dibantu keajaiban internet, hihi.. Selain itu, sudah banyak bahan makanan praktis yang tidak butuh waktu lama untuk diproses dan dihidangkan.


Melalui internet, aku bisa belajar cara memasak secara cepat. Tidak perlu menjadi ahli, asal sukses membuatnya sampai jadi, hihi.. Kini, sudah banyak juga website yang menghadirkan inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan. Dijamin tidak akan bosan!


Kita tinggal buat rencana menu mingguan yang sesuai untuk keluarga. Usahakan dalam 1 minggu memasak menu yang berbeda. Nahinspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan bisa diikuti langsung melalui website dapurkobe.co.id.


inspirasi menu berbuka


Ada banyak daftar menu buka puasa untuk 1 bulan yang recommended. Jadi tidak perlu bingung lagi akan masak apa. Mempermudah juga untuk belanja stok bahan makanan. Dan semua resepnya lezat dan mudah di-recook, tentunya didukung dengan tepung Kobe.


Varian Tepung Bumbu Kobe

Kobe memulai perjalanannya di tahun 1979 sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu, yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.


Banyak yang mengira Kobe adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya. Ternyata, Kobe merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak, hihi.. Kini mereka dikenal dengan tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!


kobe tepung bumbu


Yes! Masak praktis anti ribet menggunakan tepung Kobe. Tidak perlu khawatir, karena sekarang, tepung Kobe sudah banyak macamnya, tinggal pilih saja sesuai keinginan untuk menghidangkan makanan istimewa. Ini dia beberapa jenis tepung bumbu Kobe yang bisa Bukibuk pilih, diantaranya :


Kobe Tepung Tempe Kriuk

Digunakan untuk menggoreng tempe atau tahu juga enak, sudah pernah aku coba, hihi.. Diracik dengan ketumbar asli. Sehingga mampu menghasilkan rasa yang gurih dan lebih renyah. Asli, gak akan gagal lagi bikin tempe goreng kriuk.


Kobe Tepung Bakwan & Perkedel

Digunakan sebagai adonan tepung bakwan dan perkedel yang lembut di dalam namun renyah diluar. Jujur, ini bikin kita jadi memangkas waktu lebih praktis untuk menghidangkan bakwan & perkedel. Hasilnya juga anti gagal!


Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy

Formulasinya digunakan untuk adonan ayam kentucky super crispy yang bisa tahan hingga 8 jam. Kini, dari masakan dapur sendiri, sudah bisa menghasilkan ayam krispi yang lezat tanpa gagal.


Kobe Tepung Bumbu Putih

Formulasinya digunakan untuk membuat gorengan yang renyah dan bertekstur seperti kristal. Selain untuk gorengan, cocok untuk membuat jajanan kekinian seperti cireng, aci telor dan cirambay. Kobe Tepung Bumbu Putih juga bisa berfungsi untuk mengentalkan masakan yang bisa diaplikasikan dalam resep sup, salah satu resepnya adalah Sup Krim Jagung.


Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy

Bisa digunakan untuk menggoreng pisang atau membuat kue. Rasanya sedikit lebih manis gurih hasilnya.


Kobe Tepung Serbaguna

Salah satu jenis tepung yang wajib ada di rumah. Formulasinya untuk membuat gorengan renyah dengan rasa lebih berempah. Goreng apa saja, sudah pasti tidak perlu khawatir lagi akan kerenyahannya.


Nah, Bukibuk selalu mengandalkan tepung Kobe yang mana saja nih? Yang jelas, keenam jenis tepung bumbu Kobe tersebut, benar-benar membantu dalam menghidangkan menu berbuka puasa yang praktis.


Menu Praktis Berbuka Puasa ala Dapur Kobe, Keripik Tempe yang Kriuk!

Apa saja yang bisa disajikan dari tepung bumbu di atas? Tentunya jenis makanan, baik ditumis, goreng, kuah, bakar, hingga dipanggang. Seperti, Woku Ayam, Bakwan, Jamur Krispi, Tempe Kriuk, Ayam Crispy Cabe Garam, Onion Rings, Sup Cream Jagung, Cheese Bite, dan lainnya.


Nah, kalau aku, kali ini lagi mau habisin stok varian Kobe tepung tempe kriuk. Benar-benar jadi salah satu resep andalan nih, karena mudah dibuat dan praktis. Tepung ini diracik secara khusus untuk mendapatkan hasil gorengan tempe yang sempurna kelezatannya. Baik tekstur kriuk dan rasanya.


