Tips Memilih Body Serum, Untuk Kulit Tubuh Sehat

 Tidak hanya fokus pada kulit wajah saja, kini aku juga mulai menjaga kesehatan kulit seluruh tubuh. Salah satunya dengan rajin menggunakan body serum, untuk kulit tubuh sehat. Apalagi sekarang, sudah tidak perlu pusing lagi memilih produk untuk merawat badan atau body care.


tipe memilih body serum untuk tubuh



Banyak brand yang mulai mengeluarkan produk perawatan badan seperti body serum. Lalu, apa itu body serum? Apa manfaatnya? Dan bagaimana tips memilih body serum yang bagus untuk kulit sehat? Aku akan bahas di artikel ini, dari berbagai sumber yang aku dapatkan. Baca sampai akhir ya!


Apa itu Body Serum?

Body serum merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang mampu memberi nutrisi lebih pada kulit. Ternyata, beda lho dengan body lotion! Tekstur body serum ini lebih ringan karena berbahan dasar air atau light oils , sehingga kandungannya lebih mudah meresap. Jadi, manfaat body serum bisa dirasakan dengan lebih cepat.


Nah ternyata, body serum ini memiliki fungsi yang sama dengan serum untuk wajah. Bedanya, ya lokasi penggunaannya, body serum bisa dipakai untuk seluruh badan. 


Produk serum biasanya terdapat kandungan zat aktif yang lebih tinggi konsentrasinya. Selain itu, serum juga cenderung lebih stabil dan tidak mudah rusak.


body serum adalah

Teksturnya juga tidak meninggalkan rasa lengket atau tacky, tapi tetap melembabkan. Jadi cocok untuk kalian yang bermasalah bermasalah dengan kulit kering, noda bekas luka, atau warna kulit yang tidak merata.


Apa Manfaat Body Serum?

Sama halnya dengan serum wajah, body serum juga memiliki banyak fungsi. Seperti untuk melembapkan, mencerahkan, bahkan ada juga yang memiliki kemampuan peeling atau eksfoliasi. Semua tergantung pada kandungan body serum yang kita pilih.


Menggunakan body serum akan membuat kulit terasa lembap tanpa berminyak, jadi lebih nyaman ya. Kandungan bahan dasarnya membuat bahan-bahan aktif dalam body serum dapat masuk ke lapisan kulit terdalam.


Serum untuk badan ini juga lebih kaya nutrisi, sehingga mampu menutrisi kulit secara mendalam. Kita bisa mulai rutin menggunakannya, untuk memperbaiki kondisi kulit, seperti flek hitam, kerutan, pecah-pecah, dan lainnya.


 Sedangkan untuk penggunaannya, body serum bisa digunakan di area badan, lengan, punggung, dan kaki. Gunakan pada kulit yang bersih sehabis mandi, serta sebelum menggunakan produk perawatan tubuh lainnya. Rutinitas ini akan membuat serum dapat terserap sempurna sampai lapisan terdalam.


tips memilih body serum


Tips Memilih Body Serum

Body serum memang menjadi pilihan terbaik untuk perawatan tubuh. Namun, beberapa hal berikut juga perlu diperhatikan saat memilih body serum. Agar manfaatnya dapat sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Tips memilih body serum ini aku dapatkan dari rekomendasi seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan, dr. Dessy Esa.


Kenali Kandungan Bahan dalam Body Serum

Hal yang sangat penting adalah, mengetahui kandungan bahan utama dari produk yang kita gunakan. Tentunya agar hasilnya lebih maksimal dan dapat menjawab kebutuhan kulit. Seperti beberapa kandungan berikut ini, sangat dibutuhkan untuk merawat kulit.


1. Vitamin C, Mencerahkan Warna Kulit

Salah satu jenis body serum yang paling diminati pasti yang bisa mencerahkan kulit. Nah, untuk mencerahkan kulit dengan maksimal, kita butuh serum yang kaya kandungan vitamin C. Vitamin C ini paling ampuh mencerahkan kulit. Selain itu, juga membantu menghilangkan flek hitam.


Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab banyak masalah di kulit. Sehingga, dapat juga mengurangi risiko penyebab kanker. Manfaat lain dari vitamin C adalah untuk meremajakan kulit dan menyamarkan garis kerutan halus.


Bahan-bahan lainnya, seperti vitamin E, niacinamide, kojic acid, dan licorice extract, juga dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Mereka bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin.


Baca juga: Rahasia Kulit Cantik Alami


2. Formula Anti-Aging, Efektif Melawan Kerutan

Setelah mencapai usia kepala tiga, rasanya impian terindah adalah kulit yang kencang dan tetap terlihat awet muda, hihi.. Apalagi ternyata, tidak hanya kulit wajah saja yang dapat mengalami kerutan, kulit di seluruh tubuh juga bisa mengalaminya.


Hal ini karena elastisitas dan produksi minyak alami pada kulit akan mulai berkurang. Jadi, munculah kerutan pada kulit. Selain karena usia, paparan sinar UV juga bisa merusak jaringan ikat pada kulit sehingga muncul garis-garis halus.


Nah, untuk melindunginya, kita dapat mengandalkan body serum anti-aging dengan bahan kandungan yang kaya antioksidan. Contoh bahan kandungan yang kaya antioksidan adalah green tea dan grape seed extract.


Coenzyme Q10, niacinamide, dan peptida juga dapat membantu mengurangi tampilan kerutan pada kulit. Bahan-bahan tersebut terbukti mampu membantu mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kandungan air di dalam kulit. Di samping itu, juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.


3. Kandungan Pelembap Tinggi, Melembabkan Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering sampai sangat kering, mana suaranya? Hihi.. Ini menjadi konsentrasiku saat mencari produk perawatan untuk kulit. Kulitku yang sangat amat kering, membuatku harus benar-benar teliti memilih produk yang melembabkan maksimal.


Beruntungnya, banyak pilihan body serum yang sudah khusus diformulasikan untuk kebutuhan tersebut. Biasanya memiliki kandungan yang kaya akan pelembap. Teksturnya juga lebih berat, tetapi tetap cepat diserap kulit.


Bahan yang biasa digunakan adalah aloe vera, olive oil, tamanu oil, sunflower oil dan baobab extract untuk body serum yang melembabkan. Selain itu kandungan hyaluronic acid, ceramide, kolagen, dan vitamin E juga dibutuhkan untuk menutrisi kulit.


Khusus untuk si kulit kering, tidak hanya kandungannya saja, tekstur dari serumnya juga perlu diperhatikan. Memilih body serum yang memiliki tekstur oil, akan lebih efektif untuk melembapkan kulit.


Baca juga: Tips Tampil Cantik di Rumahaja


Hindari Bahan Pencetus Alergi

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah bahan-bahan yang bisa mengakibatkan alergi. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif, harus sangat berhati-hati dalam memilih body serum.


Hindari memilih body serum yang menggunakan pewangi, pengawet tambahan, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut bisa menjadi pemicu alergi pada kulit yang sensitif.


Agar lebih aman dan tenang dalam penggunaannya, lebih baik memilih produk yang sudah dermatology tested atau hypoallergenic yang tidak mengandung bahan iritan. Atau, lebih amannya lagi, kita bisa konsultasi dengan dokter kulit, untuk si sensitif.


Jika kulit badan sensitif dan mengalami masalah kemerahan dan ruam, memilih body serum yang tidak banyak mengandung zat aditif seperti pewangi dan pewarna, bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan kandungan seperti Centella asiatica dan Aloe vera. Produk dengan kandungan yang memiliki efek soothing atau menenangkan kulit, akan lebih nyaman digunakan.


Perhatikan Kandungan UV Protection dalam Body Serum

Ternyata, beberapa body serum kini juga sudah dilengkapi dengan UV protection. Kandungan UV protection ini menjadi sangat penting kalau kita sering beraktivitas di luar ruangan.


Ada dua jenis panjang gelombang sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Nah, kulit kita harus terlindungi dari kedua sinar tersebut. Perlindungannya pun ada dua jenis, SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA).


Body serum yang mengandung SPF akan melindungi kulit dari paparan UVB, sedangkan PA melindungi kulit dari UVA. Semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi juga tingkat perlindungannya.


