7 Hal Asik yang Bisa Dilakukan Ibu Saat Me Time, Pilih Mana?

 Kapan terakhir bisa me time setelah menjadi ibu? Hal apa yang biasanya kalian lakukan saat me time? Hmm.. Semoga semua ibu bisa mendapatkan me time yang menyenangkan dirinya ya!


Bersyukur sekali aku selalu bisa menyempatkan diri menikmati me time di sela waktu setiap harinya. Ya, meski hanya melakukan hal sederhana saja, yang penting membuat hati lebih nyaman dan bahagia.


Menjadi Ibu adalah moment yang ternyata tidak cukup hanya dengan hamil dan melahirkan. Ternyata, perjalanan kehidupan selanjutnya, menjadi perjalanan yang masih panjang.


Tidak jarang, aku merasa kewalahan dengan semua hal baru setiap harinya. Waktu 24 jam sehari rasanya tidaklah cukup. Begitu ya Bukibuk?


Sudah dipastikan, dengan segala rutinitas ini, jujur saja kadang membuatku merasa sangat lelah. Karena itu penting bagiku untuk punya me-time di tengah kesibukan yang tiada hentinya.


Me Time, Apa itu?

Menurut Treadway (1998), keterkaitan dan hubungan yang positif dengan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan bisa menjadi “obat” bagi stres dan kecemasan yang sering dialami oleh manusia.


Oleh karena itu, sesibuk apapun aktivitas menjadi ibu, aku merasa harus tetap bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri, alias memiliki “Me-Time”. Bukan menjadi egois ya, tapi penting juga ternyata membuat diri sendiri nyaman dan bahagia dahulu, sebelum berinteraksi dengan orang lain. Apalagi untuk berinteraksi dengan anak.


“Me-Time” adalah waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sehingga kita bisa beraktivitas sendirian (atau bahkan tidak melakukan apa-apa). Jenis aktivitasnya bisa sangat beragam, tergantung dari mana yang membuat kita merasa nyaman ataupun senang.


Apa Gunanya Me Time?

Menurut psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, melakukan me-time itu penting sebagai cara untuk mengelola stres sehingga bisa membuat ibu jadi lebih bahagia.


Ibu yang bahagia adalah ibu yang merasa nyaman dan tidak tertekan, tidak emosional, serta bisa berpikir secara positif. Dengan perasaan yang bahagia itu, kita jadi bisa mengurus anak dengan lebih baik, hubungan dengan suami dan anak juga menjadi lebih baik, dan yang terpenting, kita selalu merasa nyaman dan senang melakukan apapun.


Secara lebih luas, manfaat me-time ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti:


Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas 

Setelah menjadi ibu, mudah sekali segala sesuatu masuk ke dalam pikiran. Meski hanya perkara cucian piring menumpuk 5 biji belum dikerjakan saja, rasanya menjadi hutang yang berat dan terus menjadi pikiran. Sambil menemani anak, masih saja kepikiran. Ditinggal ke warung sebentar, juga masih kepikiran. Apalagi mau ditinggal tidur siang, rasanya sungguh berdosa.


Nah, Me time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran yang terlalu over. Ketenangan yang bisa kita ciptakan sendiri meski untuk sejenak, juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan juga produktivitas.


Memberikan Kesempatan Memahami Diri Sendiri 

Terkadang, tanpa sadar semua yang kita lakukan sehari-hari hanyalah sebuah bagian dari tugas dan kewajiban seorang ibu saja. Rasanya sudah seperti robot, yang di setting untuk mengerjakan ini, lalau itu, kemudian ini, dan itu.


Jujur saja, dengan menyendiri sejenak, aku jadi lebih dapat merenungkan banyak hal yang kadang tidak terpikirkan. Bisa mempertimbangkan lebih dalam mengenai berbagai keputusan yang akan diambil baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Selain itu, jadi lebih dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik.


Menyegarkan Tubuh dan Pikiran 

Tidak dipungkiri, semenjak menjadi ibu, kegiatan setiap hari yang itu-itu saja, belum lagi menghadapi anak yang setiap hari semakin luar biasa, terkadang juga muncul rasa jenuh.


Ternyata, kalau dibiarkan terus menerus, yang aku rasakan, pikiran jadi mudah negatif, emosi makin tinggi, dan perilaku jadi tidak terkendali. Bahaya kan? Tentu saja, apalagi saat harus sendiri di rumah menghadapi anak.


Jadi, aku butuh waktu untuk diri sendiri, demi menyegarkan pikiran. Kalau pikiran sudah mulai tenang, hati jadi ikut tenang, tubuh pun juga.


Berapa Lama Maksimal Waktu Me Time?

Nah, ini dia yang perlu diingat. Me time juga bukan berarti harus dilakukan seharian, hingga meninggalkan segala kewajiban ya.


Psikolog dan Mental Health Advocate, Anastasia Satrio, mengatakan bahwa waktu untuk diri sendiri harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih di masa pandemi seperti ini. Me time berguna untuk membuat pikiran tetap tenang dan segar.