Hasil gorengan tempe jadi lebih terasa pas rasa rempahnya dan terlapis sempurna dengan tepung kriuknya. Ini dia, hasil keripik tempe Kobe, dari recook inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan dari Dapur Kobe.


keripik tempe Tepung Kobe


Resep Keripik Tempe Kriuk Kobe

Salah satu resep ini yang akan aku hidangkan untuk menu praktis berbuka puasa. Selain memang praktis, sudah pasti semua suka dengan makanan ini. Bahannya juga mudah, membuatnya tidak perlu lagi banyak drama karena dibantu tepung tempe kriuk dari Kobe.


Bahan dan Cara Membuat Tempe Kriuk Kobe

Aku pakai 1 papan Tempe, yang aku potong tipis, kemudian digoreng sampai kering. Kemudian, aku menggunakan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk yang 70 gram. Aku campur 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk tersebut dengan 125 ml air, lalu aduk hingga larut.


Untuk aroma yang lebih khas, aku menambah 3 lembar daun jeruk yang sudah diiris halus. Campurkan pada adonan tepung, dan aduk rata sampai tidak ada yang menggumpal. Nah, kalau adonan tepung tersebut sudah siap, tinggal kita masukkan tempe yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan basah.


Saranku, masukkan satu persatu saja, agar nantinya tepung tidak menempel terlalu tebal pada tempe. Kemudian, goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah, angkat dan biarkan dingin. Lalu silahkan dinikmati.


tepung bumbu tempe kriuk kobe


Yes berhasil! Ini dia hasil recook masakanku untuk buka puasa yang aku liat di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu ini dimasaknya simple banget karena pakai produk Kobe dan rasanya sudah pasti enak.


Kesimpulan, Pilihan Menu Berbuka yang Praktis nan Menggugah Selera

Jadi, pilihan makanan untuk berbuka puasa memang tidak bisa sembarangan. Alih-alih mengembalikan energi yang hilang selama puasa, justru membuat badan jadi tidak fit jika salah makan jenis makanan. Oleh karena itu, mulai mencari inspirasi menu berbuka tidak ada salahnya. Cari yang praktis namun tetap menggugah selera.


Ragam kuliner lain yang bisa juga kalian coba saat berkunjung ke Tegal, bisa dilihat di Ragam Kuliner Khas Tegal.


Dengan tepung bumbu dari Kobe, semua hidangan bisa dibuat dengan lebih cepat dan praktis. Jadi, Bukibuk sudah tidak perlu galau lagi mau masak apa besok, silahkan recook inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan lainnya di bit.ly/30harimenuramadhan dan pastikan kamu juga punya resep-resepnya ya! Selamat mencoba!

31 komentar:

  1. tepung Kobe banyak jenisnya ya Mbak, dan praktis bisa masak apa aja jadi lebih mudah dan enak doong pastinya :)
    mau coba juga nih resep kriuk ala Kobe nya aahh, anak-anak doyan tempe juga disini :)

    BalasHapus
  2. Paling gampang deh bikin tempe kriuk pake kobe. Pasti lezat dan disukai semua orang

    BalasHapus
  3. Kemarin saya juga coba bikin Kripik Tempe Kriuk Kobe ini, Mbak. Unik dan beda cara bikinnya, karena tempenya digoreng dulu, baru dicelupkan ke tepung bumbu kobe, lalu digoreng lagi. Tapi justru proses ini bikin kriuk, dan renyah. Rasanya juga pas. Jadi puasa aman, karena tidak perlu mencoba hehehe.

    BalasHapus
  4. Pengen sedia stok tepung Kobe nih, karena bisa masak lebih praktis, apalagi pas sahur dan telat bangun

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu aku ada banyak pilihan tepung kobe, thx u kak, inspirasi menunya akan di coba. anak moga suka

    BalasHapus
  6. Kemarin saya nyobain tepung kriuk Kobe gegara nitip sama teman hidup dan dibeliinnya itu. Memasak tempe jadi lebih praktis, tinggal diencerin, jadi. Rasa tempe gorengnya juga oke.

    BalasHapus
  7. Kobe ini memang praktis banget sih. Sangat membantu para ibu memasak dalam waktu yang singkat, enak banget pokoknya.

    BalasHapus
  8. Aku juga memilih berbuka dengan kurma dan sayur berkuah biar seger. Tentu saja setiao sajian wajib ada tempe. Untung ada Kobe yang bikin tempeku lebih kriuk kriuk.

    BalasHapus
  9. Aku juga memilih berbuka dengan kurma dan sayur berkuah biar seger. Tentu saja setiao sajian wajib ada tempe. Untung ada Kobe yang bikin tempeku lebih kriuk kriuk.