Namun, ada juga body serum yang tidak mengandung UV protection. Jika body serum yang kita gunakan belum mengandung UV protection, kita perlu menambahkan sunscreen setelah memakai body serum. Jadi, kulit tetap terlindung dari paparan sinar UV.


Pastikan Memilih Body Serum yang Aman

Seperti apa body serum yang aman? Selain kandungan dan teksturnya yang diperhatikan, keamanan produknya juga harus terjamin. Serum tubuh yang aman adalah yang sudah tersertifikasi. Di Indonesia, produk perawatan kulit harus tersertifikasi oleh BPOM.


Jika memilih produk dari luar negeri, periksalah kode sertifikasi yang resmi dari negara asalnya. Jangan sampai tergiur dengan iklan dan testimoni saja tanpa memperhatikan status legal dan keamanan produk. Perhatikan juga apakah produknya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau tidak.


Selain itu, bagi yang muslim, kita juga harus memperhatikan apakah produknya mengandung bahan-bahan yang halal atau tidak. Hal keamanan produk ini penting diperhatikan juga, karena akan berpengaruh dalam tubuh kita.


Baca juga: Pilihan Klinik Kecantikan Muslimah


Cara Mengaplikasikan Body Serum dengan Benar

Nah, kalau sudah mendapatkan produk body serum yang sesuai dengan kebutuhan, sekarang kita juga harus memperhatikan cara penggunaannya. Agar hasilnya dapat maksimal.


Bagaimana agar dapat manfaat dari body serum secara maksimal? Gunakan produknya sesuai dengan petunjuka dalam produk. Satu lagi kuncinya dalam perawatan tubuh yang maksimal adalah menggunakan produk dengan konsisten.


Kita bisa mengawalinya dengan membersihkan tubuh memakai sabun. Bersihkan kulit tubuh dari debu dan kotoran. Keringat juga bisa tersapu bersih saat mandi. Nah, kalau sudah bersih, kulit akan lebih siap, maka formula dalam body serum bisa meresap dengan lebih baik ke dalam tubuh.


Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, kita bisa mengaplikasikan body serum. Aplikasikan secara merata, diamkan beberapa menit agar serum meresap sempurna. Selanjutnya, jika kulit tergolong kering, kita bisa melapisi selanjutnya dengan body lotion.


Satu lagi hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan body serum, adalah tidak dapat digunakan di wajah! Body serum ditujukan untuk merawat kulit di badan, bukan wajah. Pemakaian body serum pada wajah ini bisa berpotensi menimbulkan reaksi alergi atau iritasi.


Kesimpulan, Memilih Body Serum untuk Kulit Tubuh Sehat

Kulit merupakan perlindungan terluar dari tubuh, oleh karena itu, penting untuk dirawat sebaik mungkin. Apalagi, paparan polusi dan radikal bebas membuat kulit lebih cepat rusak dan menjadi tidak sehat.


Menggunakan body serum dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi masalah kulit secara mendalam. Tips memilih body serum diatas dan berbagai sumber lain seperti ceklist.id dapat menjadi masukan untuk memperoleh hasil dari manfaat body serum secara maksimal.


Tidak hanya kulit wajah saja yang dirawat, kita juga perlu memperhatikan kesehatan kulit di bagian tubuh lainnya. Selain mandi, kita juga perlu merawatnya dengan body serum agar kelembapan terjaga. Yuk, rajin merawat agar kulit tubuh tetap sehat!

18 komentar:

  1. Aku pakai body serum setelah mandi dan sebelum tidur, apalagi kalau tidurnya di kamar yang berAC, biar nggak gampang kering gitu kulitnya. Body serum efeknya lebih terasa sih di kulit yaa karena memang di dalamnya leboj kompleks gitu bahannya, kadang ada retinol juga di body serum

    BalasHapus
  2. Perlu juga sih kulit tubuh selain yg melembabkan tapi juga memberikan manfaat vitamin lewat serum ini ya kak, sehingga makin sehat terawat

    BalasHapus
  3. Betul sekali gak hanya wajah yg harus mendapatkan perawatan kulit tubuh juga ya. Kesehatan itu kan bikin jiwa raga tenang. Ada gatal di kulit saja itu bikin gak nyaman kan?