Ternyata, lamanya me time tidak boleh lebih dari 30 menit. Untuk membuat pikiran rileks, hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam setiap hari. Bahkan cukup 10 - 15 menit saja sudah bisa untuk mengembalikan kewarasan diri.


Jadi, me time itu menjadi hal yang penting harus dilakukan, namun tetap melihat durasinya. Kalau hanya memandangi tanaman sampai 5 jam dan tidak mengerjakan hal lain, ya jadinya selfish!


Perlukah Seorang Ibu Me Time?

Sebagai ibu, tentu saja memiliki mental yang sehat menjadi kebutuhan utama. Sebab, jika pikiran selalu tegang dan bercabang tentu akan berimbas pada anak.


Seorang ibu menjadi pusat kendali emosi keluarga, jadi penting untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Itulah kenapa, seorang ibu juga perlu waktunya untuk sendiri. Menikmati hal-hal sederhana yang disukai, tanpa gangguan.


Me time untuk ibu akan membuatnya tetap merasa 'waras' dan tidak stres menjalani rutinitas rumah tangga yang padat. Selain itu, me time juga dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, menurunkan tingkat stres, bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung lho.


Cara Me Time Terbaik Untuk Ibu

Jadi, sudah mulai merencanakan me time? Nah, agar tidak merasa bersalah ketika melakukannya, ada baiknya tanyakan pada diri sendiri soal apa yang kita harapkan dari me time tersebut? Misalnya seperti:

  • Apa aku ingin melakukan sesuatu yang produktif atau cuma bersenang-senang saja?
  • Apa aku ingin memilih kegiatan yang aktif atau tidak?
  • Apa aku akan mengajak orang lain saat melakukan me time?
  • Apa ada sesuatu yang sudah lama ingin dilakukan sendiri?

ide-me-time-ibu


Mungkin masih ada yang bingung bagaimana cara mengisi me time dengan kegiatan yang menyenangkan. Padahal, banyak kegiatan asyik yang sederhana, yang bisa dilakukan saat me time. Semoga 7 hal ini bisa menginspirasi ya!


1. Kulineran 

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan saat me time adalah kulineran. Kalau biasanya kita harus menuruti kemauan makan anak, sekarang kita bisa pilih sendiri makanan kesukaan. Semua makanan yang diinginkan pun bisa disantap, hihi..


2. Watching Series atau Film 

Dalam waktu 30 menit bisa nonton? Bisa dong! Bermalas-malasan di kamar atau di rumah saja untuk menonton film-film yang belum sempat kita tonton saat me time? Bisa banget!


Atau jika ingin menggunakan waktu lebih lama, kita bisa lakukan di malam hari ketika anak-anak sudah tidur, pekerjaan sudah selesai, dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk mengatur ruangan agar nyaman saat nonton dan juga siapkan camilan, hihi..


3. Olahraga 

Yap, olahraga juga merupakan salah satu bentuk me time yang asyik lho. Pengalamanku, kalau emosi sudah mulai tidak teratur, aku biasanya akan olahraga, dan setelahnya, perasaan dan tubuhku jadi lebih rileks.


Bebas mau pilih jenis olahraga apa yang ingin dilakukan, bisa di dalam rumah, atau di sekitar halaman rumah. Atau jika ada, cari taman terbuka sekalian mengajak anak bermain dan berjemur saat pagi hari.


4. Menyalurkan Hobi 

Kamu punya hobi apa, nih? Kalau selama ini belum menemukan hobi, mungkin bisa mulai mencoba untuk mencari kegiatan yang membuat kita makin relaks dan bahagia. Nah, menyalurkan hobi juga bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan me time yang asyik. Apalagi kalau hobi kita bisa mendatangkan cuan, hihi..


5. Perawatan Diri 

Aku pernah dalam satu kondisi hidup yang galau, dan satu-satunya yang membuatku nyaman dan bahagia lagi adalah dengan melakukan perawatan diri. Aku mulai skincare-an, dan itu membuatku merasa punya waktu untuk memanjakan diriku.


Setelah me time sambil perawatan diri, badan pun jadi lebih segar dan stres berkurang. Kegiatan satu ini memang benar-benar bikin relaks, deh!


6. Pijat 

Melakukan semuanya sendiri di rumah dari A sampai Z, sudah terbayang kaki rasanya ingin dilepas, hehe.. Melakukan refleksi atau creambath, sudah pasti bisa menghilangkan stres dan membuat tubuh jadi lebih santai.


7. Bermain Game! 

Wihiy, siapa yang masih suka nge-game nih Bukibuk? Sungguh hiburan tak tergantikan adalah nge-game. Tapi, harus tetap ingat waktu ya, hihi..


Hal ini sering aku lakukan dulu saat masih bekerja kantoran. Jika disela kesibukan tugas kantor yang tidak ada hentinya, aku justru mengambil beberapa waktu sejenak untuk nge-game.


Namun semenjak di rumah menjadi ibu, aku sudah mulai jarang memilih nge-game sebagai kegiatan untuk mengisi me time. Pastinya, karena jangan sampai terlihat anakku, aku sedang asik bermain game, karena kesannya, game ini sangat negatif ya untuk anak. Meski kini ternyata, sudah banyak game yang berkembang untuk edukasi anak.