    BalasHapus
  10. Tepung kobe banyak variannya ya, bisa untuk bikin macam-macam. Praktis banget

    BalasHapus
  11. Menu tempe krispi ini memang dimasaknya simple banget karena pakai produk Kobe dan rasanya sudah pasti enak. Kemarin saya juga buka puasa diawali dengan tempe kriuk pakai tepung kobe. Semua sukaa

    BalasHapus
  12. Aku paling sering beli Teung Kobe Serbaguna deh karena bisa dipakai untuk berbagai menu yang diinginkan anggota keluarga di rumah.

    Benar sekali. Sebaiknya, saat iftar, dimulai dengan kurma untuk mengembalikan kadar gula dalam darah. Selanjutnya cukupkan minum dulu. Hmm, kalau di keluargaku sih, dimulai dengan menu yang hangat atau bersuhu ruang, bukan yang dingin duluan.

    BalasHapus
  13. Barusan nengokin menu 30.hari ramadan dari Kobe. Ternyata banyak ya variasi makanannya. Mudah pula cara masaknya. Lumayan bisa jd inspirasi menu berbuka dan sahur

    BalasHapus
  14. Kobe ini ada banyak macam ya, jadi gak bingung buat ganti menu setiap harinya

    BalasHapus
  15. Naaah, ini dia yang aku cari
    Kalau bulan puasa suka mendadak bingung mau masak apa lagi
    Alhamdulillah ada inspirasi di website kobe

    BalasHapus
  16. Kalo buka puasa biasanya sama nih diawali dengan kurma juga. Hmmm, selanjutnya tetap ada aja gorengan,hihihi. Menarik nih inspirasi dari Kobe apalagi biar menu yg disajikan lebih variasi dan enak.

    BalasHapus
  17. Kalau aku biasanya goreng tempe pake daun bawang yang banyak mbak, soalnya kurang suka dengan daun jeruk. Hehehe.. tapi tetap sama-sama enak kok soalnya pake tepungnya dari Kobe juga

    BalasHapus
  18. Goreng tempe kriuk pake kobe emang maknyuss. Pas nyobain kemarin anak2 pada suka. Dimakan anget2 ama cabe ijo pas ujan gitu wuihhh

    BalasHapus
  19. banyak menu lezat yang tercipta, jadi punya ide buat menyiapkan santapan berbuka dan sahur. Yang penting enak, dan mudah disiapkan. Pasti jadi pilihan banget nih

    BalasHapus
  20. wah akutim yang gak bisa masak tanpa resep hwakakaka. aku pernah menggunakankobe juga bolehnih kayaknya menu2nya, tapi selama puasa emang agak susah menghindari gorengan hehee

    BalasHapus
  21. Tepung bakwan Kress itu favoritku banget, bisa diisi macem macem...

    BalasHapus
  22. Kalau aku suka juga pakai tepung bumbu Kobe. Enaknya, rasa hasil masakan jadi nggak terlalu gurih bahkan asin di lidah. Apalagi suamiku, dia suka protes kalau masakan terlalu gurih. Nah, kalau tepung bumbu Kobe, gurihnya itu pas di lidah kami.

    BalasHapus
  23. Wah ternyata tepung Kobe banyak ya variannya. Aku sih lebih seringnya pake tepung buat tempe kriuk. Enak sihhh...apalagi pas buat buka puasa.

    BalasHapus
  24. Betul, dengan tepung bumbu Kobe semua jadi praktis. Saya ada stok semua tepung bumbu Kobe yang terdiri enam varian itu. Malah Kobe bumbu Kalasan dan Kobe boncabenya nya juga ada. Komplit pokoknya soalnya emang udah cocok

    BalasHapus
  25. mau ah liat ke webnya Kobe kebetulan sekarang sudah mulai bingung mau masak apa untuk berbuka, mau cari inspirasi disana

    BalasHapus
  26. Asliii pakai tepung kobe ini ngga pernah fail sih. Mau bikin tempe tahu jamur sampai brokoli selalu enaaak. Anak jg doyan

    BalasHapus
  27. bakwan is my life. pokok e buka paling yahut sama bakwan :D

    BalasHapus
  28. Asiik~
    Ada contekan menu 30 Hari yang bisa mempermudah para Ibu untuk menyusun menu sehat seimbang yang disukai keluarga karena menggunakan Tepung Bumbu Kobe yang lezat dan praktis.

    BalasHapus
  29. wah kemarin aku juga masak pakai tepung kobe mbak, bikin tempe kriuk juga. Nah, memang beneran pas dilidah nih.

    BalasHapus
  30. Tempe goreng adalah menu yang selalu ada ya mbak
    Enak KLO sahur dengan tempe goreng selezat ini

    BalasHapus
  31. Aku juga tim tempe kriuk mbak. Kalau udah makan tempe kriuk jadi lupa diri saking nikmatnya. Ngunyah terus sampai kenyang haha.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.