    BalasHapus
  4. Untuk urusan perawatan body. Aku baru pakai body lotion dan shower gel doang. Belum pake body serum. Tapi kayaknya perlu juga sih. Kan pasti ada aja tuh masalah kulit di body juga.

    BalasHapus
  5. betul mba, body serum memang efektif ya. saya sendiri belum pernah pakai, masih pakai body butter aja untuk daily. sesekali mau coba body serum juga ah

    BalasHapus
  6. Belum pernah pakai body serum nih mbak. Seringnya pakai serum wajah. Kayaknya harus mulai pakai body serum ya supaya kulit tubuh kembali mulus seperti kulit wajah. Selama ini cuma kenal handbody aja...berarti kurang lengkap ya, pantas saja kadang kulit area kaki terasa kering atau mengelupas, berarti harus rajin pakai body serum ya.

    BalasHapus
  7. Betul juga yang dirawat jangan wajah saja tapi juga tubuh diberi serum biar lembab dan sehat. Jujurly aku blm pernah pakai produk serum tubuh. Jadi pengen nih...

    BalasHapus
  8. Baru tahu body serum ternyata berbeda dengan body lotion. Saya ada body lotion tapi kok makenya masih senen kemis. Huhuhu.

    BalasHapus
  9. Kebetulan aku juga pake body serum nih kak, apalagi tinggal di daerah yang dingin. Bulan-bulan macem gini ini bisa bikin kulit makin kering dan body serum ngebantu banget sih

    BalasHapus
  10. waah aku baru tahu kalau tubuh juga perlu body serum, biasanya kan cuman wajah aja. ternyata banyak hal yang harus diperhatikan supaya bisa tepat dan sesuai dengan kebutuhan. perlu dicatet banget sih ini

    BalasHapus
  11. Akuu abai nih, mentang mentang pakai hijub yaa jadi badan jarang dikasih perawatan ekstra kecuali sesekali pijat dan lulur.

    Memang jatuhnya kulit kering bersisik sih. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Nah, bener banget nih Kak. Bukan hanya wajah yang butuh perawatan, kulit pada tubuhpun butuh perawatan yang sama seperti kulit wajah. Karena nanti kena Hitler (Hitam leher).. Hehee, just kidding.
    Begitu pula laki-laki, juga butuh perawatan, tetapi tidak seekstrim kaum hawa juga sih Kak. Hehee
    Body serum dengan vitamin C akan lebih mencerahkan dan menjaga kelembaban kulit,bisa jadi lebih aman dibanding harus suntik Vit C+Collagen.

    BalasHapus
  13. wah aku dah sepekan ini mulai pakai body serum dan aku seneng lho karena mulai kerasa dampaknya di aku

    BalasHapus
  14. Jujur, emang ngebantu banget sih dengan adanya body serum untuk aku yang punya kulit kering. jadi bikin lembab . Terlebih kalau produk body serumnya punya kandungan speerti yang disebutkan di atas ya mbak

    BalasHapus
  15. Saya lupa pakai body serum sehari saja, kulit udah kering kaku
    Apalagi masuk Agustus tuh di sini berangin dan kencang
    Bikin kulit kering

    BalasHapus
  16. dulu aku berpikir fungsi body serum juga sama kayak body lotion
    lama-lama jadi penasaran sama body serum dan mutusin buat beli
    memang teksturnya beda banget sama lotion, tingkat kelembapannya menurutku lebih tinggi yang serum

    BalasHapus
  17. Kulitku termasuk jenis kulit kering yang bandel banget sih kak. jadi poin wajib untuk memilih yan wajib bisa melembabkan kulitku :D
    Anyway, makasih banyak untuk tips lainnya ya, kak

    BalasHapus
  18. Ampuh banget menggunakan body serum yaa.. daripada hanya sekedar body lotion.
    Aku jadi tertarik nih..
    Apakah penggunaan body serum ada aturan pakainya? Karena ada yang sudah mengandung UV protection juga.. aku jadi tertarik.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.