Isi Me Time dengan Bermain di Solitaire.org

Nah, sampai aku mendapatkan info tentang situs game online gratis, di Solitaire.orgWah, ini sih seru banget! Ternyata banyak pilihan game yang tersedia di situs ini. Bukan hanya jenis game Solitaire saja.


Selain Solitaire, di situs ini juga ada jenis game lain, seperti Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles dan Word.


Di setiap jenis, ada belasan atau puluhan game lainnya. So, tidak akan kehabisan pilihan deh untuk nge-game. Kalau gagal di game yang satu, bisa coba di game berikutnya. Kebayang kan serunya.


Senangnya lagi, page loading dari situs lebih cepat. Proses membuka game tidak perlu memakan waktu lama, jadi bisa menikmati keseruan tanpa hambatan. Selain itu, tentu saja tidak ada iklan yang muncul di sela keseruan nge-game.


Nah, selain itu, game ini tidak perlu diunduh dan diinstall. Bisa langsung diakses via browser. Jadi, makin mudah, praktis dan tentunya tidak memenuhi memori di laptop atau handphone.


Pilihan Game di Solitaire.org

Aku, sudah coba beberapa game yang seru untuk isi me time ku yang waktunya cukup terbatas. Game yang aku coba pun masih mengedukasi, jadi kalau apesnya harus ketahuan anakku, dia masih bisa ikut nimbrung main game yang edukatif, hehe..


Kalau penasaran, ini 5 game yang sudah aku mainkan untuk mengisi me time ku lewat situs Solitaire.org.

solitaire-zuma

1. Classic Solitaire 

Meski kini permainan Solitaire ada beragam jenisnya, buatku Classic Solitaire tetap paling seru untuk dimainkan. Meski terlihat sederhana, tapi main game ini juga butuh teknik lho untuk segera bisa menyelesaikan permainan. Ada juga yang suka main Classic Solitaire kah?


2. Zuma 

Ingat sekali, dulu jaman punya laptop baru, game pertama yang aku install adalah zuma, haha.. dan itu selalu aku mainkan disela menyelesaikan tugas kuliah. Sampai laptop berat karena loadingnya semakin berat, hihi..


Senengnya, sekarang ada di Solitaire.org, aku bisa ketemu sama Zuma Ball dan Zuma Legend. Cara mainnya juga gampang, tinggal menembakkan bola ke arah bola yang sewarna. Semakin banyak bola sewarna yang kita tembak dan hancurkan, semakin besar kesempatan kita akan menang.


Kalau kita terlalu lama tidak menembak bola-bolanya, deretan bola tersebut akan semakin panjang dan bisa ditelan di lubang, game over deh. Seru banget, game favorit yang palin menghibur.


tetra-blocks-word-search-soitaire.org


3. Tetra Blocks 

Game yang ini juga jadi favoritku, karena mirip dengan Tetris, yang masih suka aku mainkan di gamebot, hihi..


Nah, permainan Tetra Blocks ini meski kelihatannya hanya menyusun balok, tapi butuh teknik, trik dan skill lho. Bahayanya, game ini bisa membuat penasaran untuk terus mencoba lagi kalau gagal terus, jadi ingat, harus ingat waktu lho, hihi..


4. Word Search 

Game yang selalu jadi pilihan terbaik saat sedang menunggu seseorang adalah mencari kata. Selain melatih ketelitian, karena kata yang dicari dalam bahasa Inggris, game ini juga bisa menambah kosa kata baru.

sokoban-solitaire.org

5. Sokoban 

Game ini dulu juga aku temukan di gamebot, dan kini ada di Solitaire.org. Menyenangkan sekali, bisa main ini dengan tampilan lebih canggih, berwarna, sehingga lebih menarik. Meski terlihat game yang sederhana memainkannya, namun tetap butuh trik agar bisa terus lanjut ke tahap selanjutnya. Cukup menguras pikiran ya! Ada yang suka juga?


Nah, itu dia pilihan asik untuk mengisi me time disela kesibukan menjadi ibu. Kalian sudah lakukan yang mana Bukibuk? Aku lagi suka banget nge-game, hal mudah dan sederhana yang sangat menghibur di saat me time. Apalagi nemuin pilihan game gratis di Solitaire.org, yang bisa diandalkan untuk hiburan.

3 komentar:

  1. Aku paling seneng ya perawatan diri mba heheh, berasa fresh banget dan pulang dengan bahagia plus merasa cantik

    BalasHapus
  2. list to do untuk me time ku ini malah pengen perawatan diri nih. tapi karena pandemi gini jadi belum berani, jadi mending main game aja ya mbak, hihi.. kayak main solitaire ini

    BalasHapus
  3. perlu juga me time untuk ibu-ibu mbak, nggak cuma buat karyawan saja.
    Ibu-ibu dirumah pasti buanyak banget yang dikerjain, dan rutinitas tiap hari nya juga berputar-putar dengan hal yang sama

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.